Tips Membersihkan Perhiasan Emas

Ilustrasi membersihkan perhiasan emas (https://cce.890m.com)

Bila anda seorang kolektor atau pemakai perhiasan emas, jangan lupa untuk selalu rajin membersihkannya, karena perhiasan apabila tidak dirawat, maka keindahannya akan jauh berkurang.

Perhiasan yang terbuat dari emas senantiasa tampak classic, kekal, serta bercahaya saat dalam kondisi bersih. Tetapi semuanya logam pastinya akan kehilangan kilaunya lantaran sistem oksidasi dari paparan hawa serta kelembaban.

Diluar itu, lotion, keringat serta beberapa bekas sabun bisa menumpuk jadi kotoran, hingga perhiasan emas Anda tidak lagi bercahaya.

Lerak

Buah lerak (https://gpswisataindonesia.info)

Buah Lerak (Sapindus rarak) atau dikenal sebagai werek (Jawa) dan rerek (Sunda), adalah buah dari tanaman Lerak yang secara tradisional telah lama digunakan masyarakat untuk mencuci, jauh sebelum produk sabun sintetis ditemukan karena lerak mempunyai sifat yang sama dengan sabun, yaitu dapat membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian.

Lerak dikenal sebagai pembersih tradisional yang kerap dipakai mencuci batik-batik yang mahal agar warnanya tetap utuh cemerlang, jaman dahulu lerak digunakan untuk mencuci keris maupun perangkat dari bahan emas, perak maupun kuningan, kini lerak juga sering dipakai oleh pedagang perhiasan di emperan toko untuk mengkilapkan barang dagangannya sehingga nampak seperti baru.

Pohon buah Lerak (https://m.tempo.co)

Lerak masih sesuku dengan tanaman rambutan yaitu Sapindaceae, batangnya dapat mencapai tinggi 42 meter, buahnya bulat, keras berdaging gempal dan kaya air berwarna hitam pekat. Demikianlah sosok lerak, sabun tradisional yang banyak dijual di pasar untuk sekedar mencuci barang mahal.

Bersifat Sabun

Buah Lerak mengandung SAPONIN, saponin inilah yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci, dan dapat pula dimanfaatkan sebagai pembersih berbagai peralatan dapur, lantai, bahkan memandikan dan membersihkan binatan peliharaan. Kulit buah lerak dapat digunakan sebagai wajah untuk mengurangi jerawat dan kudis.Sifat kimia fisika yang dikandung lerak bertumpu pada tegangan permukaan yang lebih rendah dari air, sehingga lerak mampu menembus pori-pori pakaian dan melepaskan kotoran yang menempel tanpa paksaan bahan kimiawi seperti deterjen. Ini membuat pakaian yang dibersihkan menjadi lebih awet dan tidak mengalami perubahan.

Buih lerak juga konon lebih baik ketimbang buih sabun buatan. Daya luruh buih lerak jauh lebih lama ketimbang daya luruh buih sabun, terlebih lagi tanpa logam alkali dan soda, lerak menjadi lebih unggul karena tidak membuat pakaian kusam dan merapuhkan kain.

Pedagang perhiasan emas dan perak juga memanfaatkan keunggulan lerak ini, emas dan perak menjadi bersih dan tidak rusak. Penghitaman pada emas dan perak terutama, dapat terjadi bila menggunakan bahan pencuci sembarangan. Senyawa hidrofob dan hidrofil pada bahan pencuci sintetislah yang menyebabkan penghitaman itu. Hal ini tentu mengurangi keindahan logam mulia tersebut.

Memanfaatkan lerak untuk Hidup selaras lingkungan

Banyak keunggulan lerak yang kini diterapkan dalam pembuatan sabun organik dengan orientasi ramah lingkungan. Manusia mesti menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari alam dan harus meminimalisir kegiatan-kegiatan yang merusak keseimbangan alam serta mencemari lingkungan karena akan berdampak pada kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Deterjen dari sabun sintetis termasuk salah satu produk manusia yang dipergunakan masal (untuk mencuci, mandi, membersihkan lantai, dll) dan menjadi limbah cair rumah tangga yang merusak ekosistem sungai dan perairan lainnya. Melihat dampak penggunaan detergen yang sulit terurai oleh bakteri dan mencemari air, maka penggunaannya selayaknya dikurangi. Dengan pemanfaatan produk-produk alami yang berfungsi sama dengan detergen, maka pencemaran air bisa dihindarkan. Salah satunya dengan menggunakan lerak.

Pembersihan

Tak mesti datang ke tempat pakar perhiasan untuk bikin gelang, kalung, anting, liontin, serta cincin Anda kembali benderang. Anda dapat membersihkannya dirumah lewat cara yang simpel.

Pertama, buat larutan pembersih yang terdiri atas air hangat serta beberapa tetes lerak (secukupnya) di piring atau mangkok bersih. Rendam perhiasan emas sepanjang 15 menit, lantas gosok perlahan-lahan memakai sikat gigi bersih untuk bersihkan tiap-tiap pojok serta celah.

Sesudah dikira bersih, basuh dengan air hangat. Lap dengan kain yang lembut serta biarlah jadi kering di hawa terbuka.

Sesudah usai, perhiasan Anda bakal tampak bercahaya kembali. Jauhkan perhiasan emas dari beberapa bahan yang memiliki kandungan pemutih supaya tak beralih warna jadi hitam atau hancur.

Berbagai sumber

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tips Memilih Perhiasan Sesuai Bentuk Wajah dan Warna Kulit

Fri Jul 22 , 2016
Selain tampil mewah, perhiasan juga penting untuk menunjang penampilan secara keseluruhan. Sepotong little black dress berdesain simpel, akan tampak lengkap seketika dengan untaian kalung yang memanjang. Sementara jika mengenakan tube dress, kalung panjang dengan pendant yang besar atau choker akan membuat gaya Anda tidak terlalu ‘kosong’. Memilih perhiasan yang tepat […]