Camilan Khas Bengkulu

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke daerah tersebut. Tidak terkecuali Bengkulu. Salah satu provinsi yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera ini memiliki oleh-oleh khas seperti berbagai kue ataupun manisan.

Kue Tat

Tampilan kue tata menyerupai kue bolu dengan rasa yang manis. Selain itu, rasa gurih juga dominan ketika kamu mencicipi kue ini karena adanya campuran adonan khusus dan bumbu khusus saat membuatnya. Kue tat sering disajikan kepada tamu saat idul fitri tiba.

Kue Lepek Biniti

Kue ini sama menariknya dengan kue tat serta sering dijadikan menu berbuka puasa saat Ramadhan tiba. Kue lepek biniti terbuat dari adonan tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas, beserta bahan-bahan lainnya kemudian dibungkus dengan daun pisang. Kue khas Bengkulu ini cocok dijadikan oleh-oleh, hanya saja tidak bisa bertahan lama karena khawatir rasanya akan berubah jika disimpan terlalu lama.

Kue Perut Punai

Punai merupakan nama burung, namun bukan berarti kue ini berbahan dasar daging burung punai ya. Kue yang satu ini dinamakan kue perut punai karena bentuknya yang mirip dengan perut dari burung punai.

Bolu Koja

Makanan khas dari Bengkulu yang satu ini mirip dengan bolu kojo khas Palembang. Perbedaannya ada pada tambahan agar-agar putih guna menghasilkan rasa gurih. Teksturnya sangat lembut seperti kue brownies dan cita rasanya sangat nikmat. Bolu koja ini menggunakan campuran agar-agar, sehingga terasa lembut di lidah. Warna dari bolu koja dominan hijau yang berasal dari campuran daun suji dan daun pandan. Banyak pembuat bolu koja yang berkreasi dengan menambahkan topping keju atau meises di bagian atas bolu koja ini agar lebih menarik minat pembeli.

Bay Tat

Sajian kuliner yang masih berjenis kue ini berbentuk segi empat layaknya kue tart yang diakulturasi dengan tampilan kue pie dengan topping nanas atau keju.

Bay tat berasal dari gabungan kata bay dan tat. Bay mempunyai arti induk sementara dan tat artinya kue tart. Kue ini dibuat dari campuran tepung gandum, telur ayam, mentega, dan juga gula pasir. Teksturnya lembut rasanya manis ditambah dengan topping yang menarik hati.

Manisan Terong

Keunikan dari makanan khas ini adalah bahan dasarnya yang terbuat dari terong dimana biasanya manisan akan terbuat dari buah. Sesuai dengan namanya, manisan terong ini mempunyai rasa yang manis dan tekstur yang legit. Jika dicicipi, manisan terong ini rasanya hampir mirip dengan buah kurma.

Kue Siput Bengkulu

Kue ini seperti siput. Cemilan khas Bengkulu. Terbuat dari tepung dengan isi kacang digulung seperti siput. Rasanya renyah. Ada yang berbalut gula merah dan ada yang asin.

Kue Cucur

Kue cucur yang terbuat dari tepung terigu dan campuran gula merah. Kue cucur ini dijual cukup murah. Di Bengkulu, kue cucur ini merupakan satu dari tujuh jenis kue yang harus disajikan dalam prosesi lamaran seorang calon pengantin.

Sumber: tempatwisataindonesia

Spread the love

One thought on “Camilan Khas Bengkulu

Leave a Reply