Desa Wisata Budaya Tihingan Klungkung Bali

Desa Wisata Budaya Tihingan terletak di Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Kurang lebih 3 km ke arah barat dari kota Semarapura. Sangat mudah menemukan desa ini, letaknya pun tidak jauh dari kota.

Salah satu seni yang berkembang baik di Bali adalah seni musik tradisional, yaitu seni gamelan Bali. Dan salah satu desa yang yang menjadi sentra pengrajin dan pembuat instrumen gamelan adalah Desa Tihingan. Desa Tihingan merupakan salah satu desa yang menjadi tujuan wisata dengan masyarakatnya yang terkenal sebagai pembuat instrumen Gong (gamelan).

Sejarah

Desa Wisata Budaya Tihingan (https://turdibali.wordpress.com)

Konon, para perajin Desa Tihingan adalah keturunan dari orang-orang kuat (kebal) yang diutus oleh Raja Klungkung untuk menjaga suatu tempat yang masih berupa alas tiying (hutan bambu) dengan batas Tukad Yeh Bubuh. Namun, pada saat terjadi peperangan antara Kerajaan Klungkung dan Gianyar, Raja Klungkung langsung mengutus orang-orang sakti (kebal senjata) itu untuk menjadi benteng pertahanan. Setelah berhasil mengamankan wilayah, orang-orang sakti itu memilih menetap dan tidak kembali ke daerahnya masing-masing. Sejak itulah, mereka menetap di alas tiying yang kini bernama Desa Pakraman Tihingan. Dan, untuk kelangsungan hidupnya, mereka membuat membuat gong. Keturunan dari orang-orang itulah yang saat ini menjadi pengrajin gong di Tihingan.

Pengrajin Gamelan Bali (Gong)

Sebagian besar penduduk desa memang bergelut di dunia seni gamelan ini, danĀ  keahlian mereka tentunya didapat secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Gong dari Tihingan ini terkenal akan kualitas bahan dan tentunya kualitas suara gamelan. Dan tak heran hasilnya banyak wisatawan domestik dan internasional yang tertarik mengoleksi gamelan Bali ini.

Apalagi hampir semua sanggar musik dan banjar di Bali membeli gamelan dari Desa Tihingan. Dan bahkan banyak yang dikirim ke luar negeri untuk aset di beberapa kedutaan RI.

Selain membuat Gong, masyarakat di desa ini juga pandai membuat berbagai macam gamelan lainnya seperti Gender, Semara Pegulingan, Kelentangan dan Angklung.

Jika anda berlibur di Bali, cobalah mampir ke Desa Tihingan ini, sambil mengenal lebih jauh alat musik tradisional Bali beserta cara pembuatannya.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Budaya Tihingan
Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali
Telp.: 62366 5596249 atau +62817 559 182
Website: http://www.tihingan.desa.id

atau

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Klungkung
Jl. Untung Surapati, No. 3, Semarapura, Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761
Telp.: 62366 21448

Spread the love

Leave a Reply