Kombinasi Dua Warna Yang Harmonis Pada Batik Pagi Sore

Sahabat GWI Indonesia Banget ada yang tahu tidak apa itu batik pagi sore? Batik pagi sore sebenarnya merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan kain batik yang memiliki dua motif dalam satu kain. Dimana kedua motif yang terdapat pada kain batik tersebut saling bertemu dalam satu garis diagonal maupun horizontal.

(https://shop.sejauh.com)

Ditinjau dari sisi sejarahnya, batik pagi sore konon pertama kali dibuat di Pekalongan tepatnya pada tahun 1930 silam semasa jaman penjajahan Jepang. Motifnya pun sebagian besar dididominasi oleh ragam hias yang rumit dan lebih padat untuk memperlambat produksi karena stok kain mori dan pewarna sangat langka dan mahal.

(https://priajelita.blogspot.co.id)

Mahalnya harga kain mori dan obat pewarna batik tersebut salah satunya disebabkan karena terputusnya jalur perdagangan akibat dampak perang dunia II. Dengan latar belakang kehidupan yang sulit, para pengrajin batik pun kemudian mulai membuat kain batik pagi sore sebagai pelengkap kebutuhan sandang sehari-hari.

(https://www.tokopedia.com)

Jika pada pagi hari seseorang telah menggunakan sisi motif batik yang satu, maka sore harinya ia dapat mengenakan motif yang berbeda dari sisi kain yang lainnya. Kesan yang dihasilkan pun seolah-olah ia selalu memakai dua kain yang berbeda padahal yang dikenakannya hanya satu lembar kain.

(https://jejakbatik.blogspot.co.id)

Motif batik pagi sore dengan warna yang lebih gelap biasanya dipakai di bagian luar untuk kesempatan pagi dan siang hari, sementara bagian batik yang berwarna pastel atau lebih cerah bisa dipakai pada acara malam hari. Motif pagi sore ini banyak ditemui pada batik Djawa Hokokai di pekalongan pada saat pendudukan Jepang (1942-1945).

(https://batik-lasem.com)

Berbeda dengan motif batik pada umumnya, sebagian batik Djawa Hokokai lebih banyak menggunakan susumoyo yaitu motif yang dimulai dari salah satu pojok dan menyebar ke tepi-tepi kain tetapi tidak bersambung dengan motif serupa dari pojok yang berlawanan.

(https://trendingtopicslive.blogspot.co.id)

Selain didominasi oleh motif bunga seperti halnya sakura (cherry), krisant, dahlia, anggrek, mawar, lili, dan teratai, motif lain yang paling menonjol dari batik pagi sore ini yaitu berupa kupu-kupu. Meskipun tidak memiliki arti khusus, tetapi orang Jepang dikenal sangat menyukai kupu-kupu.

(https://www.pinterest.com)

Sampai sekarang pun batik pagi sore masih dapat dijumpai dengan mudah dipasaran sebagai alternatif pengganti untuk mereka yang ingin memiliki ragam batik dengan biaya terbatas. Selain dipakai untuk pelengkap kain kebaya atau jarik, motif batik pagi sore ini pada perkembangannya juga mulai banyak untuk pakaian, scarf, maupun jilbab.

(https://www.bukalapak.com)

Tidak selamanya dibuat full motif namun di masa modern seperti sekarang ini batik pagi sore juga ada yang dibuat setengah polos dan setengah motif.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline

Spread the love

Leave a Reply