Wisata Belanja di Kota Tangerang Banten

“Tangerang” dulu dikenal dengan sebutan “Tanggeran” yang berasal dari bahasa Sunda yaitu Tengger dan Perang. Kata “Tengger” sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti “tanda” yaitu berupa tugu yang didirikan sebagai tanda batas wilayah kekuasaan Banten dan VOC sekitar pertengahan abad 17.

Sedangkan istilah “Perang” menunjukkan pengertian bahwa daerah Tangerang dalam perjalanan sejarahnya merupakan medan perang antara Kasultanan Banten dengan tentara VOC. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan benteng pertahanan Kasultanan Banten di sebelah barat Cisadane dan benteng pertahanan VOC di sebelah Timur Cisadane.

Konveksi Busana Batik

Konveksi busana batik yang ada di Kampung Gang Ambon, Kelurahan Nerotog, Kecamatan Pinang, Kotamadya Tangerang, yang setiap harinya bisa memproduksi ribuan kemeja batik dan busana batik wanita.

Kampung Konveksi ini bisa didatangi dengan menyusuri Jl. KH Hasyim Ashari, lalu memblok ke Gang Ambon ini, tumbuh belasan rumahtangga koveksi batik. Di jajaran rumah berdesain modern, di antaranya berlantai dua, di sini pusat penjualan kemeja dan busana batik. Salah-satu pusat konveksi batik itu adalah yang dikelola Darsono, yang rumahnya tepat berada di tepian jalan lingkungan kampung itu.

Kerajinan Tikar Pandan

Seorang pengrajin sedang bekerja (https://kewirausahaanberbasisteknologi.wordpress.com/)

Pengrajin Tikar Pandan berada di wilayah perkampungan Sumur Setapak, Kelurahan Pakojan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Alas berbahan daun pandan  yang dikeringkan itu merupakan hasil kerajinan warga setempat.

Warga pengrajin terutama menyebar di lingkungan wilayah RT 01/01 yang memproduksi tikar pandannya di rumah masing-masing sambil mengisi waktu senggang mereka.

CV. Mebel Berkah

Mebel Berkah, milik H. Sandirin dengan workshopnya di Jl. Pengadilan Raya, Komplek Pengayoman, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, bergerak dalam industri Furnitur Perabot, Perabot Hotel, Dekorasi Rumah, Kursi, Kursi Tamu, Lemari Pakaian, Kursi Makan, Kitchen Set, Dipan.

Harga furniturenya kini dengan beragam model dibandrol Rp 7 juta-Rp 15 juta. Harga ini sesuai dengan penggunaan bahan yang terjamin dengan kombinasi kayu jati dan multiplex.

CV. Mebel Berkah
Jl. Pengadilan Raya Blok A No. 1 Blk. Kantor Pengadilan Negeri – Komplek Pengayoman, Kota Tangerang
Telp.: (6221) 553 4174
Mobile: +62813 8313 0800
Website: http://www.mebelberkah.com

Kerajinan Dewi Sambi Tenun

Produk Kerajinan Dewi Sambi Tenun

Dewi Sambi Tenun juga merupakan salah satu usaha kerajinan binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Pemkot Tangerang yang kerap diikutkan pada event pameran mewakili Kota Tangerang.  Usaha kerajinan yang memiliki showroom di Jl. Taman Asri Lama No. 1 Cipadu Jaya, Ciledug, Kota Tangerang, ini juga menerima pemesanan aneka ragam kerajinan dari tenun dan batik.

Barang kerajinan tersebut diantaranya berupa perlengkapan rumah tangga seperti; sarung tempat tissue, sarung tutup makanan, sarung gallon aqua, taplak meja, sprei, tempat Koran dan majalah, gorden, sarung bantal, kap lampu, dll.

Kerajinan Dewi Sambi Tenun
Jln Taman Asri Lama no.1, Cipadu Jaya, Cileduk, Kota Tangerang
Telp.: (6221) 7345 6574
Mobile: +62815 8433 1972
Website: http://dewisambi-tenun.tripod.com

Devi Acrylic

Usaha kerajinan acrylic yang tengah digeluti Devi Rahayu, berbekal keterampilan yang didapatnya melalui kursus tahun 2008, usaha rumahannya terus dikembangkan dengan inovasi-inovasi baru yang disukai pasar, dari bahan Acrylic dan Cristal, berupa Bunga, Kalung, Gelang, Bross, Keranjang dan Accessrories lain. Perkembangan usaha dengan brand mark “Devi Acrylic” ini, tidak lepas dari support dan pembinaan yang diberikan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Pemerintah Kota Tangerang.

Devi Acrylic
Jalan Untung Surapati
Perumahan Taman Buah Cimone Blok D No. 6
Kecamatan Cimone Jaya, Kota Tangerang
Telp.: (6221) 3786 7652
Fax.: (6221) 5576 5135
E-mail : deviacrylic@yahoo.com
Website: http://deviacrylic.blogspot.co.id

Kreasi Tas Resleting

Tas resleting (https://tarulagaunique.blogspot.co.id)

Aneka tas cantik dan unik yang hampir 90 % berbahan dasar sleting buatan pabrik PT Fajarindo Faliman Zipper yang berada di Jl. Faliman Jaya No. 19, Daan Mogot Km. 19, Kelurahan Jurumudi Baru-Benda, Kota Tangerang ini antaralain adalah; tas Hp, tas laptop, tas sekolah tas untuk santai, tas untuk ke pesta, tas untuk ngaji, serta beragam souvenir.

Beragam Tas Risleting (https://ceriwis.net)

PT Fajarindo Faliman Zipper
Jl. Faliman Jaya No. 19, Daan Mogot Km. 19, Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang
Telp:  (6221) 619 0016
Fax.: (6221) 5407236

Mal Alam Sutera

Mal Alam Sutera

Mal Alam Sutera terletak di Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 16, Alam Sutera, Panunggangan Timur, Pinang, Panunggangan Timur, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Mal ini dirancang oleh arsitek terkenal internasional. Mal dibangun dalam konsep modern seluas 7,8 ha dan menawarkan suasana hijau baik di dalam maupun di luar ruangan, terdiri dari perberbelanja, hiburan dan gaya hidup ke pasar kelas menengah ke atas muda dan keluarga. Dengan desain pusat perbelanjaannya yang natural dan mengesankan, akses mudah dan fasilitas pendukungnya, siap melayani daerah sekitarnya maupun dari Jakarta.

Mal Tangerang City (Tang City)

Mal Tangerang City mencakup pusat belanja, apartemen, hotel, kawasan niaga (https://photobucket.com/)

Mal Tangerang City, disingkat dengan Tang City, terletak di Jl. Jend. Sudirman No.1, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, dengan konsep ‘one shop shopping experience’ yang merupakan bagian dari Tangcity Superblock dalam luasan area 10 hektar, terdiri dari 6 lantai dengan lebih dari 1000 tenant yang telah beroperasional yakni perpaduan lease dan strata.

Metropolis Town Square (Metos)

Metropolis Town Square (https://www.flickr.com)

Metropolis Town Square, disingkat Metos terletak di jalan Hartono Raya Modern, Kelapa Indah, Kota Modern, Tangerang, Kelapa Indah, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Kota Tangerang, dengan luas 48.000 meter persegi itu mulai beroperasi sejak bulan Oktober 2003. Di dalamnya terdapat lebih dari seribu toko yang tersebar di tiga lantai. Dengan jumlah tersebut maka tidak mengherankan jika 75.000 orang selalu datang setiap pekan.

Mal Bale Kota

Mal Bale Kota (https://www.polagroup.co.id)

Mal Bale Kota terletak di Jl. Jend. Sudirman Km. 10, Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, sebagai pusat perbelanjaan dan hiburan di Tangerang  terdiri dari tiga lantai yang didedikasikan untuk pusat perbelanjaan, aula pameran dan ruang fungsi lainnya, dan area parkir berada di lantai bawah tanah. Luas total bangunan ini adalah 133,570 m2.

One thought on “Wisata Belanja di Kota Tangerang Banten

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.