Wisata Belanja di Majalengka Jawa Barat

2

Pada mulanya, Kabupaten Majalengka bernama Kabupaten Maja. Nama Majalengka bila diartikan dalam bahasa Jawa Kuno yaitu kata ‘Maja’ merupakan nama buah dan kata ‘Lengka’ yang berati pahit, jadi kata ‘Majalengka’ adalah nama lain dari kata Majapahit.

Kabupaten Majalengka mempunyai delapan produk komoditas unggulan yang tidak diragukan lagi kualitas dan macam produknya, yang dihasilkan dari beberapa sentra industri maupun sentra kerajinan. Sahabat GWI Indonesia Banget, yuk kita mengenal lebih jauh produk komoditas unggulan tersebut bersama.

Sentra Kerajinan Batik Majalengka

Batik Majalengka (https://atsarku.blogspot.co.id)

Lokasi industry Batik Majalengka berada di seluruh Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dengan keanekaragaman motif yang diangkat dari khasanah flora dan fauna, batik Majalengka memiliki keunikannya sendiri dibandingkan batik-batik lainnya di Nusantara. Ada empat motif batik Majalengka yang terkenal, yaitu Gedong Gincu, Lauk Ngibing, Kota Angin, dan Nyi Rambut Kasih. Amati lebih dekat dan pelajarilah filosofinya dari para pembatik sebelum Anda memutuskan batik mana yang akan Anda pilih. (Baca: Batik Majalengka)

Sentra Kerajinan Bola Sepak dan Bola Volley

Produk PT. Sinjaraga Santika Sport (https://majalengkaonline.com/)

Kerajinan ini terletak di Kecamatan Kadipaten. Produksi kerajinan industri Bola Sepak dan Bola Volley di Kabupaten Majalengka telah dipercaya sebagai bola yang digunakan FIFA dalam kejuaran dunia sepak bola.

Salah produsen Bola Sepak dan Bola Volley yaitu Triple’S (PT. Sinjaraga Santika Sport) adalah perusahaan bola sepak jahit terbesar di Indonesia yang terletak di Majalengka, Jawa Barat dan satu-satunya perusahaan bola sepak di Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan Internasional ISO 9001–2000 / SNI 19-9001-2001, Sertifikat FIFA, FIBA dan sertifikat khusus untuk masyarakat Eropa dari negara Italia CE Mark No. 0376.

Pemasaran produksi meliputi dalam dan luar negeri, antara lain Korea, Jepang, Amerika, Singapura, Timur Tengah dan Eropa, dan Brazil.

PT. Sinjaraga Santika Sport 
Jl. Liangjulang 104, Kadipaten, Majalengka, Jawa Barat
Telp.: (62) 233 661 514
Fax. : (62) 233 661 719

Sentra Kerajinan Jeans

Jeans Majalengka (https://www.besoksenin.com/)

Pengusaha konveksi Jeans di Kecamatan Cikijing tidaklah bermukim pada satu desa. Mereka menyebar di lima desa, yakni di Desa Cikijing, Desa Kasturi, Desa Cidulang, Desa Sindangpanji, dan Desa Sukamukti.

Sekitar 40 kilometer dari pusat kota ke arah selatan di Kampung Sukaraos, Desa Sukamukti, Kecamatan Cikijing terdapat hampir 60% warganya menjadi pengusaha kecil menengah konveksi jeans dan 40% warga lainnya menjadi pengrajin kerudung.

Sedang mengerjakan Jeans made in Majalengka (https://regional.kompas.com/)

Usaha Jeans yang awalnya digerakkan para penjahit muda yang merantau ke Bandung perlahan-lahan kini menjadi corak ekonomi utama di kampung tersebut. Pemodal besar dari Bandung mulai tertarik dan bekerja sama dengan perajin. Karena keterbatasan tenaga kerja ahli di Sukaraos, mereka merekrut banyak penjahit dari luar daerah, seperti dari Majenang (Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah), Banjar, dan Ciamis. Perantau itu menginap di rumah atau mess milik pengusaha konveksi.

Kehadiran pekerja dari luar daerah itu berkontribusi besar bagi percepatan Sukaraos sebagai sentra jeans. Dalam kurun satu dekade, desa itu menjadi sentra jeans skala rumahan yang jika dijumlahkan produksinya setara dengan dua atau tiga pabrik Jeans besar.

Sentra Kerajinan Rotan

Kerajinan Rotan Majalengka (https://www.griyawisata.com)

Selama ini yang dikenal sebagai sentra industri kerajinan rotan hanya di Tegalwangi Kabupaten Cirebon dan sekitarnya, akan tetapi untuk saat ini mulai banyak masyarakat di Kabupaten Majalengka yang menjadi perajin rotan.

Desa Leuwilajah, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka adalah salah satu sentra anyaman rotan yang terkenal. Di sentra ini ratusan orang menjadi perajin anyaman rotan. Dengan kerapian tinggi dan proses natural, produk kerajinan rotan asal Rajagaluh ini diminati pasar Eropa.

Sentra Kerajinan Batu Alam

Batu Alam Majalengka (https://batualama.blogspot.co.id)

Sentra Batu Alam terletak di Kecamatan Sindangwangi. Kualitas kerajinan batu alam di Kabupaten Majalengka sudah terkenal di berbagai daerah karena mutu dan kualitasnya baik serta berdaya saing dengan bentuk dan motif yang menarik. Digunakan untuk berbagai macam kebutuhan : aksesoris bangunan rumah atau gedung, perkantoran, batu nisan, prasasti dan sebagainya.

Pemasaran dari kerajinan batu alam ini selain di kawasan Majalengka juga dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan luar Kabupaten Majalengka bahkan pasaran ke Luar Negeri.

Sentra Kerajinan Genteng

Menjemur Genteng (https://btpn2015.fotokita.net)

Sentra industri Genteng terletak di Kecamatan Jatiwangi dan Sukahaji. Genteng Majalengka telah terkenal luas hingga tingkat Nasional dengan nama genteng Jatiwangi, baik motif maupun kualitasnya.

Sentra Industri Kawat Besi

Sentra ini terletak di Desa Panjalin Kidul Kecamatan Sumberjaya. Kerajinan kawat besi banyak diminati oleh konsumen baik lokal, luar kabupaten, luar propinsi bahkan luar negeri (ekspor) untuk memenuhi kebutuhan alat rumah tangga dan aksesoris rumah tangga atau perkantoran.

Sentra Kerajinan Tangan dari Bambu – Boboko

Boboko Majalengka (https://www.google.co.id)

Boboko di produksi di berberapa desa diantaranya Desa Mindi, Leuwikujang, Nanggerang, Patuanan, Trajaya, Kumbung, Leuwilaja, Rajawangi, Buniwangi, dan beberapa desa lainnya di kabupaten Majalengka.

Boboko adalah salah satu kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Kerajinan tangan ini merupakan salah satu bentuk kerajinan tangan yang bukan hanya dijadikan pajangan atau hiasan tetapi yang paling sering dimanfaatkan dari boboko ini sebagai tempat nasi, mencuci beras ketika akan dimasak dan masih banyak lagi lainnya.

2 thoughts on “Wisata Belanja di Majalengka Jawa Barat

  1. Pingback: Batik Jawa Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Sumedang Jawa Barat

Fri Aug 19 , 2016
Sepatu rajutan made in Sumedang Kebanyakan masyarakat hanya mengenal Sumedang hanya sebatas kuliner tahu, padahal banyak potensi pariwisata di Sumedang. Mengenai sejarah, potensi pariwisata serta kehidupan disana. Ada banyak pilihan destinasi wisata di Sumedang, mulai dari wisata alam, budaya, belanja sampai sejarah. Sentra Industri Batik Sumedang Batik Sumedang motif Kembang […]