Wisata Belanja di Kabupaten Serang Banten

Kabupaten Serang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten. Ibukotanya adalah Ciruas namun saat ini pusat pemerintahanya masih berada di Kota Serang, mempunyai 29 kecamatan, dengan jarak ± 70 km dari kota Jakarta, Ibukota Negara Indonesia.

Sentra Industri Tas

Pengrajin tas sedang bekerja (http://bantenfoto.com)

Sentra ini terletak di Desa Kadu Genep, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, di jalan raya antara serang dan rangkas bitung.Desa ini merupakan sentra pembuatan tas yang terkenal. Salah satu koordinator pembuat tas bernama Oji yang memiliki 500 karyawan.

Menyusuri jalan utama petir, ditengah-tengah anda akan menemukan papan sentra “Desa Kadugenep dan desa Kubangjaya Pembuatan Tas”. Dilihat dari luar kita tidak akan menemukan apa-apa selain perumahan penduduk biasa, tetapi lebih seksama lagi beberapa rumah mengerjakan kerajinan tas secara keluarga, dan lebih dalam lagi memasuki desa, anda kan menemukan beberapa pabrik rumahan pembuatan tas. Disini dihasilkan bermacam-macam tas, dari tas anak-anak sampai dewasa, yang kualitas sedang sampai dengan kualitas ekspor. Beberapa merk ternama pun dibuat disini, baik itu lisensi amerika maupun eropa, dan ada juga beberapa perusahaan besar yang mempercayakan pembuatan tas atribut perusahaan ke pengrajin disini.

Sentra Kerajinan Gerabah

Produk Gerabah Desa Bumi Jaya (https://iininayah0.blogspot.co.id)

Sentra Kerajinan Gerabah terletak di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang. Kerajinan Gerabah ini sudah terkenal hingga mancanegara. Pemasarannya untuk lokal hingga eksport.

Sentra Kerajinan Batu Fosil

Produk kerajinan Batu Fosil dari Des Parigi (https://iininayah0.blogspot.co.id)

Kerajinan Batu Fosil terletak di Desa Parigi, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang yang bahan pembuatannya dari batang pohon yang terpendam dalam tanah ratusan tahun bahkan ribuan tahun yang lalu. Kerajinan batu fosil ini banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun asing karena keindahan dan artistik.

Sentra Kerajinan Golok Ciomas

Golok Ciomas pernah tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (https://gpswisataindonesia.info)

Sentra Kerjinan Golok Ciomas, berada di Kampung Sibopong, Desa Citaman, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang.

Golok menjadi salah satu benda yang paling ditakuti, benda ini menjadi salah satu simbol jawara banten yang tidak dapat dihilangkan identitasnya terutama Ciomas.

Golok Ciomas pernah tercatat dalam Museum Rekor Indonesia sebagai golok terpanjang diIndonesia dengan panjang 7 m, lebar 40 cm dan berat 2 ton dan merupakan golok yang terbesar di dunia. Baca: Senjata Tradisional Banten

Sentra Pengrajin Batik Anyer
Kampung Kedaung, Desa Anyar, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang,

Sentra Pengrajin Batik Kaserangan
Lembaga Pelatihan Ketrampilan (LPK) Mawar Melati, Perumahan Cilegon Indah Desa Hargatani, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang

Follow me!

One thought on “Wisata Belanja di Kabupaten Serang Banten

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.