Camilan Khas Lampung

Camilan Khas Lampung

Jan 14, 2018 1 By admin

Berlibur tentu tidak sah jika tidak mencicipi kuliner daerah setempat. Ada banyak camilan di nusantara ini yang tentunya bisa membuat lidah bergoyang. Terkadang, mencicipi kuliner saja tidak cukup. Ada kalanya para wisatawan ingin membagikan kenikmatan serupa untuk para rekan atau sudaranya yang tidak ikut berlibur dengan membawakan oleh-oleh khas daerah setempat, atau sekedar ingin menikmati makanan khas setelah liburan usai dan kembali ke kota semula.

Lampung, sebagai kota yang kaya akan destinasi wisata, kota ini memiliki beragam makanan dan Camilan yang menggugah selera ketika berlibur. Hal tersebut menjadikan banyak wisatawan keranjingan dengan kuliner khas Lampung. Maka, membeli oleh-oleh adalah hal yang dirasa wajib jika mengunjungi Lampung.

Pie Pisang

Pie atau disebut juga dengan pai, merupakan camilan yang berbahan dasar pisang, memiliki bentuk garing di luar dan lembut di dalam dengan berbagai isian. Namun di Lampung ada isian unik pada kue ini, yaitu pisang yang ditambah susu atau disebut dengan pie susu pisang. Salah satu penjual dan penemunya adalah Yusi Asifaurini Akmal, pemiliki toko kue dan roti Yusi Akmal. Dia membuat pie susu dengan isian pisang karena melimpahnya pisang di daerahnya, bahkan bentuk pie-nya adalah pisang.

Toko Roti dan Kue Yusi Akmal (https://www.tribunnews.com)

Ada 4 varian rasa yang kekinian banget seperti cokelat, kacang almond, keju, dan oreo. Lokasi tokonya ada di Jalan Dahlia Rawa Laut, Jalan ZA Pagar Alam, dan Jalan Jenderal Sudirman di Lampung.

Lapis Legit

Kue ini memiliki nama asli ‘Spekkoek’ dalam bahasa Belanda, yg berasal dari kata Spek yg berarti kue yg berlapis2; dan koek yg berarti cake atau kue.

Pembakaran Lapis Legit (https://id-id.facebook.com)

Metode pembakaran dengan menggunakan bara dari sabut kelapa pada saat pembakaran kue, membuat kue memiliki aroma dan rasa yg khas, yg membuat kue menjadi lebih nikmat dan beraroma khas.

Memiliki tekstur yg basah, renyah dan lembut serta lumer dimulut, beraroma khas arang dan rempah2, membuat kue ini menjadi hidangan ‘mahal’ dan hanya dijumpai di hari-hari istimewa seperti perayaan2 pernikahan atau hari raya.

Dodol Pandan

Dodol sendiri secara umum terbuat dari bahan dan komposisi yang tidak jauh berbeda, yang membedakan dodol khas Lampung adalah bahan yang digunakan terbuat dari durian asli Lampung dengan campuran daun pandan, sehingga menciptakan rasa dan aroma tersendiri.

Dodol pandan Ny. Wie bukan hanya berbeda dari segi bahan, tapi juga berbeda dari segi ukuran di mana dodol pandan Ny. Wie memiliki ukuran yang lebih besar, sekitar 2 sampai 3 kali lipat dari dodol normal.

Kerupuk Udang

Kerupuk Udang Mekar Sari (https://www.makananlampung.com)

Kerupuk udang merupakan oleh-oleh khas Lampung Barat yang terbuat dari gilingan daging udang bercampur dengan tepung tapioka atau terigu. Selain bahan tersebut, banyak produsen yang memiliki resep dan bumbu tersendiri untuk meciptakan kerupuk terbaik.

Sedangkan tepung yang dipilih adalah tapioka, warna yang dihasilkan memang tidak putih seperi kebanyakan kerupuk, namun akan ada warna sedikit kekuningan, namun sama sekali tidak mengurangi cita rasanya.

Variasi Kerupuk yang dibuat Mekar Sari selain Kerupuk Udang, ada juga Kerupuk Ikan Tenggiri.

Kerupuk Cumi

Olahan cumi-cumi lebih familiar jika dijadikan sebagai makanan laut atau dimasak untuk dijadikan lauk. Tapi di Lampung, cumi justru dijadikan kerupuk yang renyah lagi gurih. Kerupuk yang kaya akan nutrisi ini dibuat menggunakan cumi segar, garam, tepung terigu, dan bahan-bahan lain. Dari cumi-cumi sendiri, terdapat kandungan protein 17%, omega 3, asam amino, dan vitamin B yang cocok untuk otot dan pertumbuhan.

Salah satu toko oleh-oleh khas Lampung yang menjual kerupuk ini adalah PD Kiki Bangka Food Bandar Lampung dengan kemasan yang terdapat label Cap Raja Cumi Superior Quality. Lalu ada juga Kerupuk Cumi Mekarsari, dan keduanya telah memiliki izin P-IRT dari dinas setempat, termasuk BPOM.

Abon Jamur

Abon identik dengan makanan yang dibuat dari daging, entah itu daging sapi, kambing, ayam, bahkan daging belut. Sedangkan daging sapi menjadi bahan yang paling sering digunakan untuk pembuatan abon karena seratnya lebih bagus. Namun baru-baru ini muncul inovasi berupa abon jamur yang dibuat menggunakan jamur tiram sebagai bahan utamanya.

Penggunaan jamur sebagai bahan utama pada oleh-oleh khas Lampung ini karena jamur punya kandungan serat yang tinggi, meskipun pembuatannya butuh proses yang lebih rumit dibandingkan membuat abon-abon lain. Abon jamur ini akan sangat cocok bila dikonsumsi sebagai lauk karena memiliki rasa yang gurih dan akan menyatu pada nasi secara merata.

Jamur yang menjadi bahan utamanya adalah jamur tiram yang memiliki kandungan protein dan antioksidan alami. Selain jamur tiram, bahan lainnya seperti garam, gula, kacang tanah, minyak goreng, dan rempah lain akan mendukung cita rasanya.

Keripik Singkong

Sebagai cemilan yang telah melegenda di Indonesia, keripik singkong juga telah tersebar di Lampung. Salah satu penjual cemilan yang menggunakan singkong sebagai bahan dasar yang diiris tipi-tipis ini adalah yang bermerek Cap Salam. Keripik Cap Salam sangat terkenal karena memiliki rasa yang unik dan berbeda dari yang lain, karena rasa pedasnya yang sesuai lidah orang-orang kemudian ditambah rasa manis berkat adanya gula. Varian sambal, yaitu sambal merah atau balado dan cabai hijau.

Keripik Pisang

Lampung salah satu daerah dengan pisang yang melimpah, memiliki olahan yang terkenal dari pisang, yaitu keripik pisang. Walaupun cukup banyak tersebar di daerah lain, keripik pisang memiliki ciri khas pada rasa dan tekstur. Cemilan yang dibuat dengan mengiris tipis-tipis pisang kemudian menggorengnya lalu dibumbui ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Belum lagi terdapat banyak sekali varian rasa, mulai dari strawberry, balado, kopi, jagung bakar, susu, moka, cokelat, dan masih banyak lagi.

Salah satu prodesen keripik pisang yang menggunakan pisang ambon sebagai bahan utama adalah Keripik Pisang Suseno. Walaupun kebanyakan keripik pisang Lampung dari jenis pisang kepok, namun Suseno telah menjadikan pisang ambon sebagai ciri khas dan telah menjadi resep rahasia.

Keripik Pisang Suseno menyediakan beragam rasa keripik, seperti keju, cokelat, dan original, baik original asin atau original manis. Dari varian rasa yang tersedia, biasanya wisatawan paling sering membeli oleh-oleh khas Lampung keripik pisang coklat karena rasanya yang enak. Untuk ukurannya terbagi menjadi 3 wadah, mulai dari 250, 300, sampai 500 gram.

Sambal Terasi

Sambal adalah pelengkap makanan yang telah mendarah daging di Indonesia yang dibuat dengan cara menghaluskan cabai untuk kemudian dibumbui dengan bumbu tertentu. Salah satu jenisnya adalah sambal terasi yang dibuat menggunakan terasi sebagai tambahan dari cabai, lalu ada juga bawang putih dan garam sebagai pelengkap. Di Lampung yang cukup mempunyai tangkapan udang dan mahir membuat terasa juga punya sambal terasi yang khas.

Salah satunya adalah Sambal Terasi Lampung Cap Udang 88 Yenyen yang sangat lengkap untuk urusan sambal. Bagaimana tidak? Rasa terasi dari oleh-oleh khas Lampung Yen Yen ini sangat kuat, apalagi rasa pedasnya yang nendang di mulut. Dalam wadah yang terbuat dari food grade, sambal dengan isi seberat 250 gram ini yang bisa ditemui di Jl. Ikan Kakap No.86, Pesawahan, Teluk Betung Selalatan, Kota Bandar Lampung.

Sambal Goreng Udang

Jika di atas ada sambal terasi, maka sekarang ada jenis sambal lain yaitu sambal goreng udang yang dibuat menggunakan udang kering atau ebi lalu ditambah dengan kentang yang juga bahan utamanya. Karena dibuat dengan cara digoreng dengan bentuk yang garing, sudah pasti akan ada rasa pedas khas sambal yang berpadu dengan gurihnya udang.

Bahan-bahan pembuatannya secara lengkap meliputi udang kering atau ebi yang telah dipilih dari kualitas terbaik, kentang, cabe merah, bawang, gula, dan garam, serta bahan-bahan rempah lain. Sebagai produk sambal yang telah memiliki izin P-IRT dari dinas kesehatan kemudian dikemas dengan kemasan yang modern bewarna merah, membuatnya sangat cocok dibeli untuk oleh-oleh.

Sambal Teri

Jika biasanya sambal dibuat dari sambal yang ditambah dengan terasi atau tomat, maka beda halnya dengan sambal teri dari Lampung yang bisa disebut juga sebagai keripik ikan. Sambal yang dibuat dengan bahan dasar ikan kecil bernama teri ini memang cukup unik, karena memiliki rasa pedas gurih.

Ikan teri yang dipakai untuk membuat sambal berasal dari nelayan Lampung penangkap teri yang sangat banyak di daerah itu. Pembuatannya juga mudah, yakni hanya dengan menggoreng teri lalu diberi tambahan bumbu sambal pada umumnya, namun berbeda produk, biasanya berbeda resep sambal.

Sumber: makananoleholeh