Koleksi Fashion Muslim di Indonesia Modest Fashion Week 2017

Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD) dengan didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2017. Acara telah dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 12-15 Oktober 2017.

Minat fashion muslim di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat. Bahkan, digadang-gadang Indonesia akan menjadi pusat fashion muslim pada tahun 2020. Kini fashion muslim pun tak hanya bisa dikenakan bagi mereka yang berhijab. Melainkan mereka yang tak berhijab bisa menggunakan pakaian muslim atau yang lebih akrab didengar modest wear.

1. Lia Afif

Tema rancangan dari Lia Afif kali ini adalah “Royally Possessed” yang diambil dari bahasa Inggris, royal artinya kerjaaan, mewah, berkelas. Sedangkan possessed artinya dipengaruhi, atau dikontrol oleh keinginan atau dorongan emosi yang kuat. Maksudnya adalah rancangan ini adalah sebuah dorongan emosi yang kuat untuk selalu tampil mewah dan berkelas. Lia Afif ingin menampilkan perempuan yang anggun dan berkelas dan selalu menjadi pusat perhatian di setiap kesempatan.

Paduan bahan cerutti polos, thomson silk dan lace dengan tenun NTT motif ayu topaz yang indah dengan warna-warna cantik yakni paduan warna salem dan hitam, siluat A dan I dengan potongan dress, palaso, long coat memberikan pilihan kepada wanita muslimah yang aktif dan tetap memperhatikan keanggunan agar tampil dengan mewah sesuai pribadi masing-masing.

2. Gita Orlin

Terinspirasi dari tumbuhan “Begonia” yang daunnya berbulu dan bermotif polkadot yang kemudian diaplikasikan dengan embroidery yang menjadi ciri khas Gita Orlin. Memilih style ready to wear premium Gita Orin mendesign karyanya ini sehingga bisa digunakan diberbagai macam kesempatan seperti pesta atau acara semi formal lainnya.

Menggunakan material kain lace, tulle dot, silk dan sifon dengan detail payet, pearl, swarovski dan bulu-bulu yang menunjukkan style bohemian yang cenderung menampilkan sisi kefemininan wanita muslimah dengan menggunakan cutting loose dress, full klok, mermaid dan outer dengan detail frill-frill yang sangat anggun untuk digunakan wanita muslimah.

3. BOOGI & Yan Creations

Inspirasi modest fashion hijab berikutnya datang dari negara tetangga yakni Malaysia. Memilih tema eco friendly BOOGI dan Yan Creations ini menawarkan busana yang simple dan elegan. Tidak seperti biasanya, koleksi yang ditampilkan di Indonesia Modest Fashion Week 2017 ini tidak mengusung unsur etnic. Dengan paduan linen sutra yang simpel, 10 koleksi yang disuguhkan ini ada yang menggunakan hijab dan ada juga yang berupa turban yang bisa dipilih sesuai dengan fashionmu.

4. Amalina Aman

Inspirasi modest fashion yang satu ini datang dari Sydney Australia, Amalina Aman. Desaigner yang juga seorang muslim ini memilih judul “Unforgatable Journey” pada koleksinya kali ini. Tidak hanya menyuguhkan fashion bagi wanita, Amalina Aman juga memberikan pilihan modest fashion bagi laki-laki. Koleksi yang ia tampilkan pada event Indonesia Modest Fashion Week 2017 ini juga tidak hanya bisa dipilih oleh Kamu yang berhijab, tapi juga jadi pilihan siapapun sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhannya dalam bermode.

5. Evy Susanti

Memilih judul rancangan La Vie Est Bbell yang artinya keindahan hidup Evy Susanti seakan menunjukan bahwa dalam kehidupan itu bertaburan dengan keindahan. Karya-karyanya ini terinspirasi dari keindahan suasana pantai di salah satu pulau eksotik di Indonesia. Menampilkan karya busana muslimah yang anggun, dinamis, dan elegan yang menggambarkan kelembutan seorang wanita, detail karya Evy Susanti yang ditampilkan kali ini didominasi oleh warna silver, cream, gold dan kuning mustard yang dipertegas dengan warna hitam.

Suasana deburan ombak yang beriring menyapa lembutnya pasir pantai dengan segala kehidupannya disertai hembusan angin dan cerahnya mentari serta awan pantai akan menjadi ciri kuat desain Evy Susanti kali ini. Untuk memperkuat nuansa dinamis pantai, maka busana juga dipercantik dengan sentuhan aplikasi yang cantik dan manik-manik yang memberi kesan lebih elegan.

6. Si.Se.Sa

Inspirasi modest fashion yang terakhir datang dari brand Si.Se.Sa yang identik dengan busana syar’i ready to wear yang deluxe. Si.Se.Sa yang merupakan salah satu anggota Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD) menampilkan koleksi yang diberi judul “Trattoria”. Trattoria adalah istilah untuk restaurant Italia yang berkonseo casual, dengan nuansa rumahan yang sederhana. Hal itu yang memberikan inspirasi dalam koleksi Si.Se.Sa kali ini. Memberikan sentuhan warna pastel khas Si.Se.Sa yaitu warna dusty pink, duty brown, khaki, dan peach. Namun dengan diberikan sentuhan warna pastel yang agak terang dengan padanan warna light yellow.

Dengan menampilkan 10 koleksi ciri khas desain syar’i yang terdiri dari satu set: dress dan khimar. Siluet dress selalu flare clock supaya tidak membentuk tubuh. 10 set rancangan busana muslin ready to wear dengan konsep feminine, sophisticated dan deluxe dengan perpaduan fabric chiffon, crepe dan jersey. Serta kombinasi tulle embroidery polkadot dan lace atau renda. Untuk koleksi ini Si.Se.Sa memberikan strong point pada layering, drape dan plated.

Sumber: Moslema

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.