Mengintip Ratusan Model Kebaya di Festival Kebaya Banyuwangi

Mengunjungi Festival Kebaya Banyuwangi di hari kedua, Sabtu (22/4/2017), pengunjung bisa melihat ragam seni yang menarik. Tak hanya lenggak lenggok ratusan model yang memperagakan desain kebaya, pengunjung bisa melihat art installation yang memamerkan ratusan desain busana kebaya yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Tawangalun Banyuwangi.

Pantauan Wolipop, di pameran ini ratusan desain busana kebaya ditampilkan atraktif dalam balutan seni kontemporer yang unik. Pameran ini seolah menunjukkan jika kebaya mampu tampil sebagai busana yang mengikuti perkembangan mode dunia tanpa kehilangan identitas tradisionalnya.

Art Installation terbagi dalam dua booth yang terdiri atas busana kebaya kasual dan busana kebaya pesta. Di bagian kasual, kebaya tampil dengan desain dan warna-warna yang sudah menjadi pakem. Seperti putih, hitam dan krem, sampai desain muda dan modern dengan warna-warna yang cerah enerjik.

Di bagian Pesta, kebaya didominasi desain yang mewah, meski terkesan glamor namun tidak menyilaukan mata. Ada juga lembaran kain-kain bermotif indah yang ikut dipajang.

Art installation semakin lengkap menghadirkan cita rasa seni yang utuh dengan kehadiran ornamen unik yang ditampilkan. Seperti buah kelapa, padi, lesung, caping, kurungan ayam hingga payung-payung yang bergelantungan.

Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan, di Festival Kebaya ini semua elemen tersaji lengkap. Selain fashion show, kompetisi kebaya, workshop bagi desainer lokal, art installation juga menjadi bagian penting yang perlu dimunculkan. Pameran seni ini menjadi sebuah etalase sekaligus role model dari berbagai rancangan kebaya yang memiliki banyak fungsi.

“Lewat art installation kami ingin menunjukkan kalau dalam kebaya itu semua layer ada, mulai baju sehari-hari, semi formal sampai buat pesta. Kita tampilkan sebagai bentuk seni kontemporer sebagai bukti bahwa sebuah pakaian tradisional juga mampu mengikuti perkembangan mode dunia,” kata Ali saat ditemui di GOR Tawangalun Banyuwangi, Sabtu (22/4/2017).

Festival Kebaya Banyuwangi berlangsung selama dua hari, yang dilangsungkan di bandara hijau Blimbingsari dan GOR tawangalun. Sebanyak 100 desainer menampilkan 200 rancangan busana kebaya dalam Fashion Show yang berlangsung di GOR Tawangalun, Sabtu malam. Sehari sebelumnya, telah digelar “Fashion In Style”, kompetisi fashion yang menampilkan karya busana kebaya hasil rancangan desainer lokal.

Sumber: Detik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.