Susur Sungai Maron Penuh Eksotik

Sungai Maron Pacitan (https://mywisatapacitan.blogspot.co.id)

Sungai Maron ini cukup dekat dengan lokasi Pantai Klayar, tepatnya berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jadi ketika anda berkunjung ke sungai ini, anda juga dapat sekalian berlibur ke pantai Klayar.

Sungai Maron Pacitan berujung di sebuah muara pantai Ngiroboyo. Susur sungai dilakukan dengan menyusuri sungai sepanjang 4,5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Wisatawan yang ingin melakukan susur sungai, harus berjalan 20 meter dari lokasi pembayaran tiket menuju dermaga kecil dimana perahu perahu yang digunakan untuk susur sungai bersandar.

Sungai Maron Pacitan (https://www.youtube.com)

Keeksotisan dan keindahan panorama nya, Sungai Maron mendapat julukan Green Canyon nya Pacitan dan juga “The Indonesia’s Amazon”, panorama pepohonan hijau di sisi sungai. Sungai ini jernih hingga terlihat ikan kakap merah berlalu-lalang, suasana di area sungai sangat tenang dan sejuk.

Perbandingan lokasi (https://www.vebma.com)

Ketika berkunjung ke Sungai Maron sebaiknya saat cuaca cerah. Ketika sedang hujan, air Sungai Maron menjadi keruh dan suasana menjadi kurang bagus,

Susur sungai dengan menyewa sebuah perahu yang disediakan oleh warga, akan dipandu oleh pemilik perahu sekaligus ia yang akan mengemudikan serta mengantarkan perjalanan susur sungai hingga sampai. Perahu kecil yang digunakan untuk susur sungai tersebut cukup untuk menampung hingga 6 orang.

Sungai Maron Pacitan

Aksesbilitas

Menuju lokasi (https://pacitantrip.com)

Kabupaten Pacitan berjarak kurang lebih 100 km dari kota Solo. Jika anda berangkat dari arah Solo maka keberangkatan berawal dari Jl. Raya Pacitan dengan rute sebagai berikut;

Solo => Kab. Pacitan => Kec. Pringkulu => Desa Darsono => Sungai Maron

Kondisi jalan menuju lokasi sedikit kurang bagus dan juga kondisi jalan cukup menanjak dan berkelok kelok. Untuk itu setiap wisatawan yang melintasi jalur tersebut selalu dihimbau untuk lebih berhati hati.

Biaya

Bagi wisatawan dikenakan biaya sebagai berikut:

  • Harga Tiket Masuk: Rp. 2.000 / orang
  • Harga biaya sewa perahu: Rp. 100.000 s/d Rp 150.000 (Harga tergantung pada kondisi perahu yang disewa).
  • Apabila ingin perahu nya bersandar, maka cukup menambah biaya Rp. 5.000 saja.

Note: Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

Sumber: Tabloitwisata

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.