Wisata Belanja di Riau

Pasar Bawah, Pekanbaru (https://kotawisataindonesia.com)

Pekanbaru merupakan kota perdagangan dan jasa dengan tingkat urbanisasi cukup tinggi di Indonesia. Ibukota Provinsi Riau ini tercatat sebagai kota terbesar ketiga di Pulau Sumatera setelah Medan dan Palembang.

Sahabat GPS Wisata Indonesia, disusun kembali dari berbagai sumber, Wisata Belanja di Riau, sebagai berikut :

1. Pasar Bawah (Pasar Wisata)

(https://kotawisataindonesia.com)

Pasar Bawah merupakan pasar tradisional terletak di Jalan Saleh Abbas (Jalan Senapelan), Pekanbaru, Riau sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi jika mampir ke pekanbaru.

(https://kotawisataindonesia.com)

Pasar Bawah termasuk pasar yang tertua di kota Pekanbaru, juga terletak di pinggir Sungai Siak dan dekat dengan Pelabuhan, maka di pasar bawah ini mudah untuk mendapatkan barang-barang dari luar negeri dengan harga miring. Sekarang Pasar bawah Pekanbaru berubah nama menjadi Pasar Wisata, walau orang banyak lebih familiar dengan nama Pasar Bawah.

(https://kotawisataindonesia.com)

Disini dijumpai berbagai barang dari kaos oblong khas Riau, songket Melayu, tas, dompet, karpet, keramik, sampai biskuit yang kesemuanya impor.

2. Pasar Tradisional Senapelan (Pasar Kodim)

Pasar Tradisional Senapelan terletak di jalan Achmad Yani. Pasar Senapelan merupakan pasar induk di Pekanbaru. Komplek pertokoan barang bekas, tersedia dari dari baju kaos, jeans, rok, jas, vest, bolero, gaun, hingga gaun terusan, jangan tanya kualitasnya, dengan harga murah.

Plaza Central, Pekanbaru (https://www.goriau.com)

Selain itu terdapat pusat perbelanjaan Plaza Central Senapelan, di gedung A dengan Suzuya Supermarket dan Dept. Store, Texas Chicken, Fun Station dan lain-lainnya, pusat Grosir dan eceran yang terletak di gedung B dan gedung C berbagai macam dagangan.

3. Kaos Oblong Jenawi
Jalan Durian no. 2D, Simpang Pepaya, Pekanbaru
HP.: +6282126709949
Twitter : @Jenawi_Riau
Whatsapp : 08562214949

Kaos Oblong Jenawi (https://ligaviewer.com)

Gerai ini menempati sebuah ruko yang berisi koleksi kaos oblong khas Riau. Untuk ukuran oblong sendiri ada dewasa dan remaja saja, tidak ada oblong untuk anak-anak.

Kaos Oblong Jenawi ini juga bisa ditemukan di pusat oleh-oleh Mega Rasa namun harganya sedikit lebih mahal dibanding di gerainya langsung di Jalan Durian.

4. Silungkang Art Centre
Jalan Jendral Sudirman No.628, Pekanbaru
Telp.: (62) 761 887 474

Tidak jauh dari jembatan layang ‘berukir’, Silungkang Art Centre bisa dijadikan pilihan untuk berburu oleh-oleh. Silungkang Art Centre menawarkan produk sandang, kerajinan, dan makanan.

5. Rajane Batik
Jalan Jendral Sudirman No 211, Pekanbaru
Telp : (62) 761 779 0433, Hp : +62 812 7695 5880.

Untuk kain batik meteran print semi sutra dihargai Rp. 30.000,00. Sedangkan untuk batik tulis dan tenunnya harganya di atas Rp.100.000,00. Sebagian dari batik tulis ini mengombinasikan motif khas Riau dengan motif-motif dari Jawa.

Mandiri Furniture
Jl. Sido Rukun, Labuh Baru Barat, Payung Sekaki – Pekanbaru, Provinsi Riau
HP.: +62 852 6551 0659 (Bp. Isman)
WA: +62 853 6551 0659 (WA)
Buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00

Salah satu produk UKM Mandiri Furniture (https://www.ukmriau.com)

Merupakan salah satu UKM pilihan di Riau bergerak di bidang furniture yang sudah berdiri sejak tahun 2007 hingga saat ini oleh bapak Isman. sehingga menjadikan salah satu tempat pembuatan furniture terbaik di Pekanbaru.

Centra Seni Logam
Jl. Panglima undan (di belakang restaurant pondok mungil jl Riau), Senapelan, Pekanbaru, Provinsi Riau
HP.: +52 823 9161 3139 atau +62 852 7270 6375 (Bp. Yon Efri)
Instagram: @central_seni logam

Salah satu produk UKM Centra Seni Logam (https://www.ukmriau.com)

Merupakan salah satu usaha bergerak industri kerajinan yang dibangun oleh bapak Yon Efri pada tahun 2016 hingga saat ini yang merupakan salah satu UKM pilihan di Riau sebagai industri kerajinan seni logam terbaik di Pekanbaru.

Sentra Kerajinan Rotan
Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai, Pakan Baru, Propinsi Riau

Di sepanjang Jalan Yos Sudarso ada sekitar 35 kios. Mereka  memajang aneka kerajinan rotan, seperti meja, kursi, pembatas ruangan, tudung saji, kursi goyang, hingga ayunan bayi.

Dekranasda Provinsi Riau

Dekranasda Riau (https://www.idtempatwisata.com)

Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Riau, terletak di ujung Jl. Sisingamangaraja, merupakan pusat cinderamata Riau terlengkap di Pekanbaru, berbagai macam aksesories dapat dijumpai seperti busana melayu, batik Riau, kain tenun dan songket, berbagai kerajinan kayu dan lain-lain. Selain itu di terdapat pula Dekranasda Kota Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Durian.

Daftar Berbagai Produk

 Sumber: kemenperin

Selamat berbelanja.

2 thoughts on “Wisata Belanja di Riau

Leave a Reply