Camilan Khas Riau

Jika anda berkunjung ke kota Pekan Baru namun pulang hanya dengan tangan kosong, akan terkesan sia-sia. Ada banyak pilihan camilan khas Riau di Pekan Baru  yang bisa anda beli.

Bolu Kemojo

Kojo atau kemojo berasa dari kata kemboja. Dinamakan kemboja karena dibuat dengan loyang yang menyerupai bunga kemboja. Kue ini sama-sama khas ada di daerah sekitar Riau, Palembang, Jambi dan Bengkulu. Biasa kue ini dihidangkan di acara-acara daerah.

Bolu Kemojo (https://bacaterus.com)

Tekstur bolunya padat, seperti kue basah yang bantat (kue kembang tak jadi), dengan rasa manis yang khas dan adonan telur yang cukup terasa.

Lempuk Durian

Bahan utama dari dodol atau lempuk ini adalah durian. Teksturnya yang khas yaitu liat ini memang termasuk cukup khas. Rasa manis dan gurih berpadu dengan aroma harum khas durian yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Lempuk durian ini sudah menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib untuk dibawa pulang jika kamu berkunjung ke Pekanbaru.

Pancake Durian

Pancake durian ini memiliki rasa yang sangat lembut. Durian lembut yang dibungkus menggunakan kulit khusus ini menjadikan aroma buah durian terjaga dengan baik. Durian yang dibuat dengan cara dihaluskan kemudian diisikan ke dalam kulit yang berwarna-warni ini sangat melindungi aroma durian.

Keripik Nanas

Nanas merupakan buah tropis yang dimiliki oleh hampir di semua tempat. Rasanya yang manis dan asam ini menjadi salah satu buah yang memiliki rasa cukup eksotis dan banyak penggemarnya. Salah satu olahan nanas yang cukup populer selain selai adalah keripik. Nanas yang dijadikan keripik ini mampu mempertahankan cita rasa dan aroma khas nanas pada hasil olahannya. Meskipun digoreng hingga kering, namun rasa nanasnya sama sekali tidak mengalami perubahan.

Keripik Nanas (https://bacaterus.com)

Dodol Kedondong

Kedondong yang cukup familiar di kalangan orang Indonesia ini merupakan salah satu buah yang paling sering dijadikan sebagai buah untuk rujak karena memiliki rasa yang cukup unik. Manis asam buah ini menjadikannya sebagai buah yang wajib ada untuk rujakan. Kedondong yang memiliki rasa unik ini oleh orang Pekanbaru diubah menjadi makanan yang juga cukup familiar yaitu dodol.

Viz Cake

Viz Cake sebenarnya tidak berbeda dengan toko roti pada umunya. Produk dari toko roti ini adalah bolu. Bolu yang diperdagangkan disini termasuk bolu yang istimewa.

Salah satu produk andalan dari Viz Cake adalah bolu durian keju. Bolu ini hadir untuk memuaskan para pecinta durian yang ingin menikmati durian dalam bentuk yang berbeda. Bagi yang tidak tahan dengan aroma durian yang menyengat, bolu durian keju ini bisa menjadi alternatif makanan yang bisa dicicipi.

Lopek Bugi

Lopek bugi merupakan salah satu camilan khas Kampar. Camilan ini memiliki cita rasa khas dan unik yang wajib dicicipi. Terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus kemudian dikukus dan dibungkus menggunakan daun pisang, mempunyai rasa manis legit yang berasal dari beras ketan dipadukan dengan bumbu khas membuat makanan ini semakin istimewa dan menjadikan camilan ini cukup mengenyangkan.

Salai Ikan Patin

Ikan patin yang memiliki nilai gizi cukup tinggi ini sudah diolah menjadi salai dan sudah diekspor ke luar negeri. Salai dipilih sebagai produk olahan ikan patin menjadikan lebih tahan lama serta mampu mempertahankan kualitas rasa dan teksturnya.

Kerupuk Ikan Tenggiri

Daging ikan tenggiri yang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan tepung beras dan juga bumbu-bumbu lainnya membuat kerupuk ini memiliki rasa yang khas. Rasa lezat dan gurih dari kerupuk ini membuat kerupuk ini wajib dibawa pulang.

Pastel Ikan Patin

Pastel berbentuk adonan kulit yang diisi dengan berbagai macam isian. Jika biasanya pastel diiisi dengan sayuran, ayam atau udang, maka di Pekanbaru pastel diisi dengan ikan patin.

Ikan patin yang diberi bumbu khusus dan diolah dengan cara yang istimewa membuat pastel ini wajib dijadikan buah tangan istimewa untuk keluarga di rumah.

Kue Bangkit

Camilan ini memiliki tekstur yang lembut. Proses pembuatannya yang masih menggunakan oven tradisional ini tentu saja menjadikan kue ini memiliki aroma khas yang benar-benar kuat. Camilan ini biasanya merupakan salah satu kue yang harus ada ketika idul fitri.

Kacang Pukul

Camilan yang dibuat dari kacang tanah berkualitas terbaik. Kacang tanah tersebut diambil dari petani kacang sekitar kota Bagansiapiapi. Kacang yang sudah dipilih kemudian diproses hingga mencapai proses intinya, yakni dipukul-pukul sampai adonan kacang mengembang. Setelah mengembang, adonan kemudian dibungkus kertas minyak agar tahan lama.

Sumber: makananoleholeh

Spread the love

One thought on “Camilan Khas Riau

Leave a Reply