Camilan Khas Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi kepulauan, seperti kepulauan Riau, baik kuliner maupun camilan khasnya di dominasi dari hasil lautnya, sangat menyehatkan.

Sahabat GWI Indonesia Banget, yuk kita berburu camilan khas Bangka Belitung, siapa tahu mendapatkan promo tiket pesawat dan hotel nya lagi… 🙂

Martabak Bangka

Merupakan camilan khas pulau Bangka yang kerap dijumpai di kota-kota besar di Indonesia. Martabak yang berasal dari Bangka ini pada mulanya disebut Hok Lo Pan. Hok Lo Pan sendiri menurut cerita menunjuk pada orang Hakka dan bukan orang Hok Lo.

Martabak bangka mempunyai cita rasa yang manis sehingga tak jarang dipanggil dengan martabak manis. Makanan yang digemari hampir seluruh orang Indonesia ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan mentega untuk dibuat adonan bulat yang membentang. Pada bagian atas adonan tepung yang sudah mengembang diberikan banyak topping, seperti cokelat meises, kacang tanah, keju, susu kental manis, dan wijen.

Otak-Otak Bangka

Merupakan camilan khas Bangka, berbahan baku dari ikan tenggiri, sagu dan bahan lainnya, dibungkus daun pisang dan dibakar.

Otak-otak oleh masyarakat Bangka Belitung dijadikan camilan saat berkumpul dengan teman atau sanak saudara.

Saat menjelang malam sambangilah Jalan Balai yang berada persis di belakang Alun-Alun Kota Pangkalpinang. Uniknya otak otak disini juga dilengkapi dengan dengan aneka saus yang siap  menjadi cocolannya. Ada cocolan cuka terasi, cuka tauco, dan cuka serba pedas, yang dibuat secara manual.

Pempek Panggang

Merupakan camilan khas Bangka yang berbentuk bulat tidak sempurna dan ukurannya kecil-kecil. Pempek ini dimatangkan dengan cara dipanggang di atas bara api yang kemudian bagian tengahnya dibelah dan diisi dengan abon ikan, cabai hijau, dan kecap. Penyajian pempek panggang dilakukan bersama kuah cuka yang umum dihidangkan pada pempek palembang. Pempek panggang bisa ditemukan penjualnya di pinggir-pinggir jalan atau sekitaran kota Pangkapinang dan Sungailiat.

Pletek

Merupakan camilan sejenis kerupuk yang bertekstur renyah. Warna dari pletek putih dengan rasa gurih saat dimakan. Camilan dengan bentuk elips ini sangat pas dijadikan kudapan saat bersantai. Pletek ini terbuat dari bahan baku berupa ikan tenggiri yang kemudian diberi bumbu seperti garam dan merica.

Pletek menjadi buah tangan wajib untuk setiap wisatawan yang ingin pulang setelah berlibur di Negeri Laskar Pelangi.

Getas

Merupakan camilan khas Bangka, yang mirip dengan pletek, dengan bahan baku ikan tenggiri. Orang Bangka menyebutnya kretek bercita rasa gurih. Tekstur dari getas yang renyah dan krenyes saat digigit bisa membuat setiap orang ketagihan saat melahapnya.

Getas cocok didampingi hidangan berkuah atau teman makan nasi maupun pempek. Jika ingin membeli getas, pastikan untuk memilih getas yang berasal dari daerah Belinyu karena sudah terkenal berkualitas dan enak.

Kue Rintak

Merupakan kue khas Bangka Belitung yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Karena bahan pembuatannya didominasi oleh sagu, kue rintak juga dikenal sebagai kue sagu. Biasanya kue rintak atau kue sagu hadir saat Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Kue rintak mempunyai rasa yang manis dengan tekstur yang lembut. Kue ini juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh dengan mendatangi pusat oleh-oleh ang ada di Bangka dan Belitung.

Kue Jungkong

Kue jungkong terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Pada umumnya kue jungkong mempunyai tiga lapis warna, cokelat, putih, dan hijau.

Selain tepung beras dan tapioka, kue jungkong juga mengandung bahan kue umum lainnya seperti gula merah, garam, dan kelapa muda. Cita rasa kue ini manis dan teksturnya lembut. Kue jungkong bisa ditemukan di pasar tradisonal atau di pinggiran jalan daerah-daerah di Kepulauan Bangka Belitung.

Teri Krispi

Merupakan khas camilan khas Desa Sijuk, Belitung, terbuat dari olahan ikan teri, teri krispi namanya, mempunyai rasa yang gurih dan asin. Di desa Sijuk sendiri sudah menjadi camilan sehari-hari masyarakatnya.

Kemplang

Merupakan camilan sejenis kerupuk yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri, mempunyai bentuk bulat dan pipih dengan ukuran yang tak begitu lebar, aroma ikan pada kerupuk kemplang sangat tercium saat kemasan kemplang dibuka.

Saat ini kemplang sudah bisa dinikmati dalam berbagai varian rasa, seperti udang atau cumi-cumi, cocok dimakan dengan sambal terasi bercita rasa pedas manis.

Bong li piang

Merupakan camilan khas bangka Belitung, bentuk perpaduan antara kuliner Tiongkok dan Indonesia. Makanan ini berupa kue yang dibuat dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh, seperti tepung terigu, santan, gula aren, dan nanas. Tekstur dari kue bong li piang lembut seperti kue bantal dengan rasa yang manis. Bong li piang biasanya berisikan selai nanas. Saat ini ada cukup banyak varian isi bong li piang. Kue ini termasuk kue kering yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

Sumber: makananoleholeh

One thought on “Camilan Khas Bangka Belitung

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.