5 Surga Tersembunyi di Sulawesi yang Menakjubkan

Potensi keindahan alam Indonesia sudah diakui indah banyak wisatawan. Tak heran jika sebagian di antaranya menjadi destinasi terbaik untuk berlibur. Salah satunya adalah Sulawesi dengan surga tersembunyinya yang berhasil memanjakan mata para wisatawan mancanegara.

Selain Bunaken yang sudah terkenal di dunia, ternyata masih banyak surga tersembunyi yang dimiliki oleh Sulawesi. Mau tau apa aja? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Mister Aladin.

1. Pulau Labengki

Pulau Labengki dan sekitarnya, terletak di Kabupaten Konawe Utara, Propinsi Sulawesi Tenggara, akhir ini sering disebut sebagai miniaturnya Raja Ampat. Jika terbang ke Raja Ampat terlalu jauh, Anda bisa mengunjungi Pulau Labengki. Apalagi di sini ada teluk berbentuk hati. Selain cantik di permukaan airnya, pulau ini juga memiliki kehidupan bawah laut yang luar biasa indah. Jika beruntung saat naik perahu, Anda bisa bertemu sekawanan lumba-lumba.

2. Pulau Sombori

Pulau Sombori (https://www.kabarrantau.com)

Sulawesi juga punya satu lagi kawasan kepulauan yang keindahannya sama seperti Raja Ampat yaitu Pulau Sombori terletak di Desa Mbokitta, Kecamatan Menui, Kabupaten Morowali, Propinsi Sulawesi Tengah. Pulau satu ini juga dikelilingi tebing-tebing karst yang menjulang dari permukaan air. Selain keindahan alamnya, Pulau Sombori juga merupakan tempat tinggal dari Suku Bajo yang hidup di rumah-rumah mengapung.

Dengan luas sekitar 147.000 hektar, ada beberapa pulau yang sering dikunjungi disini, seperti Pulau Koko dan Pulau Dua Laut. Menariknya, saat mengunjungi pulau tersebut, Anda akan menemukan gua dengan isi ratusan tulang belulang manusia yang belum diketahui dari mana asal-usul tulang tersebut.

3. Danau Napabale

Danau Napabale (https://www.gocelebes.com)

Jika umumnya danau berisi air tawar, Danau Napabale berisi airnya asin. Berlokasi diterletak di Desa Lohia, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Propinsi Sulawesi Tenggara, danau ini memiliki terowongan alam dengan panjang 30 meter dan lebar 9 meter yang menghubungkan Danau Napabale dengan pantai di Selat Buton. Uniknya, danau ini juga mengikuti pasang surut air laut.

Jika air laut surut, permukaan danau juga ikutan turun. Begitu juga sebaliknya. Di sini juga ada Gua Layang-Layang di mana Anda bisa melihat lukisan hasil karya manusia purba yang hidup di Danau Napabale.

4. Rammang-Rammang Maros

Rammang-Rammang Maros (https://www.pegipegi.com)

Tempat super cantik satu ini berada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Daya tarik dari Rammang-Rammang Maros adalah keberadaan pegunungan karst di tepi sungai yang tertutup oleh tumbuhan. Kabarnya fenomana ini hanya ada satu-satunya di Indonesia. Selain itu, pegunungan kapur di sini juga merupakan ketiga terbesar di dunia setelah Tiongkok dan Vietnam.

5. Danau Biru

Danau Biru (https://www.jelajahsultra.com/)

Jika dihat dari atas, Danau Biru terletak di desa Walasiho, Kecamatan  Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Propinsi Sulawesi Tenggara, memiliki bentuk menyerupai sumur raksasa berwarna biru bening yang dipisahkan dari laut oleh tebing. Anda yang tidak bisa berenang, harus menahan diri di sini. Pasalnya, danau ini memiliki kedalaman bisa sampai 7 meter. Meski tidak besar, namun keindahan danau yang satu ini membuat wajib dikunjungi jika liburan ke Kolaka Utara. Kabarnya, di dalam danau ini juga tersimpan harta karun berbentuk batu giok dan emas.

Sumber: Koran Sindo

Spread the love

Leave a Reply