Kampung Wisata Nagari Koto Hilalang Solok Sumatera Barat

75558-koto-hilalang

Kampung Wisata Nagari Koto Hilalang adalah sebuah nagari di Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Nagari ini terletak di kaki pegunungan Bukit Barisan dan berada pada dataran yang cukup tinggi dengan topografi daerah berbukit dan bertebing atau jurang. Nagari Koto Hilalang yang terletak 600-700 meter diatas permukaan laut ini dilintasi dua anak sungai, masing-masing sungai Batang Gawan dan Gawan Kaciak.

Nagari adalah pembagian wilayah administratif terendah pada sistem pemerintahan di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Nagari merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal usul dan adat istiadat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jumlah keseluruhan nagari di Sumatera Barat saat ini adalah 648 nagari, yang tersebar di 11 kabupaten yaitu, Pesisir Selatan, Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, Padang Pariaman, Tanah Datar, Agam, Limapuluh Kota, Pasaman dan Pasaman Barat.

Nagari berpenduduk 2.848 jiwa yang tersebar di lima jorong dengan luas wilayah 35,50 kilometer persegi tersebut, bahkan sudah memiliki buku monografi tentang Peraturan Nnagari (Perna) itu, yang difasilitasi Pemerintah Kecamatan Kubung, yaitu Perna No. 5 Tahun 2014 tentang Magrib Mengaji, lalu Perna No. 6 tentang Jumat Hening dan Perna No. 7 tentang Musyawarah Tungku Tigo Sajarangan (MTTS).

Wisata

Nagari Koto Hilalang memiliki begitu banyak situs-situs bersejarah. Diantaranya adalah Puncak Kode, Bukik Lasuang, Bukik Kulik Manih, Jalan Barantai yang dibuat dimasa penjajahan Belanda, Bukik Tembok, Puncak Guguak Pulau, Guguak Pasambahan dan situs-situs bersejarah lainnya. Di nagari itu terdapat Balai Adat dan 44 Rumah Gadang atau rumah adat, yang tersebar di lima jorong, yakni jorong Dalam Nagari, Simpang, Koto Tingga, Kapondong dan Muaro Busuk.

Anda dapat melihat langsung atau boleh juga ikut bersama sama dengan masyarakat setempat, melakukan aktivitas keseharian warga seperti menanam padi di sawah, membajak sawah dengan hewan ternak dan kegiatan tradisionil lainya termasuk mengikuti beragam kesenian dan budaya anak nigari serta bisa bermalam atau menginap di rumah-rumah warga termasuk di Rumah Gadang atau rumah adat.

Seni dan Budaya

Nagari Koto Hilalang, memiliki tradisi adat salingka nagari atau seni asli budaya tradisionil nagari yang masih terus dipertahankan dan dilestarikan. Diantaranya adalah tradisi Alek Gadangpesta perkawinan dengan memotong sapi, lalu Baiyo iyoatau bermusyawarah saat mencari menantu. Kemudian Manapiak Banduaatau meminang, Baiyo iyo Marocok Janang, Baiyo iyo ka Mambantaiatau Batagak Galundi, Adaik Maantakan Dagiang, Rarak maanta Paniaran, Adaik Rarak nasi Pamanggiadan tradisi anak nagari lainya yang menarik untuk disaksikan secara langsung oleh wisatawan baik lokal dan manca negara.

Di Nagari Koto Hilalang, juga terdapat beragam seni budaya asli nagari setempat yang mengesankan, seperti diantaranya kesenian randai koto hilalang talempong, tari piring, silek atau silat, qasidah rabana dan kesenian tradisional tupai janjang.

Informasi lebih lanjut hubungi

Dinas Pemuda, Olah raga, Kebudayaan dan Pariwisata
Jl. Merah Haddin Ampang Kualo, Solok.
Telp.: (62) 755 20928

atau

Kantor Bupati Solok
Komp. Perkantoran Bupati Solok
Jl. Raya Solok Padang KM. 20, Arosuka, Solok 27366
Telp. (62) 755 31333 – 31334
Website: www.solokkab.go.id 
Email: humas@solokkab.go.id

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.