Museum Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara

Museum Kabupaten Deli Serdang terletak di Lubuk Pakam, Kompleks Perkantoran Pemda Deli Serdang, Sumatera Utara.

Museum Deli Serdang dibangun pada 2001 dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Peresmiannya dilaksanakan pada 12 Agustus 2003. Museum ini berstatus sebagai Unit Pelaksana Teknis Seni dan Budaya.

Museum Deli Serdang (https://backpacksejarah.blogspot.co.id)

Koleksi Museum Deli Serdang antara lain pakaian adat Melayu, Karo, dan Simalungun; alat musik; dan mata uang asing.

Museum Deli Serdang menyimpan beragam tentang sejarah dan budaya di Kabupaten Deli Serdang, melangkah masuk saja pengunjung sudah disambut pemandangan beragam baju adat.

Museum Deli Serdang (https://backpacksejarah.blogspot.co.id)

Pakaian Adat

Pakaian Adat (https://www.tribunnews.com)

Ada pakaian adat Melayu, Karo, Simalungun, Toba, Jawa dan Nias, baju-baju adat tersebut dipakai sepasang patung perempuan dan laki-laki yang dipajang dietalase kaca.

Peralatan Musik dan Peralatan Hidup

Peralatan musik dari berbagai suku yang ada di Sumatera Utara serta peralatan hidup suku-suku tersebut. Alat musik diberi pembatas agar tidak disentuh pengunjung.

Foto-foto, lukisan dan mata uang kuno

Selain itu, ada juga koleksi foto-foto tua kerajaan Deli Serdang, lukisan dari pertempuran Medan Area dan koleksi mata uang kuno.

Pencipta Tari Serampang Dua Belas dan peralatan musiknya.

Tak hanya itu, ada pula beragam benda koleksi lainnya yang dipajang di dinding ruangan, yang tidak boleh luput dari pandangan.

Gedung Baru

Museum Deli Serdang sedang dibangun (https://kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Pada 2016 Deli Serdang mendapat bantuan dana Tugas Pembantuan untuk Pembangunan Museum. Dana Tugas Pembantuan ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Museum baru yang dibangun di lahan ex Dinas Pertanian ini memiliki konsep yang diangkat dari sejarah masyarakat Melayu Deli Serdang dengan ragam budayanya.

Museum Deli Serdang sedang dibangun (https://kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Museum ini akan didesain dengan konsep itik pulang petang,­ yang merupakan konsep bentukan massa dari salah satu ornamen Melayu, yang dapat diartikan sebagai bentuk pengharapan. Bentuk desain seperti ini juga dapat memberi ruang dinamis, modern dan fleksibel.

Meski dalam proses pembangunan terdapat beberapa kendala, tetapi struktur bangunan sudah tampak berdiri kokoh. Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Deli Serdang, Faisal Arif Nasution, pada 31 Oktober 2016, pembangunan fisik Museum Deli Serdang sudah mencapai 34,00%.

Museum Deli Serdang sedang dibangun (https://kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Museum Kabupaten Deli Serdang
Kawasan Pemerintahan Deli Serdang, Jl. Medan – Tebing Tinggi, Tj. Garbus Satu, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20551, Indonesia
Telepon:+62 61 7951994

One thought on “Museum Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.