Tarian Tradisional Karawang Jawa Barat

1

soja Tari Soja khas Karawang (http://www.disparbud.jabarprov.go.id)

Kabupaten Karawang memiliki cukup banyak warisan dan kearifan seni budaya yang telah menjadi ciri khas budaya sendiri, diantaranya seni tari tradisional. Namun demikian, seiring dengan era globalisasi dan perkembangan zaman, kondisi warisan dan kearifan seni budaya dirasakan semakin pudar, ini disebabkan derasnya budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Tari Jaipong Karawang

644027283_p Tari Jaipong Karawang ciptaan Abah Suwanda tahun 1970 (https://news.fajarnews.com)

Tarian yang terkenal dengan goyang, geol, dan gitek itu umumnya lebih terkenal berasal dari Bandung. Padahal Tari Jaipong berasal dari Karawang, diciptakan oleh salah seorang tokoh seniman Sunda di Karawang, abah Suwanda, pada 1970-an.

Tari Soja (Tari Ajeng), Tarian Selamat Datang

20150912_195220

Konon, tari soja atau tari ajeng digunakan menak Karawang untuk menyambut kedatangan para gegeden (pengagung) yang datang pada acara pernikahan masyarakat Karawang. Tari soja disebut pula sebagai tari mengarak pengantin.

Walaupun sudah berumur puluhan tahun, tarian ini oleh masyarakat Karawang tetap dipergunakan sebagai pelengkap pada upacara penyambutan tamu terhormat, baik di lingkungan pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, maupun masyarakat. Tari Ajeng dipakai juga pada upacara ngarak pengantin (soja).

Tari selendang atau tarian penyambutan tamu

tari-selendang Tari Selendang (https://www.youtube.com)

Tari selendang dipergunakan pada acara perhelatan atau penyambutan hari-hari besar,

Tari barudak atau tarian kreasi pergaulan

Tarian barudak ini menggambarkan suasana kegembiraan para gadis sambil bersenda gurau, menunggu para orangtuanya yang sedang bekerja di sawah/ladang, serta tari mojang karawang, yaitu tarian persembahan yang dilakukan oleh sekelompok mojang Karawang. Tarian ini menggambarkan sekumpulan mojang yang sedang bergembira dan mencoba menarik perhatian para jejaka.

One thought on “Tarian Tradisional Karawang Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tarian Tradisional Ciamis Jawa Barat

Thu Sep 22 , 2016
Tari Kele (Berbagai kesenian daerah yang ada di Jawa Barat mempunyai bentuk serta ciri-ciri tersendiri sesuai dengan imajinasi dan kreatifitas masyarakat serta tidak lepas dari berbagai kelompok-kelompok tertentu sebagai pendukungnya. Beberapa faktor yang menjadi pendukung tumbuhnya kreatifitas tersebut, diantara letak geografis, pola kegiatan sehari-hari dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat. Saat […]