Wisata Sejarah di Banjarnegara Jawa Tengah

Kabupaten Banjarnegara adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, dengan ibukotanya Banjarnegara. Berbatasan dengan Kabupaten Wonosobo di sebelah timur, Kabupaten Kebumen di sebelah selatan, Kabupaten Banyumas di sebelah barat, serta Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di sebelah utara.

Salah satu daerah tujuan wisata andalan Banjarnegara, yakni Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng yang berada pada ketinggian rata-rata 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Stasiun Kereta Api Banjarnegara

Stasiun Kereta Api Banjarnegara (https://adigunaku.blogspot.co.id)

Stasiun Banjarnegara terletak di Kecamatan Banjarnegara. Stasiun ini dibangun pada tahun 1917. Sejak ditutupnya jalur Purwokerto-Wonosobo pada tahun 1970, praktis semua stasiun di jalur ini dimatikan termasuk stasiun ini. Dulu saat masih aktif stasiun ini adalah stasiun besar. Stasiun ini dulu mempunyai sekitar 4-5 jalur kereta api. Stasiun ini dulu merupakan stasiun kelas I, sama seperti Stasiun Wonosobo.

Stasiun Kereta Api Banjarnegara (https://adigunaku.blogspot.co.id)

Sekarang, bekas stasiun Banjarnegara ini disewa dan digunakan sebagai toko bangunan.

Kantor Pos Klampok

Kantor Pos Klampok (https://www.banjoemas.com)

Kantor Pos yang terletak di Desa Klampok, Kecamatan Purworejo Klampok merupakan Bangunan peninggalan Kolonial Belanda yang sekarang ini digunakan sebagai Kantor Pos dan Giro. Dibangun sekitar tahun 1908. Keadaan saat ini, terawat baik.

Monumen hasil Perjanjian Renville

Merupakan suatu Monumen Wilayah Batas Pendudukan Belanda dan RI dari Hasil Perjanjian Renville yang berlokasi di Ds. Joho Mantrianom, Kec. Bawang. Monumen ini dibangun untuk memperingati salah satu peristiwa penting yaitu Perjanjian Renville. Perjanjian Renville merupakakan usaha Pemerintah Belanda untuk memecah belah bangsa Indonesia. Pada salah satu sisi monumen terdapat lempengan marmer yang bertuliskan  “ Batas Status Quo RI dan Belanda dalam Perundingan di Kapal Renville Tanggal 17 – 1 – 1948 antara Daerah Belanda dan Daerah RI “.

One thought on “Wisata Sejarah di Banjarnegara Jawa Tengah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.