Susur Sungai Kahayan Palangkaraya

Kapal besar untuk rute jauh (https://pesonakalteng.blogspot.co.id)

Sungai Kahayan adalah salah satu sungai terpanjang di Pulau Kalimantan. Memiliki luas mencapai 81,648 km2, panjang 600 km, lebar 500 meter dan kedalaman mencapai hingga 7 meter.

Susur sungai Kahayan (https://centralborneo.net)

Sungai yang membelah Kota Palangkaraya ini juga biasa disebut dengan sungai Biaju Besar atau sungai Dayak Besar. Sungai Kayahan memiliki bentuk yang sangat unik karena ia terlihat seperti teluk yang menjorok kedalam. Alur sungainya dalam, sendimentasi dimulut sungai menyebabkan pendangkalan dikeliling sungai. Namun, bukan hanya uniknya saja yang membuat wisata susur sungai kahayan ini menarik, melainkan pemandangan disekitar sungai serta suasana kehidupan suku Dayak yang akan direkam oleh mata anda.

Tempat Wisata

Dermaga Sungai

Membelah suasana hutan bergambut dan berlayar diatas sungai dengan air yang jernih dan terkadang berwarna coklat kehijauan khas air sungai merupakan wisata yang tidak bisa ditemukan disembarang tempat.

Pulau Kaja

Pulau Kaja konservasi Orangutan (https://www.indonesia-tourism.com)

Dalam rute ini, perjalanan susur sungai kahayan kalimantan tengah dimulai dengan suguhan pemandangan rumah-rumah apung warga disekitar sungai yang masih sangat sederhana dan berbeda dengan pemukiman di kota besar. Banyaknya kelotok-kelotok milik warga yang sedang beraktifitas juga akan menambah keeksotikan sungai Kahayan.

Pulau Kaja yang merupakan tempat konservasi orangutan Nyaru Menteng, merupakan jalur yang paling digemari oleh pengunjung.

Didalam Nyaru Menteng anda bisa melihat berbagai macam binatang khas Kalimantan seperti Macaca Fascicularis yaitu monyet abu-abu ekor panjang yang bergelantungan dan berlompatan di antara pepohonan, uwa-uwa, lutong, biawak dan juga bekantan.

Makam Keramat

Makam Keramat yang didalamnya terdapat Sapundu yaitu tiang untuk mengikat hewan kurban saat upacara tiwah (Upacara kematian) dan tempat pengumpulan tulang belulang masyarakat suku Dayak.

Dalam perjalanan susur sungai ini, anda juga bisa melihat jenis kayu khas penghuni hutan Kalimantan seperti kayu ulin, kayu balngeran

Aksesbilitas

Karena tempatnya berada di tengah kota Palangkaraya, tidak sulit untuk mencapai lokasi wisata susur sungai Kahayan ini. Bagi Anda yang merupakan wisatawan dari luar Pulau Kalimantan, perjalanan selama 30 menit dari bandara Bandara Tjilik Riwut menuju ke alun-alun kota Palangkaraya. Kemudian dari alun-alun hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja untuk sampai ketempat susur sungai.

Tarif

Untuk memasuki area wisata Susur Sungai Kahayan tidak dibutuhkan biaya alias free. Dan untuk bisa menikmati wisata sungai yang menarik ini, ada beberapa pilihan paket yang berbeda.

Paket regular yaitu menyusuri sungai selama 3-4 jam dengan jenis perahu kecil atau sering disebut dengan perahu Kelotok, pengunjung dikenakan biaya Rp. 75.000/orang. Perahu jenis ini bisa menampung hingga 20 penumpang atau dengan kapal yang berkapasitas lebih sedikit yaitu 8-9 orang dengan biaya sewa Rp. 250.000,- / satu jam.

Paket kapal besar, membutuhkan biaya yang cukup mahal, yaitu antara Rp. 10.000.000,- sampai Rp. 15.000.000,- yang memiliki fasilitas tempat tidur, restauran, kamar mandi, serta snack bar dan ruang karaoke untuk keluarga. Dengan rute perjalanan yang jauh lebih panjang dan membutuhkan waktu hingga 24 jam. Pelayanan wisata yang didapatpun sangat baik, sepadan dengan harganya. Anda akan merasakan suasana istirahat di tengah sungai dan belantara hutan Kalimantan yang merupakan paru-paru dunia. Mungkin, bisa disebut sebagai hotel berjalan disebuah sungai.

Paket lain yang disediakan antara lain Paket Wisata Memancing dengan Kapal Wisata, Paket Susur Sungai Perkampungan Suku Dayak, Paket Acara Khusus, Paket Wisata Orangutan atau Paket Adventure dengan harga yang sudah ditentukan.

Informasi lebih lanjut hubungi

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah
Jl. Cilik Riwut Km. 5, Palangka Raya, 73112
Telpon: +62 536 4210368, +62 536 3239523, +62 536 3231007
Website: http://disbudpar.kalteng.go.id

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.