Tahura Pocut Meurah Intan Aceh

Tahura Pocut Meurah Intan (https://pesonapariwisataindonesia.blogspot.co.id)

Tahura (Taman Hutan Raya) Pocut Meurah Intan (Cut Nyak Dien) terletak di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Pidie, atau tepatnya di Jl. Lintas Banda Aceh – Medan, Km.77, Saree, Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Aceh.

Tahura Pocut Meurah Intan terletak di gugusan kawasan hutan Seulawah Agam, berjarak 70 kilometer dari Kota Banda Aceh, dengan luas 6.300 ha.

Tahura Pocut Meurah Intan (https://pesonapariwisataindonesia.blogspot.co.id)

Keadaan topografi Tahura Pocut, umumnya berbukit-bukit, sebagian kecil adalah dataran rendah dengan status sebagai hutan negara dengan ketinggian 0 sampai 40 meter di atas permukaan laut (DPL) dan berada di kaki Gunung Seulawah Agam.

Menurut klasifikasi iklim Schmidt dan Ferguson, Tahura Pocut Meurah Intan termasuk dalam tipe iklim B dan C. Hasil pencatatan rata-rata curah hujan pertahun sebesar 67-101 hari. Curah hujan berkisar antara 1.750-2.000 mili meter pertahun. Temperatur udara rata-rata minimum 22°C dan maksimum 30°C. Kelembaban rata-rata 92,7 persen pertahun dan tekanan udara rata-rata 1.212,1 MB pertahun atau 1010,1 MB perbulan.

Sejarah

Mempunyai sejarah panjang sebelum ditetapkan menjadi Tahura. Sejak tahun 1930 kawasan Seulawah Agam telah ditetapkan menjadi kawasan hutan. Pada tahun 1990 Pemda Daerah Istimewa Aceh, melalui SK Gubernur Kepala D.I. Aceh No. 522.51/442/1990 tanggal 4 September 1990 membentuk Tim Taman Hutan Raya Seulawah. Luas peruntukannya mencapai 25.000 hektar, dari luas tersebut akan dipilih 10.000 hektar yang dianggap layak dan dapat mewakili keanekaragaman potensi flora, fauna maupun potensi fisik lainnya yang ada. Ternyata dari luas yang diperkirakan awal 10.000 ha, hanya 6.300 ha yang ditetapkan sebagai luas areal Tahura, dan nama Tahura Seulawah kemudian ditetapkan menjadi Tahura Pocut Meurah Intan.

Flora

Tahura Pocut menyimpan berbagai jenis flora yang didominasi kayu Pinus (Pinus mercusii) dan Akasia (Acasia auriculiformis) seluas 250 Ha, dan padang alang-alang yang luasnya 5.000 hektar atau 20 persen yang diselingi hutan-hutan muda. Penyebaran jenis-jenis flora ini hampir merata di semua kawasan, mulai hutan pantai, hutan dataran rendah hingga hutan dataran tinggi.

Fauna

Sedangkan jenis fauna antara lain Rusa (Cervus unicolor), Babi (Sus Scrofa), Landak (Hystrik brachyura), Kancil, Kera ekor panjang, Burung sri gunting, Burung sempala, Ayam hutan, dan Lutung. Di samping itu dijumpai juga jenis mamalia besar di antaranya Gajah (Elephas maximus). Penyebaran jenis fauna hampir merata di seluruh kawasan.

Potensi Wisata Alam

Air terjun di Tahura Pocut (https://aceh.net)

Alamnya yang potensial sebagai tempat wisata karena didapati sejumlah obyek alam menarik, seperti air terjun berair panas, sumber air panas, kawah ie juk, kawah belerang, tempat mengasin satwa, kubangan gajah, rumah, kolam, saluran pembagi air, bendungan tua peninggalan Belanda, mata air, lembah Mon Jasa Ma, Makan Tgk. Lamcut, Mesjid Tgk. Keumuruh, tebing batu bersusun, lintasan gajah, lantai gunung berbatu, alur besar berbatu, gunung gajah, batu monyet, tempat bermain.

Fasilitas

Rumah pohon (https://www.tempat.co.id)

Fasilitas yang terdapat pada Tahura Pocut Meurah Intan ini tergolong cukup lengkap, telah tersedia pos penjagaan dengan petugas polisi hutan yang siap mendampingi wisatawan untuk menyusuri hutan. Selain itu, juga terdapat toilet, serta lahan parkir cukup luas tak jauh dari pos penjagaan tersebut.

Di taman hutan raya ini juga disediakan wahana outbond yang bisa digunakan oleh wisatawan. Wahana tersebut seperti flying fox, serta jembatan tambang. Letak dari wahana tersebut bersebelahan dengan rumah pohon di hutan pinus.

Didalam hutan pinus juga terdapat taman kecil yang dhiasi gazebo-gazebo unik dengan tempat duduk. Taman kecil ini juga memiliki wahana bermain anak-anak seperti ayunan dan prosotan. Jika wisatawan lapar atau haus, bisa memesan makanan di café yang terdapat di taman tersebut.

Informasi lebih lanjut hubungi

Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) DLHK ACEH
Jl. Jend. Sudirman No. 21, Banda Aceh 23239
Telp. (62) 651 42277 – 44180, Fax. (62) 651 43628

Follow me!

One thought on “Tahura Pocut Meurah Intan Aceh

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.