Wisata Belanja di Rembang Jawa Tengah

1

Rembang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terletak diujung timur pantura dan menjadi perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sentra Kerajinan Bordir dan Konveksi

Sentra kerajinan bordir dan konveksi berada di Kecamatan Pancur dan Kecamatan Lasem. Hasil produksi batik tulis disamping dipasarkan lokal, juga telah dieksport. Baca: Wisata Belanja Batik Lasem Rembang.

Sentra Kerajinan Kuningan dan Tembaga

Miniatur sepeda (https://rembangfokus.blogspot.co.id)

Sentra pengrajin ini terletak di Desa Jolotundo, Kecamtan Lasem dan telah berkembang menjadi salah satu sentra industri strategis di Rembang. Berawal sejak tahun 90-an, industri ini telah menghasilkan berbagai jenis desain dan produksi yang beraneka ragam. Terdapat tujuh industri dengan menyerap tenaga kerja ± 150 orang dengan nilai produksi sekitar 700 juta perbulan. Kuningan Jolotundo tidak saja menembus pasar lokal,namun juga manca negara. Namun persoalannya, industri ini perkembangannya masih dibayang-bayangi industri sejenis dari Juwana Pati, sehingga perlu; penanganan khusus.

Miniatur sepeda antik diproduksi oleh pengrajin kuningan di Desa Pohlandak, Kecamatan Pancur. Dibuat dari bahan kuningan. Produk ini disamping dipasarkan lokal juga dieksport ke Jepang dan Singapura. Sedang daerah asaran lokal, antara lain Jakarta, Bali, Surabaya, dan Juana.

Sentra Kerajinan Mebel Jati

Mebel kayu jati (https://rembangfokus.blogspot.co.id)

Sentra kerajinan furnitur jati terletak di Kecamatan Rembang, Kaliori, Sumber, Lasem, dan Pamotan. Industri mebel antik ini menyerap tenaga kerja ± 3.404 orang dengan kapasitas produksi ± 71,407 stel/bulan. Diperkirakan, total aset yang berputar dalam industri ini telah mencapai berkisar 2,5 milyard lebih perbulan. Pasar dari mebel Rembang telah menembus ekspor (Asia dan Eropa), disamping pasar domestik seperti Jakarta, Bali dan Yogyakarta.

Disamping mebel antik yang merupakan kebanggaan produksi dari Kabupaten Rembang, juga terdapat usaha mebel kebun atau garden furniture yang merupakansentra industri yang mampu menyerap tenaga kerja cukup banyak, serta mampu melakukan eksport ke luar negeri, dengan tujuan negara-negara di Asia, Eropa, dan Belgia. Sedangkan sentra garden furniture terdapat di Desa Gunungsari dan Mojowarno, Kecamatan Kaliori.

Kerajinan Ukir Kayu

Sentra kerajinan ukir kayu terdapat di beberapa Kecamatan di Kabupaten Rembang, antara lain Kecamatan Rembang, Kaliori, dan Lasem. Jumlah unit usaha sebanyak 16 Pengrajin. Dari 16 pengrajin ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 340 orang, kapasitas produksi sebanyak 340 buah perbulan. Hasil produksi dipasarkan di pasar lokal, regional, nasional, dan eksport.

Sentra Kerajinan Gembol (Akar) Kayu Jati

Furnitur akar jati (https://peluangusahaterbaruku.com)

Sentra Gembol (Akar) kayu jati terdapat di Kecamatan Rembang, Kaliori, Sulang,Bulu, dan Sale. Jumlah unit usaha sebanyak 15 pengrajin dengan kapasitas produksi sebanyak ± 52 buah perbulan. Industri ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak ±72 orang. Hasil produksi dipasarkan di pasar lokal,regional, dan nasional.

Gembol kayu jati merupakan akar (gembol) sisa hasil penebangan. Gembol ini ternyata dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan baku kerajinan yang sangat unik. Bentuk dari obyek disesuaikan dengan bentuk dari gembol itu sendiri. Terkadang dapat dipahat menjadi patung naga, kadang dapat dibentuk menjadi meja yang unik, dan bentuk-bentuk lainnya.

Sentra Kerajinan Bubut Glugu

Sentra kerajinan ini berada di desa Sendangcoyo, Kecamapatan Lasem, sebanyak 10 pengrajin. Kapasitas produksi ± sebanyak 1.500 buah/bulan, serta mampu menyerap tenaga kerja sebanyak ± 50 orang. Hasil produksi telah dipasarkan secara lokal, regional, dan nasional.

Glugu merupakan kayu dari pohon kelapa. Kayu ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian warga sebagai bahan untuk atap rumah. Disamping itu dapat pula dibuat menjadi kerajinan dengan menggunakan mesin bubut.Kerajinan ini menghasilkan beberapa bentuk barang kebutuhan rumah tangga, seperti baskom, layah, dan lain-lain.

Kerajinan Kerajinan Kulit Kerang

Kerajinan kulit kerang (https://rembangkreatif.blogspot.co.id)

Sentra kerajinan ini berada di Desa Tasikagung, Kecamatan Rembang. Hasil kerang dari laut dimanfaatkan kulitnya sebagai bahan baku industri kerajinan kulit kerang. Kerajinan ini menghasilkan berbagai macam hiasan, antara lain: frame foto, korden, mebel, dan bentuk-bentuk lain. Produksi dari kulit kerang ini mampu menembus pasaran baik dalam negeri maupun luar negeri, dimana permintaanya sekarang ini cukup besar

admin

One thought on “Wisata Belanja di Rembang Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Asal Usul Nama Simalungun Sumatera Utara

Wed Feb 15 , 2017
(https://www.dongeng.web.id) Dahulu kala, Kerajaan Tanah Djawo yang terletak Kampung Nagur dipimpin oleh seorang raja yang adil dan bijaksana. Kerajaan ini bermarga Sinaga. Kerajaan Tanah Djawo berdekatan dengan kerajaan kecil lainnya, yaitu kerajaan Raya dari marga Saragih Garingging dan Kerajaan Silou dari marga Purba Tambak. Ketiga kerajaan tersebut berhubungan baik dan […]

Terjemahan

Disewakan Kamar H-1216, Apartemen Mares 2, Depok, Jawa Barat

Wisma “Putranto” Kos dekat Sekip UGM Yogyakarta

Hipertensi “The Silent Killer”

Kalung Etnik Kalimantan Selatan

Imunitas anak & Essenzo Cinnamon Bark Essential Oil