5 Spot Snorkeling di Indonesia

Elok panorama Indonesia memang terdiri dari banyak, begitu banyak, lanskap. Tapi, satu yang tak pernah gagal memukau hampir tiap pasang mata adalah pesisir dengan kontras biru laut menawan hingga ke batas cakrawala. Selain bersantai di tepian, snorkeling pun jadi pilihan tak sedikit pelancong untuk menghabiskan waktu berlibur di bahari Negeri Khatulistiwa.

Saking elok, kamu tentu juga sudah sangat menyadari kalau wisata bahari di negara 34 provinsi ini tak hanya dinikmati traveler dalam negeri. Dengan jumlah yang terus meningkat setiap tahun, wisatawan mancanegara pun turut menyambangi Indonesia dan melihat sendiri betapa pesisir di wilayah tetangga Singapura ini begitu memukau.

Soal snorkeling, Indonesia punya begitu banyak titik menarik untuk disambangi. Saking berlebih, kamu yang warga dalam negeri saja mungkin bingung hendak pergi ke mana dulu. Seleksi bisa dilakukan dengan banyak cara memang, namun bagaimana kalau kali ini kamu mempertimbangkan beberapa spot snorkeling langganan travel blogger dunia?

Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat, Papua. Ah, pulau di lepas pantai Sorong ini seperti haram keluar dari list. Selain pemandangan pulau-pulau kecil serupa gunung karang terkungkung laut bergaradasi memukau, panorama bawah lautnya pun demikian menawan. Matthew Kepnes a.k.a. Nomadic Matt saja dengan gamblangnya bercerita betapa pengalaman snorkeling di Raja Ampat tak seperti wilayah lain manapun di Bumi.

Taman Nasional Kepulauan Komodo, NTT

Taman Nasional Kepulauan Komodo, NTT. Jauh dari monoton, spot snorkeling di sini punya pemandangan berbeda satu sama lain. Pada beberapa titik, kamu bisa temui bentang horizontal koral sepanjang mata memandang dengan ragam warna dan ukuran, tapi di sudut berbeda malah temui ‘dinding’ karang begitu megah. Masih Matthew, ia sangat menikmati jelajah taman nasional di lepas pesisir Labuan Bajo tersebut.

Nusa Penida, Bali

Nusa Penida, Bali. Ketimbang wilayah lain di Indonesia, Bali adalah yang paling familiar bagi wisatawan mancanegara. Tak hanya island tour, kamu juga bisa snorkeling di beberapa titik di sini. Salah satu travel blogger dunia, Marcos, merekomendasikan Nusa Penida sebagai tujuan berlibur bagi kamu yang ingin snorkeling di Pulau Dewata.

Lombol, NTB

Lombok, NTB. Awalnya, kunjungan ke Lombok boleh jadi hanyalah aksi melarikan diri dari Bali yang sudah terlalu padat turis. Namun, lama-kelamaan, pulau di wilayah Nusa Tenggara Barat ini menawarkan pesona tersendiri, salah satunya dengan titik-titik snorkeling di sekitar pulau. Kiersten, empunya blog theblondeabroad.com, terlihat sangat menikmati kunjungannya ke sini.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tempat ini disebut-sebut sebagai wilayah di mana bentang koral akan tampak sampai batas pandang. Begitu luas, begitu jauh, wajar bila ia masuk dalam salah satu spot snorkeling langganan travel blogger dunia di Indonesia. Sebelum ramai di antara pelancong dalam negeri, tempat ini sudah jadi incaran banyak turis asing.

Sumber: Bintang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.