Camilan Khas Kepulauan Riau

Indonesia dengan ragam bahasa dan budaya, seakan tidak pernah kehabisan bahan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Salah satunya adalah kuliner yang bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan.

Dari berbagai macam pulau dan provinsi yang ada di Indonesia, salah satu daerah yang dikenal dengan pesisir pantainya, ternyata menyimpan cita rasa kuliner yang tidak biasa.

Kepulauan Riau misalnya, memiliki camilan tradisional yang menggugah selera. Selamat mencicipi…

Kerupuk Atom

(https://japanesian.id)

Camilan khas Anambas ini dibuat dari ikan tongkol yang rasa amisnya sudah hilang karena dimasak dengan bumbu yang melimpah. Cocok banget bagi yang suka ngemil pas jalan-jalan. Dapat membeli jajanan ini di Kota Tarempa atau Letung di sentra oleh-oleh kepulauan Riau.

Kue Bangket

(https://food.detik.com)

Kue mungil yang terbuat dari bahan utama tepung sagu ini rasanya memang enak. Kue kering ini dibentuk dengan cetakan seperti bunga. Jika dulu kue bangket tampil polos, kini tambahan keju plus aneka topping membuatnya makin variatif dan kaya rasa.

Kue Semprong

(https://id.wikipedia.org)

Kue ini berbentuk selinder atau panjang seperti pipa dengan rasa yang khas dan unik. Kue semprong juga hadir dalam bentuk lain, seperti bentuk segitiga dan persegi panjang. Rasa kue ini tidak terlalu manis dan akan renyah dan gurih ketika digigit.

Epok-Epok (Temosa)

(https://id.wikipedia.org)

Epok-epok, disebut juga temosa atau karipap adalah sejenis camilan dari adonan tepung dengan berbagai isi.

Kue Lapis

(https://id.wikipedia.org)

Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia.

Pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sering digunakan adalah pandan (hijau) dan sirup bunga mawar (merah).

Rocklate Batam

Rocklate Batam (https://tempatwisataindonesia.id)

Rocklate, satu diantara camilan coklat yang bisa dijadikan oleh-oleh di Batam. Produk home made yang sudah dikembangkan sejak 2011 ini sudah masuk ke berbagai supermarket dan juga dapat diorder langsung maupun online.

Layer Cake

(https://tempatwisataindonesia.id)

Layer cake merupakan salah satu oleh oleh dari Batam, bentuk dan rasa memang mirip dengan lapis legit.

Ada beberapa varian rasa yang terdapat di layer cake ini, yaitu original, coklat, mocha, pandan, dan masih banyak yang lainnya. Dari sekian banyak varian rasa layer cake, hanya original yang paling banyak disukai oleh wisatawan.

Stik Buah Naga

(https://tempatwisataindonesia.id)

Sebuah sajian yang unik dari Batam terbuat dari buah naga asli yang dipotong membentuk pencil memanjang. Kemudian langsung digoreng ke dalam minyak panas.

Bilis Molen

(https://oleholehkhasbatam.wordpress.com)

Pisang yang dibalut dengan adonan khusus ini memang sudah banyak tersebar hampir di setiap daerah Indonesia. Ada pisang molen, ada pula bilis molen. Bilis molen Batam sedikit berbeda dengan pisang molen. Yang membedakan antara keduanya adalah terletak pada isinya.

Pisang molen berisi pisang di dalamnya, sedangkan bilis molen berisi ikan teri. Satu hal lagi, bentuk bilis molen juga lebih kecil. Rasanya gurih dan renyah saat dikunyah. Uniknya bilis molen enak dijadikan cemilan dan lauk makan.

Bingka Bakar

(http://www.perutgendut.com)

Bentuk kue bingka bakar sungguh unik seperti bunga. Kue berbahan dasar tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam, itu dicetak berbentuk bunga. Setelah berbentuk adonan, kue itu dipanggang sekitar 30 menit hingga matang.

Kek Pisang Villa

(https://tempatwisataindonesia.id)

Bahan dasar dari kue ini terbuat dari pisang pilihan. Tekstur kue ini sangat lezat, sehingga menjadikannya sebagai salah satu pilihan favorit para wisatawan selain bingka bakar.

Spread the love

Leave a Reply