Senjata Tradisional Sulawesi Barat

Sulawesi Barat merupakan provinsi yang berasal dari pemekaran provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi ini dibentuk di tanggal 5 Oktober 2004. Ibukota Sulawesi Barat adalah Mamuju. Luas wilayah provinsi ini adalah 16,796.19 km². Beragam suku yang menempati provinsi ini yakni Suku Bugis, Mandar, Jawa, Toraja, Makassar, dan lain-lain.

Belati (Jambia)

Jambia (http://luyokita.blogspot.co.id)

Merupakan Senjata tradisional, sejenik badik. Bentuknya agak melebar pada bagian tengah bilah (seqde ‘pinggang’ samping’) dan ujungnya runcing.

Macam Jambia

Ada dua n dua jenis jambia yaitu jambia baine(prempuan)  dan jambia muane (jambia laki-laki). Dibandingkan dengan badik dari daerah lain di Sulawesi selatan, ciri jambia bisa dilihat apakah mempunyai cipiq dan bisaq. Cipiq adalah tanda pada jambia yang terbelah dua ujungnya, dan bisaq adalah tanda membelah dua bagian tondong (tengkuk) maksudnya punggung badik, dan tembus dari atas hingga ke bawah bawah.

Badik

Badik Sulawesi Barat (http://faiqah-tutorial.blogspot.co.id)

Badik Sulawesi Barat berukuran pendek, panjang matanya antara 18—20 cm dan lebar 2 cm. Badik mempunyai mata yang tebal di bagian belakangnya dan runcing di ujungnya. Hulu dan sarungnya dibuat dari kayu, tanduk, dan gading.

Keris (Gayang)

Keris (Gayang) Mandar

Di Mandar juga dikenal dua jenis keris atau gayang yaitu “gayang lekkong (keris luk) dan sapukala (keris yang bentuknya lurus). Mengenai kedua jenis keris ini, ada “ussul” yang sempat kami dengar dari warga di sana bahwa gayang lekkong (keris luk) cocoknya untuk mereka yang memiliki rambut ikal atau keriting. Sedang sapukala cocoknya untuk mereka yang berambut lurus.

Kandawulo (Parang Panjang)

Ilustrasi Kandawulo (http://sulawesi-barat.ex.web.id)

Merupakan senjata tajam yang terbuat dari besi biasa. Bentuknya relatif sederhana tanpa pernak pernik. Kegunaannya adalah sebagai alat potong atau alat tebas (terutama selak belukar) kala penggunanya keluar masuk hutan. Parang juga digunakan untuk pertanian.

 

Spread the love

Leave a Reply