Masjid Al-Khadra Kota Cilegon

Masjid Al-Khadra atau Masjid Gesing (https://faktabanten.co.id)

Masjid Al-Khadra atau yg lebih dikenal dengan Masjid Gesing merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kota Cilegon, yang terletak di sisi kanan jalan raya Cilegon-Anyer, tepatnya di Jalan Kyai Abdul Haq Ahmad, Kampung Gesing Kalentemu, Kelurahan Samangraya,  Kecamatan Citangkil, Kotamadya Cilegon. Dibangun masyarakat pada tahun 1932, sekaligus menjadi saksi sejarah perjuangan rakyat Cilegon melawan kolonial Belanda saat itu.

Diskripsi Bangunan

Masjid Al-Khadra atau Masjid Gesing (https://beritacilegon.wordpress.com)

Sejak awal pembangunannya hingga kini, masjid Al-Hadra (yg berarti “hijau” atau “subur”) ini tetap mempertahankan model dan bentuk bangunan utamanya tanpa ada banyak perubahan, dengan luas kawasan Masjid ini ada 5.000 Meter lebih.

Tebal tembok bangunan 30 cm disusun dari batu bata mentah, tanah dan kapur. Pintu dan jendela masjid terbuat dari kayu dengan model lama. Dinding masjid umumnya berwarna putih dan berwarna hijau dibagian kubahnya.

Mihrab dan Mimbar

Mihrab dan Mimbar (https://faktabanten.co.id)

Seperti umumnya masjid lama bagian dalam masjid ini terdiri dari tempat sholat utama berukuran 5 meter persegi dengan tempat imam dan mimbar untuk khutbah. Selain itu terdapat pilar-pilar besar dan tebal melengkung di bagian atasnya.

Selain digunakan untuk sholat berjamaah lima waktu, juga digunakan untuk ibadah sholat jum’at yg jamaahnya kebanyakan adalah para pekerja serta warga sekitar masjid. Di samping itu juga digunakan sebagai tempat peringatan hari-hari besar Islam, meski dirayakan secara sederhana.

Spread the love

One thought on “Masjid Al-Khadra Kota Cilegon

Leave a Reply