7 Motif Batik Untuk Upacara Pernikahan

batik-pernikahan-000 (https:// weddingku.com)

Kain batik merupakan sejenis kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan cara menorehkan malam sebagai zat perintang kemudian diberi warna dengan cara pencelupan. Setiap motif batik yang digunakan untuk mempercantik tampilan kain pasti memiliki arti dan makna sendiri, terlebih lagi untuk batik dengan motif tradisional klasik. Beberapa bahkan dianggap sangat sakral dan hanya dapat digunakan pada acara tertentu seperti upacara pernikahan.

batik-pernikahan-001 (https:// weddingku.com)

Di Yogyakarta sendiri terdapat banyak sekali macam motif batik yang hanya digunakan  pada acara prosesi pernikahan. Beberapa diantaranya yaitu berupa motif grompol, motif cakar ayam, motif truntum, motif simbar lintang, motif sida luhur, motif parang kusuma, motif sida mukti, motif semen ageng, dan motif sida asih.

batik-pernikahan-002 (https://yogyakarta.panduanwisata.id)

Meski memiliki perbedaan bentuk dan lambang yang berbeda namun secara keseluruhan motif batik tersebut secara keseluruhan memiliki pengertian dan makna yang sama, yaitu pengertian mengenai cinta, hidup dan kebahagiaan.

Motif Batik Grompol

batik-pernikahan-003 (https://www.pinterest.com)

Motif batik grompol masuk kedalam kelompok motif ceplok yang biasa digunakan pada waktu upacara siraman oleh calon pengantin, dengan harapan orang yang mengenakan kain batik tersebut, akan memiliki masa depan yang cerah, selalu mendapat rahmat, banyak rejeki, banyak anak, tentram, rukun, sejahtera, dan damai selamanya.

Motif Batik Truntum

batik-pernikahan-004 (https://lianrohima.wordpress.com)

Motif truntum digambarkan sebagai bunga. Motif batik truntum ini biasa dipakai oleh kedua orang tua mempelai pada waktu upacara midodareni dan panggih. Dengan harapan dalam hidup berkeluarga hendaknya suami istri selalu menjaga hubungan harmonis dan penuh dengan kasih sayang.

Motif Batik Cakar Ayam

batik-pernikahan-005 (https://batik-online-shop.blogspot.co.id)

Motif batik cakar ayam termasuk kedalam jenis motif ceplok yang tersusun atas titik-titik, garis putus-putus, dan variasinya yang sepintas terlihat seperti motif pada anyaman. Motif cakar ayam dalam batik melambangkan semangat hidup manusia di masa mendatang dalam mencari nafkah sendiri dan mewujudkan kesejahteraan seumur hidup.

Motif Batik Simbar Lintang

batik-pernikahan-006 (https://armendasyifa.wordpress.com)

Motif batik simbar lintang yang menggambarkan rupa angkasa pada malam hari biasa digunakan sebagai busana pengantin pria dan wanita pada upacara sepasaran. Simbar lintang sendiri mempunyai makna, agar pasangan pengantin nantinya akan senantiasa meraih anugerah yang berupa kebahagiaan, kecukupan sandang pangan, dan hidup sejahtera selamanya.

Motif Batik Parang Kusuma

batik-pernikahan-007 (https://baltyra.com)

Motif batik parang kusuma secara keseluruhan tersusun menurut garis diagonal, motif api atau motif parang posisinya bertolak belakang dengan motif mlinjon yang berbentuk segi empat belah ketupat. Motif batik parang kusuma semula hanya dipakai untuk malam selikuran oleh para putra-putri, namun sekarang telah menjadi busana untuk pengantin. Motif batik ini dapat dijumpai pada busana pengantin kasatrian ageng.

Motif Batik Sida Luhur

batik-pernikahan-008 (http://batikindonesia.com)

Motif batik sida luhur yang menggambarkan proses hidup ketika hidup di dunia. Sida luhur berasal dari kata sida dan luhur dapat dikategorikan kedalam motif semen. Pola batik sida luhur terdiri dari motif pohon hayat, meru, burung, tumbuhan dan garuda bersayap satu. Motif batik ini umumnya digunakan oleh pengantin dan juga kedua orang tua mempelai pada saat upacara panggih.

Motif Batik Sida Mukti

batik-pernikahan-009 (https://batikterbaruku.biz)

Motif batik sida mukti yang termasuk ke dalam golongan motif semen biasa digunakan oleh pasangan pengantin pada waktu upacara panggih. Secara menyeluruh motif ini sebagai simbolisasi yang mengandung harapan bahwa si pengantin nantinya dapat hidup bahagia, makmur sentosa, mempunyai sifat pemurah terutama kepada orang yang dipimpinnya, tabah dalam menghadapi berbagai cobaan kehidupan.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Memilih Kain Mori Batik

Mon Sep 12 , 2016
Kain mori merupakan sejenis kain berwarna putih polos yang memiliki ketebalan, kehalusan, dan kerapatan yang sempurna sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk membatik. Kain mori yang biasa disebut sebagai kain cambric ini termasuk kedalam jenis kain tenun benang kapas hasil olahan pabrik yang dibuat dengan teknik anyaman polos dan diputihkan. […]