Wisata Belanja di Kepri

Tanjung Pinang terletak di Pulau Bintan dan menjadi Ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi muda ini lahir dari pemekaran provinsi Riau sejak era otonomi daerah bergulir di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga.

Sahabat GPS Wisata Indonesia, disusun kembali dari berbagai sumber, Wisata Belanja di Kepulauan Riau, sebagai berikut :

Kota Tanjung Pinang

Pusat Kerajinan Engku Hamidah
Jalan Wiratno 42, Tanjungpinang
Telp.: +62 771 20429

Produk Pusat Kerajinan Engku Hamidah (https://dekranasda.batamkota.go.id)

Bagi anda memerlukan souvenir, tidak perlu datang ke tempat pengrajin, di Pusat Kerajinan Engku Hamidah-lah menyediakan berbagai macam kerajinan masyarakat Kepulauan Riau.

Toko Batik Gonggong
Jalan RH Fisabililah KM 8 Atas, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Tampilan dalam toko Batik Gonggong (https://travel.kompas.com)

Pemilik toko ini bernama Onny yang memulai usaha sejak 2010. Ia yang pertama kali mencetuskan ada motif gonggong dalam kain batik sebagai ciri khas Tanjungpinang.

Kota Batam

Pulau Batam yang masuk dalam Provinsi Kepulauan Riau memiliki daya tarik cukup besar, terutama untuk Anda yang gemar wisata belanja (baca: Wisata Belanja di Batam). Batam memang menawarkan wisata belanja, tetapi bukan wisata belanja biasa. Barang yang dijual kebanyakan bermerek dan harganya murah!

Pelancong yang paling banyak datang adalah turis asal Singapura. Selain faktor harga barang di Batam lebih murah dari Singapura, lokasinya yang dekat juga menjadi faktor utama, banyaknya turis Singapura datang ke sini. Waduh kebalik ya, orang kita wisata belanjanya ke Singapura.

Kabupaten Natuna

Sentra Pengrajin Anyaman Tikar Selasar
Pengrajin terletak di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

Beragam Tikar Selasar Natuna (https://www.isukepri.com)

Perajin tikar Selasar tersebar secara merata di Kecamatan Serasan, berstatus sebagai ibu rumah tangga, dengan tidak mengenal batas-batas usia produktif. Usia rata-rata para perajin dari 15-75 tahun.

Jenis-jenis Tikar Serasan

A. Tikar Beragi Biasa

Jenis tikar ini biasanya memiliki lebar bidang tikar yang terbatas, sekitar 150-200 cm x 90 cm, disesuaikan dengan ukuran daun pandan yang digunakan.

B. Tikar Tumbuk

Tikar tumbuk ini menunjuk dalam satu bidang tikar terdapat beberapa sambungan daun pandan, yang berfungsi untuk meluaskan atau melebarkan lembar bidang tikar yang dihasilkan, sekitar 250 cm x 110 cm, bahkan ada yang mencapai 400 cm x 400 cm.

Kabupaten Kepulauan Anambas

Kain Tenun Cual Anambas

Kain Tenun Cual Anambas (https://kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Kain Cual adalah kain tenunan asli Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Kain ini, dari catatan sejarah daerah disebutkan, pertama kali dibuat pada tahun 1863, ditenun oleh Hj. Halimah, asal Kampung teluk Encau, sekarang merupakan bagian dari Kecamatan Siantan Timur.

Bentuk aslinya berupa kain tenun songket. Ia hampir sama dengan kain cual milik Bangka Belitung ataupun Sambas, Kalimantan Barat. Tapi dengan motif yang berlainan. Cual berasal dari singkatan ‘belacu dijual’.

Kabupaten Lingga

Sentra Kain Tudung Manto

Sedang mengerjakan kerajinan Tudung Manto (https://www.linggakab.go.id)

Rumah Tekat Tudung Manto “Halimah” terletak di Kampung Mentok, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, merupakan galeri kerajinan khas dan industri kreatif, terdapat juga ruang tamu, galeri dan ruang pengrajin yang cukup menampung 20 orang.

Rumah Tekat Tudung Manto “Halimah”

Kain Tudung Manto merupakan penutup kepala bagi kaum perempuan yang telah bersuami dan dipakai pada acara-acara tertentu seperti kenduri perkawinan serta kegiatan-kegiatan adat dan budaya.

Sejak tahun 1755 Tudung Manto merupakan kerajinan-kerajinan tangan ini sudah sangat melekat bagi masyarakat Lingga dan wilayah-wilayah yang masih dalam cakupan Kepulauan Riau, cukup populer hingga ke negara tetangga Singapura dan Malaysia.

Rumah Batik Lingga
Jalan Pahlawan, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga

Batik Lingga (https://kacamatamakna.blogspot.co.id)

Rumah Batik Lingga telah menciptakan beberapa motif batik seperti, Awan Larat, Bunga Cendawan, Paku Gajah, Bunga Cengkeh, Bintang-Bintang, Itik Pulang Petang, Bunga Cermai, Awan Petang, Bungaran Larat dan motif lainnya.

Daftar Berbagai Produk

Sumber: Kemenperin

Selamat berbelanja.

One thought on “Wisata Belanja di Kepri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.