Wisata Sejarah di Indramayu Jawa Barat

Indramayu terkenal dengan sebuatan kota Mangga, Mangga ini merupakan hasil bumi yang paling terkenal di Indramayu, Tak heran banyak sekali kebun kebun mangga saat kita mengunjungi Indramayu. Saking Banyaknya pohon mangga di Indramayu akhirnya indramayu mendapat julukan kota mangga. Mangga yang menjadi ciri khas dari Indramayu adalah Mangga Cengkir Selain julukanya kota mangga. Indramayu juga memiliki beberapa makanan Khas salah satunya adalah Rumbah. Rumbah ini sama seperti dengan urab, pecel atau rujak.

Pedati Kuno

Museum pedati kuno (https://www.disparbud.jabarprov.go.id)

Museum pedati kuno yang terletak di belakang Kantor Balai Desa Kaliannyar, Kecamatan Kerangkeng, Kabupaten Indramayu.

Meskipun pada awalnya berfungsi sebagai pengangkut barang biasa, nilai historis pedati kuno ini sangat berperan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia yang agraris. Saat ini, pedati tersebut dipajang di atas lahan ± 50 m² dan disimpan dalam bangunan panggung bercungkup tanpa dinding beratapkan prisma segi empat. Selain filosofi budayanya, pedati kuno ini juga menarik dari sisi fisiologinya.

Bagian-bagian Pedati Kuno

Kondisi pedati sudah sangat rusak. Panjang pedati diukur dari rangka dasar utama, sekitar 3 m hingga 5 m. Tinggi bagian dasar dari permukaan tanah adalah sekitar 80 cm. Roda pedati berdiameter 2 m dengan jari-jari sebanyak 15 buah, berporos pada sumbu roda. Sumbu roda pada tiap roda berbentuk silinder, pada kedua ujungnya berbentuk tabung. Ujung sumbu bagian sisi luar atau tempat jari-jari berporos, lebih besar bila dibandingkan dengan ujung sumbu sisi bagian dalam yang dipasangkan dengan as roda. Sumbu roda diukir pola garis memanjang.

Bagian lain yang masih tersisa utuh adalah lengan kayu yang menghubungkan pedati dengan hewan penariknya beserta kayu berbentuk lengkung yang biasa diletakan di atas bahu hewan penariknya (kolongan). Berdasarkan sisa bagian kolongan dapat diperkirakan hewan penariknya adalah satu ekor sapi atau kerbau. Pedati kuno juga dilengkapi kursi tempat duduk berlengan. Bagian lengan dan kaki kursi dihias ukiran. Beberapa bagian lain yang tersisa diukir dengan ragam hias sulur-suluran. Ragam hias demikian dipergunakan pada seluruh bagian badan pedati. Papan yang mungkin merupakan bagian muka, belakang, atau samping terdapat hiasan sulur-suluran.

Ilustrasi Pedati Kuno di Jawa Timur tahun 1880 (https://iskandar3.blogspot.co.id)

Stasiun Kereta Api Indramayu

Stasiun Kereta Api Indramayu (https://www.disparbud.jabarprov.go.id)

Stasiun kereta Api Indramayu terletak di Kampung Paoman, Kecamatan Paoman, Kabupaten Indramayu. Kereta api bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para peminatnya, dan Kota Indramayu memiliki hal ini. Di kota ini Anda akan menemukan bangunan stasiun dari jaman kolonial dengan arsitektur yang khas. Anda juga akan dapat melakukan napak tilas perkerataapian di Pulau Jawa dengan mengunjungi bangunan demi bangunan stasiun di wilayah Jawa Barat, termasuk stasiun kereta Api Indramayu. Pada awalnya, gedung stasiun ini dipergunakan sebagai stasiun bagi transit kerat api yang mengangkut rakyat dan juga hasil perkebunan tebu. Saat ini, bangunan warisan ini dimanfaatkan sebagai rumah tinggal keluarga mantan pegawai kereta api.

Gedung Asisten Residen

Gedung Asisten Residen (https://www.disparbud.jabarprov.go.id)

Dibangun menghadap Sungai Cimanuk, bangunan kolonial ini memiliki keunikan arsitektur bergaya Eropa klasik, yaitu Indishe Empijre Stijl. Dengan 4 pasang pilar bergaya Doric-nya yang khas, Anda disuguhi suatu karya arsitektur yang unik secara keseluruhan dalam balutan warna putih. Saat ini eks Gedung Asisten Residen tersebut masih difungsikan sebagai salah satu gedung militer. Bagi Anda penggemar warisan arsitektur kolonial, bangunan ini bisa menjadi daya tarik tersendiri di samping sejarahnya.

Lokasi: Desa Penganjian, Kecamatan Sindang

Mercusuar di Pulau Biawak

Mercusuar di Pulau Biawak (https://www.wovgo.com)

Saat mengunjungi pulau ini, akan disambut dengan menara mercusuar kuno yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Pulau ini mempunyai taman laut dengan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri.

Waduk Cipancuh

Waduk Cipancuh (https://www.radarcirebon.com)

Waduk Cipancuh (juga dinamai Situ Cipancuh atau Bendungan Cipancuh) adalah sebuah waduk/bendungan yang terletak di desa Situraja, Kecamatan Gantar, Indramayu, Jawa Barat. Waduk yang memiliki luas area 700 hektare ini dibangun pada tahun 1927 oleh pemerintah Hindia Belanda dan pernah mengalami rekonstruksi tanggul pada tahun 1972. Wadukan adalah sebutan yang lebih sering digunakan oleh masyarakat setempat untuk menyebut lokasi ini.

Waduk Cipancuh (https://twitter.com)

Gedung Radio Prima FM

Gedung Radio Prima FM (https://id.wikipedia.org)

Gedung ini terletak di Jalan Siliwangi, Jl. Siliwangi Km.02, Haurgeulis, Indramayu 45264

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.