Camilan Khas Jambi

Ada beberapa jenis oleh-oleh yang sangat khas sekali, ketika Anda berkunjung ke kota Jambi, tentunya harus dicoba dan menjadikan sesuatu yang special untuk diberikan untuk sanak keluarga Anda ketika pulang dari Jambi, antara lain:

Kue Padamaran

Kue padamaran sendiri adalah kue khas Jambi yang terbuat dari bahan baku tepung beras dan santan. Kue padamaran mempunyai cita rasa yang gurih dengan tekstur lembut menyerupai bubur sumsum. Perbedaan antara kue padamaran dengan bubur sumsum terletak pada penggunaan kinca gula merahnya.

Kalau bubur sumsum kinca gula merahnya disiram pada bagian atas, sedangkan pada kue padamaran kinca gula merah tak hanya digunakan untuk bagian atas kue, tetapi juga bagian dasarnya.

Kue Gandus

Kue gandus mempunyai tampilan yang serupa dengan talam ebi. Warnanya putih cerah seperti susu. Kue gandus terbuat dari campuran tepung beras, tepung sagu, garam, dan santan.

Penyajian kue gandus biasanya dilakukan setelah menyiram topping khusus yang terbuat dari ebi sangrai, daun seledri, bawang goreng, irisan cabai, daging gilin, dan abon ikan. Rasa dari kue khas Jambi ini pedas nikmat.

Kue Putri Kandis

Kue dengan nama cantik ini adalah jajanan tradisional dari Jambi yang mempunyai bentuk kotak persegi. Tampilan dari kue putri kandis ini menarik untuk dilihat di mana terdapat tumpukan warna hijau, kuning, dan cokelat. Warna hijau biasanya terletak di bagian tengah kue yang dihasilkan dari air daun suji.

Kue basah ini biasanya disuguhkan pada saat perayaan adat Jambi, seperti antar belanjo merupakan bagian dari prosesi pernikahan di mana sebelum melakukan akad nikah, keluarga mempelai pria memberikan sejumlah bebawaan yang salah satunya adalah kue putri kandis. Makna dari acara antar belanjo adalah untuk membangun rasa kekeluargaan dari kedua belah pihak.

Kue Kubang Boyo

Kue dengan nama unik ini terbuat dari campuran tepung ketan yang diberi pasta pandan. Adonan kue digunakan untuk membungkus isian berupa gula merah dan kelapa parut. Setelah adonan matang dan siap disajikan, kue sebelumnya diletakkan dalam wadah yang kemudian diguyur dengan santan atau fla. Kue kubang boyo mempunyai cita rasa yang manis dengan tekstur kue yang legit dan kenyal.

Kue Muso

Dari bentuknya, kue muso sangat mirip dengan kue pie. Kue muso terbuat dari campuran tepung ketan, tepung terigu, cokelat bubuk, minyak sayur, air pandan ditambah suji, santan, garam halus, air suam-suam, telur, tepung terigu, gula pasir, dan vanili. Keberadaan kue ini biasanya paling sering di bulan Ramadhan. Orang-orang menyantap kue muso sebagai menu berbuka. Dengan cita rasa yang manis, kue muso memang cocok jika dijadikan takjil.

Rambutan Goreng

Jika pisang, apel, dan nangka sudah biasa diolah dengan teknik digoreng, maka orang Jambi berkreasi menggunakan buah-buahan yang tak biasa. Buah yang dipilih untuk digoreng adalah rambutan. Unik, bukan? Rambutan goreng adalah olahan buah rambutan yang menjadi camilan khas dari Jambi. Untuk membuat rambutan goreng, dilakukan serangkaian proses yang hampir sama dengan pembuatan nanas goreng. Tentu saja, yang digoreng adalah bagian dagingnya saja.

Dodol Kentang Kerinci

(https://wisatadunia.net)

Dodol ini terbuat dari kentang, ini memiliki beberapa varian rasa, seperti rasa durian, stroberi, gula merah, pandan dan nanas.

Kue Srikaya

(https://wisatadunia.net)

Kue basah khas Jambi ini berbeda dengan yang lainnya karena tidak berbahan dasar tepung melainkan tape. Cara membuatnya cukup mudah yakni dengan cara mencampurkan adonan tape dan santan kemudian ditambah pewarna makanan serta daun pandan. Biasanya kue ini diletakkan di wadah yang terbuat dari daun pisang yang membuat tampilannya semakin hijau memukau.

Sumber: makananoleholeh

Spread the love

Leave a Reply