Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang (https://potensijateng.com)

Kampung Batik Semarang terletak di di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Semarang. Anda bisa mengunjungi kampung ini mulai dari pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Kampung ini terletak tak jauh dari Kota Lama dan Pasar Johar. Untuk arah menuju lokasi ini dari bundaran Bubakan menuju arah Jalan Patimura atau Jalan Dr. Cipto. Sebelum hotel Djelita terdapat Gapura Besar dengan plang bertuliskan Jl. Batik. Lokasi Kampung Batik Semarang berada di gang tersebut.

Baca juga: Kampung Batik Laweyan Solo Jawa Tengah

Warga Kampung Batik Tengah saat membuat mural tentang sejarah Kota Semarang bertajuk Adeging Kutha Semarang (https://www.solopos.com)

Memasuki gang Kampung Batik, di dinding penuh gambar Mural sepanjang 46 meter yang menceritakan sejarah berdirinya Kota Semarang atau Adeging Kutha Semarang.

Lukisan bernuansa wayang geber yang mengambil tema Adeging Kutha Semarang itu menceritakan kondisi Semarang mulai saat masih berwujud pulau-pulau pada abad ke-14 atau saat masih menjadi kekuasaan Kerajaan Mataram Kuno, kedatangan pelaut asal Tiongkok Laksamana Ceng Ho yang mendirikan Kelenteng Sam Po Kong, hingga masa perjuangan kemerdekaan.

Kampung Batik Semarang (https://myimage.id)

Baca juga: Batik Semarang

Sejarah

Sejarah panjang dari Kampung Batik Semarang dengan produk hasil batik semarangan mengalami masa pasang surut. Pada masa penjajahan, Kampung Batik Semarang mengalami kejayaan sampai pada tahun 1942 pada masa penjajahan Jepang, Kampung Batik Semarang mengalami kebakaran hebat yang menghabiskan lokasi. Sejak peristiwa tersebut, Kampung Batik Semarang seolah tenggelam dan tidak ada lagi. Hingga pada tahun 1980 berusaha dibangkitkan kembali oleh masyarakat sekitar. Tetapi masa kebangkitan tersebut tidak bertahan lama dan tenggelam kembali dengan berbagai masalah yang datang. Sampai pada tahun 2006, Kampung Batik Semarang dibangkitkan dan dikembangkan lagi. Hasilnya cukup memuaskan dan bertahan sampai sekarang. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah daerah lewat Dewan Kerajinan Nasional Daerah yang memberikan pelatihan membatik dan sosialisasi batik semarangan.

Produk Kampung Batik Semarang (https://myimage.id)

Di kampung kecil ini terdapat banyak sekali pengrajin batik yang membuka tokonya di rumah mereka. Kampung Batik Semarang ini juga sudah dicanangkan sebagai kawasan wisata oleh pemerintah Semarang. Jadi bagi wisatawan lokal maupun internasional bisa berkunjung ke kampung ini.

Kegiatan

Selain berbelanja, bisa lakukan aktivitas seru lain seperti mengikuti kelas membatik. Lumayan kan pulang liburan bisa menghasilkan sebuah karya yang bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan. Juga  berwisata selfie sepuasnya di mural batik dengan desain yang sangat artistik.

2 thoughts on “Kampung Batik Semarang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.