12 Manfaat Menakjubkan Rutin Minum Teh Hitam

Teh hitam memang belum sepopuler teh hijau, namun khasitnya tidak kalah banyak dari teh hijau.Teh hitam memiliki kandungan kafein lebih rendah dari kopi sehingga sering di minum pun tidak masalah. Teh hitam mengandung antioksidan dan phytonutrient yang berguna untuk tubuh membersihkan racun.

Menurut lamanĀ goldokter, berikut ada daftar manfaat rutin minum teh hitam.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Teh hitam membantu meningkatkan kesehatan jantung, kandungan flavon ditemukan dalam teh hitam. Para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa minum 3 cangkir teh hitam atau lebih sehari dapat membantu mengurangi risiko yang merusak arteri koroner.

2. Mengurangi risiko kanker ovarium

Minum teh hitam membantu mengurangi risiko kanker ovarium. Teh hitam mengandung teaflavin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium.

3. Mengurangi risiko diabetes

Para ilmuwan telah menemukan bahwa minum teh hitam dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, kandungan catechin dan teaflavin berguna sekali untuk meningkatkan kinerja hormon insulin untuk mengolah glukosa.

4. Meningkatkan kesehatan tulangĀ 

Para ilmuwan mengamati bahwa orang yang minum teh hitam secara signifikan dapat mengembalikan kepadatan tulang, karena teh hitam mengandung pengganti kalsium. Rutin minum teh hitam juga mengurangi risiko patah tulang pada orang tua.

Secangkir Teh (https://www.tribunnews.com)

5. Mengurangi risiko penyakit Parkinson

Teh hitam kaya akan polifenol yang memiliki efek menjaga keshatanb saraf di otak. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dalam teh hitam berhubungan rat dalam mencegah penyakit Parkinson.

6. Menurunkan kolesterol

Dalam satu studi, menunjukkan bahwa teh hitam membantu mengurangi kolesterol jahat/LDL sebesar 11,1%. Teh hitam mmiliki efek dalam meningkatan penyerapan kolesterol baik oleh tubuh.

7. Menurunkan risiko batu ginjal

Teh hitam dapat membantu mengurangi risiko sebesar 8% dari pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, Anda wajib setiap hari minum teh hitam untuk mencegah batu ginjal.

8. Meringakan penyakit asma

Para peneliti telah menemukan bahwa flavonoid dalam teh hitam memiliki efek yang menguntungkan pada penderita asma.

9. Menghilangkan radikal bebas dari tubuh

Teh hitam mengandung antioksidan dan membantu menghilangkan molekul beracun. Teh hitam dengan campuran lemon adalah pilihan yang baik untuk menyingkirkan radikal bebas.

10. Membersihkan bakteri dari tubuh

Para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa zat antioksidan dan nutrisi lain yang ditemukan dalam teh hitam memiliki sifat antimikroba. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan untuk menjaga tubuh terjangkit beragam bakteri.

11. Mengurangi stres

Menurut sebuah penelitian, teh hitam dapat mengurangi hormon stres dalam tubuh dan brfungsi juga mrerilekskan sistm saraf.

12. Menjaga kesehatan mulut

Konsumsi teh hitam dapat membantu mencegah plak, gigi berlubang dan membantu menjaga napas anda lebih segar. Teh hitam memiliki sifat antioksidan membantu mencegah infeksi di mulut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.