Wisata Sejarah di Cilacap Jawa Tengah

1

Benteng Pendem (https://gpswisataindonesia.info)

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang secara geografis berada paling ujung barat selatan dan berbatasan secara langsung dengan Samudera Indonesia di sebelah selatan, di sebelah barat dengan Kabupaen Ciamis Propinsi Jawa Barat, disebelah Utara dengan Kab. Banyumas dan di sebelah timur dengan Kabupaten Kebumen. Berdirinya Kabupaten Cilacap berdasarkan Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda tanggal 21 Maret 1856 Nomor 21 yang menetapkan peningkatan status Cilacap dari onder regentschap menjadi regentschap (kabupaten), sehingga setiap tanggal 21 Maret diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kabupaten Cilacap .

Benteng Karang Bolong

Pintu masuk Benteng Karang Bolong (https://bentengkarangbolong.blogspot.co.id)

Benteng Karang Bolong terletak di kaki pantai timur laut Pulau Nusakambangan yang dapat dicapai dalam waktu 20 menit dari Dermaga Wijayapura atau dengan menggunakan perahu compreng sekitar 15 menit dari Pantai Teluk Penyu. Benteng yang terletak di kawasan hutan lindung ini dengan luas 6.000 m2 memiliki 3 benteng utama dimana salah satunya adalah benteng yang bertingkat tiga yang mempunyai ruang rapat besar dan dilengkapi dengan meriam.

Benteng Karang Bolong (https://travelhunter17.blogspot.co.id)

Benteng Karang Bolong sebenarnya dibangun oleh bangsa Portugis dibangun sekitar tahun 1837 – 1855. Akan tetapi, pemerintah kolonialisme Belanda akhirnya menguasainya.

Benteng Karang Bolong (https://travelhunter17.blogspot.co.id)

Benteng yang terbuat dari bata berlepa dan keseluruhan terdiri empat lantai yaitu dua lantai berada di atas permukaan tanah sementara dua lantai berada di bawah permukaan tanah, memiliki sejumlah ruangan-ruangan, seperti barak prajurit, ruang tahanan, ruangan logistik juga dilegkapi dengan pagar tembok keliling, bastion dengan landasan meriamnya, bangunan pengintai dengan lobang-lobang penembakan, gudang amunisi serta bangunan perlindungan.

Benteng Karang Bolong (https://jalan2.com)

Fungsi benteng dengan luas sekitar 6.000 meter persegi itu sebagai basis pertahanan saat peperangan terjadi. Biasanya sebuah benteng memang berdiri di wilayah pesisir pantai. Dari Benteng Karang Bolong ini dapat diawasi jalur pelayaran di Samudera Indonesia dan jalur masuk ke Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap.

Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem (https://www.pasirpantai.com)

Benteng Pendem Cilacap (bahasa Belanda-nya, Kustbatterij op de Landtong te Cilacap) terletak di wilayah dusun Kebonjati, desa Cilacap, Kecamatan Cilacap, kabupaten Cilacap. Ketika memasuki Kota Cilacap mudah mencari lokasi Benteng Pendem, karena letaknya yang bersebelahan dengan Pantai Teluk Penyu.

 Denah Benteng Pendem (https://photobucket.com)

Benteng yang dibangun oleh Belanda antara tahun 1861-1879 ini memilki luas asli 10.5 hektare. Namun ternyata sejumlah 4 hektare diambil oleh pertamina untuk pembangunan salah satu fasilitasnya didaerah tersebut.

Baca selanjutnya, disini.

Stasiun Kereta Api

Stasiun Cilacap adalah stasiun yang di bangun pada tahun 1884 oleh perusahaan Staats Spoorwagen. Jalur ini dibangun dengan menghubungkannya dengan Stasiun Maos yang sudah lama berdiri. Faktor terbesar dibangunnya jalur ini adalah dibukanya pelabuhan besar dan satu-satunya di selatan pantai Jawa. Pelabuhan ini di bangun untuk membagi jalur eksport import barang dari Banyumas Kedu hinggga Yogyakarta yang sebelumnya sangat tergantung sekali dengan pelabuhan Semarang. Hingga pada masa itu kota Cilacap merupakan kota pelabuhan yang ramai, namun juga tidak kalah ramainya yaitu stasiun bongkar muat barang dan stasiun Cilacap dan stasiun Maos. Stasiun Maos adalah tempat persinggahan sementara kereta-kereta SS dari Jogja, Purworejo, Kebumen, Gombong dan Dayohluhur dan juga SDS dari Wonosobo, Banjarnegara, Klampok, Purbalingga, Sokaraja dan Purwokerto, sebelum kereta di perbolehkan masuk ke jalur Maos-Cilacap-Pelabuhan.

One thought on “Wisata Sejarah di Cilacap Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Sejarah di Purbalingga Jawa Tengah (Video)

Sat Dec 24 , 2016
Kota Purbalingga menjadi penanda sejarah, kelahiran panglima besar bangsa Indonesia. Jenderal Soedirman lahir dari pasangan rakyat biasa, Karsid Kartowiroji dan Siyem di Desa Bodaskarangjati, Kecamatan Rembang, Purbalingga pada 24 Januari 1916. Purbalingga yang berada di persimpangan jalan utama penghubung Purwokerto (Kabupaten Banyumas) dengan Banjarnegara maupun Purwokerto dengan Pemalang, menjadikan posisi […]