Museum Karo Lingga Kabupaten Karo Sumatera Utara

Museum Karo Lingga berupa Rumah Adat Batak Karo (https://pecintawisata.wordpress.com)

Museum Karo Lingga terletak di Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo (depan gereja Katholik St. Petrus Lingga), Sumatera Utara.

Lingga merupakan perkampungan Batak Karo yang unik, memiliki rumah-rumah adat yang diperkirakan berumur 250 tahun, tetapi kondisinya masih kokoh. Rumah tersebut dihuni oleh 6-8 keluarga yang masih memiliki hubungan kekerabatan. Rumah adat Karo ini tidak memiliki ruangan yang dipisahkan oleh pembatas berupa dinding kayu atau lainnya.

Museum Karo Lingga (https://www.medanwisata.com)

Museum Karo Lingga didirikan pada tahun 1977 atas prakarsa G.H. Mantik, Pangkowilhan Kodam II Bukit Barisan pada waktu itu. Museum ini resmi dibuka pada 6 Juni 1989 dan dikelola oleh Yayasan Museum Karo Lingga.

Koleksi

Koleksi Museum Karo Lingga (https://djangki.wordpress.com)

Koleksi museum berjumlah 206 buah, terdiri atas berbagai jenis uis kain tenun khas Karo, gundala-gundala (topeng Karo), mata uang, peralatan dapur, peralatan pertanian, peralatan musik, peralatan berburu, peralatan upacara adat, dan peralatan pengobatan. Semuanya menggambarkan berbagai perlengkapan hidup yang dulu sering dipakai orang Karo dalam kehidupan sehari-hari.

Informasi lebih lanjut hubungi

Museum Huta Bolon Simanindo
Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo (depan gereja Katholik St. Petrus Lingga), Sumatera Utara
Jam buka : Senin – Sabtu : 09.00 – 16.00, Minggu : Tutup
Harga tiket masuk : Sukarela

One thought on “Museum Karo Lingga Kabupaten Karo Sumatera Utara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.