Wisata Belanja di Magelang Jawa Tengah

Kabupaten Magelang dengan ibukotanya Magelang, memiliki posisi yang strategis, karena berada di jalur utama Semarang-Yogyakarta. Kota Magelang berada di 15 km sebelah Utara Kota Mungkid, 75 km sebelah selatan Semarang, dan 43 km sebelah utara Yogyakarta.

Sentra Kerajinan Batu

Produk kerajinan batu di Kecamatan Muntilan dan Kecamatan Salam (https://jogja.tribunnews.com)

Sentra yang memproduksi kerajinan patung batu dan kerajinan ini berada di Kecamatan Muntilan dan Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, terutama di sepanjang jalan Semarang-Yogyakarta. Kita dapat melihat banyak kerajinan dari batu yang di pamerkan di sepanjang jalan tersebut. Patung-patung tersebut memiliki ukuran yang beraneka ragam. Selain memproduksi patung batu juga memproduksi alat-alat rumah tangga yang berasal dari batu seperti cobek, dan lain-lain.

Produk kerajinan batu di Dusun Gempol dan Desa Tamanagung (https://danausaha.net)

Selain pengrajin diatas, juga ditemukan di Dusun Gempol dan Desa Tamanagung, Kecamatan Tamanagung, Magelang, berkembang pesat menjadi sentra kerajinan ukir batu yang mampu menembus pasar global.

Sentra Miniatur Candi

Souvenir berbahan resin dan gips berbentuk gantungan kunci, asbak dan miniatur stupa

Sentra pengrajin miniatur candi ini berada di Kecamatan Borobudur tepatnya di desa-desa sekitar candi borobudur.

Miniatur candi sebenarnya adalah bagian dari kerajinan dari batu. Hanya saja dalam proses finishingnya lebih dipercantik dengan diberikan gip agar lebih menarik dan aman jika terjadi benturan atau jatuh.

Sentra Kerajinan Bambu

Sentra kerajinan bambu di Kabupaten Magelang terdapat di tiga kecamatan yaitu:

Sentra pengrajin bambu berada di Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Produk tampah bambu (http://www.kompasiana.com)

Desa Kebonsari adalah salah satu desa yang menjadi batas antara Kecamatan Borobudur dan Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Jarak Kebonsari hanya sekitar 6,1 km dari Candi Borobudur, bisa ditempuh selama kurang lebih 12 sampai 15 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Pulpen hias hasil produksi pengrajin pak Banjar, Kebonsari (http://www.kompasiana.com)

Produk yang dihasilkan berupa peralatan rumah tangga, kerajinan pulpen bambu dan produk kreasi lainnya.

Sentra pengrajin bambu berada di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, berupa furnitur berbahan bambu.

Produk furnitur bambu (https://beritadaerah.co.id)

Sentra pengrajin “bambu Inul atau Ulir” terletak di Desa Bojong, Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang.

Bambu ulir (Inul) polos (https://bambu-ulirku.blogspot.co.id)

Handicraft bambu inul dibuat dari batang bambu cendani (Phyllostachys aurea) yang banyak tumbuh di kawasan Jogjakarta bagian utara, dataran tinggi Merapi, Magelang, dan sekitarnya. Bambu cendani, biasa juga disebut pring cendani, memiliki batang yang berdiameter kecil, tetapi kuat dan lentur, sehingga mudah diliuk-liukkan membentuk uliran. Inilah yang memberi ide awal pada para perajin kreatif untuk membuat handicraft bambu inul.

Bambu ulir (Inul) telah dimodifikasi (https://sorotmagelang.com)

Seni Ukir Tanduk dan Kayu

Kerajinan tanduk Pucang (https://asefamani.wordpress.com)

Sentra kerajinan terletak di Desa pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, kerajinan ukir tanduk dan kayu ini mulai memperlihatkan geliat potensinya. Meski berada 11 km dari pusat kota magelang, desa pucang tetap mengembangkan kerajinan ini hingga saat ini. Tangan-tangan terampil dari para pengrajin bekerja mulai pagi hingga sore hari memahat dan mengukir tanduk kerbau. Tanduk-tanduk yang terihat biasa sebelum tersentuh oleh tangan-tangan para pengrajin ini berubah menjadi kerajinan yang berguna contohnya dirubah menjadi alat-alat rumah tangga dan pernak-pernik yang eksotis.

Kerajinan tanduk Pucang (https://www.magelangonline.com)

Kerajinan ukir tanduk dan kayu khas magelang ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1960 dan dilestarikan secara turun menurun oleh warga sekitar desa ucang hingga saat ini. Tidak mau kalah juga dengan kerajinan dari daerah lain ukir tanduk asli magelang ini pemasarannya sudah merambah keberbagai daerah terutama jawa tengah dan jawa timur. Bukan hanya pasar lokal saja kerajinan ini ternyata sudah merambah hingga pasar internasional.

Untuk harganya sendiri kerajinan ini menawarkan harga yang bervariasi, misal untuk jam dinding dari kayu dibandrol dengan harga Rp. 40rb perbuah. Tongkat kayu Rp. 15rb/buah, garuk punggung Rp. 3rb/biji, hiasan naga dari tanduk Rp.125rb/buah, tusuk konde Rp.5rb/buah, mangkok tanduk Rp. 17rb/buah.

Pasar Burung Sasana Kukilo

Pasar Burung Sasana Kukilo Magelang (https://tidares.blogspot.co.id)

Pasar ini terletak di Jalan Ikhlas, Magelang. Pasar ini dibangun di bekas Kerkhoff (makam belanda) yang ada di depan ruko-ruko di tepi bukit Tidar. Sayang Kerkhoff itu sudah musnah sejak 80-an awal.

Pasar Burung Sasana Kukilo Magelang (https://tidares.blogspot.co.id)

Suasana pasar ini akan ramai di Hari Pasaran Pahing (sering disebut – pahingan). Banyak pembeli yang berasal dari luar kota sengaja meluangkan waktu mengunjungi Pasar burung ‘Sasana Kukila’ Magelang sekedar cucimata atau bermaksud membeli binatang klangenan.

Berbagai satwa dijual disini, yang paling banyak ya burung dengan bermacam jenis. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi dan bisa di-nego sesuai situasi dan kondisi. Terkadang kita juga akan menemukan tokek, ular, biawak, kura-kura dan lain-lain binatang langka.

admin

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Grobogan Jawa Tengah

Sun Feb 12 , 2017
Kabupaten Grobogan merupakan nama sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Grobogan beribukota di Kota Purwodadi. Nama Purwodadi sendiri lebih terkenal dibandingkan dengan Kabupaten Grobogan, sehingga banyak yang mengira Purwodadi ini nama Kabupaten, padahal hanya nama sebuah kota. Sentra Dekorasi Rumah Beragam produk kerajinan dekorasi rumah (https://m.semarangpos.com) […]

Terjemahan

Disewakan Kamar H-1216, Apartemen Mares 2, Depok, Jawa Barat

Wisma “Putranto” Kos dekat Sekip UGM Yogyakarta

Hipertensi “The Silent Killer”

Kalung Etnik Kalimantan Selatan

Imunitas anak & Essenzo Cinnamon Bark Essential Oil