Makanan Praktis dan Sehat Bekal untuk Mendaki

b37d5-gb1_logistik_via_theathikercom  Ilustrasi perbekalan mendaki gunung (https://cadventura.com)

Mendaki merupakan aktifitas yang dikategorikan sebagai kegiatan yang berat dan membutuhkan stamina yang prima. Banyak diantara pendaki pemula kadang meremehkan atau bahkan tidak tahu atau bingung menyiapkan makanan apa yang harus dipersiapkan selama kegiatan pendakian. Tidak sedikit para pendaki hanya mengandalkan makanan instan selama berada di ketinggian.

Agar kondisi tubuh fit selama mendaki, maka kita harus menjaga asupan makanan agar energi yang kita butuhkan dapat terpenuhi dengan baik. Kita harus dapat menyiapkan santapan apa saja yang dapat dinikmati selama perlajanan. Makanan cepat saji dapat menjadi andalan untuk memenuhi energi yang terkuras selama pendakian.

Pertimbangan memilih bekal makanan

Tinggi enegi. Kebutuhan energi bisa meningkat hingga 50% dari kondisi normal ketika Anda melakukan pendakian gunung. Jadi, pertimbangkan makanan yang kandungan energinya tinggi. Jika berat atau volume makanan itu kemudian jadi persoalan, coba manfaatkan makanan dengan kepadatan energi yang tinggi seperti cokelat, kacang-kacangan, biskuit, dan lain-lain.

Mudah disiapkan. Jika Anda memasak dan hanya punya sedikit waktu serta memiliki bahan bakar, kemampuan, maupun peralatan dapur yang terbatas, Anda perlu membawa bahan makanan yang mudah diolah. Pilih yang di bawah 15 menit.

Bobot ringan. Penting bagi Anda untuk selalu membawa makanan Anda sendiri. Jika memungkinkan, pilih tipe dryfood, yang akan meringankan beban Anda.

Mudah disimpan. Jangan lupa untuk memilih makanan-makanan yang mudah dikemas dan memiliki masa kadaluarsa yang lama. Simpan makanan Anda dalam kemasan yang rapi, kokoh, namun ringkas. Jika perlu, bagi berdasarkan peruntukkan atau waktu penggunaan.

Bervariasi. Pilih makanan yang sesuai dengan selera Anda atau rekan satu tim. Bagaimana pun, makanan yang Anda pilih tak akan mempunyai nilai tinggi sebelum bisa masuk ke mulut Anda. Pilih juga makanan yang bervariasi hingga Anda tidak mengalami kebosanan saat melakukan pendakian.

Sesuaikan isi kantong. Ingat, jangan lebih besar pasak dari tiang. Sesuaikan juga makanan yang akan Anda gunakan dengan anggaran Anda. Jika memungkinkan, cari dukungan dari sponsor. Tentu saja, untuk hal ini Anda harus memberi imbal balik.

Nutrisi seimbang. Pasokan nutrisi yang seimbang akan mempertahankan performa Anda di lapangan, baik secara fisik maupun mental. Dalam perjalanan panjang, pertimbangkan untuk menggunakan multivitamin dan suplemen mineral.

64f57-gb4-jumlah-logistik-alicehikes Kalau ini jatah untuk rombongan.. 🙂 (https://cadventura.com)

Makanan Cepat Saji Praktis dan Sehat

Madu

Nutrisi-nutrisi penting banyak terkandung pada madu. Nutrisi ini dapat menjaga daya tahan tubuhmu selama menghadapi kondisi yang tidak menentu. Dengan mengkonsumsi madu maka stamina tubuh akan meningkat untuk menghadapi sulitnya medan dalam pendakianmu.

Coklat Bar

Coklat mengandung cukup kalori dan dapat mengenyangkan perut. Coklat juga mengandung senyawa phenethylamine yang bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuhmu sehingga tubuh merasa lebih tenang dan rileks. Namun jika kamu memiliki sakit maag, makan coklat tidak direkomendasikan karena coklat justru akan memancing asam lambungmu makin naik.

Keju

Keju, terutama keju asli seperti edam cheese, merupakan makanan bergizi, lezat dan serbaguna. Namun Anda perlu mencari informasi jenis keju apa yang tahan pada cuaca yang akan Anda hadapi. Keju juga sangat praktis dibawa, sehingga Anda dapat menyimpan keju yang banyak untuk cadangan makanan beberapa hari ke depan.

Roti

Berbagai macam roti terutama roti gandum sangat baik untuk konsumsi selama pendakian dengan karbohidrat dan serat yang tinggi tentu akan menjadi sajian yang cepat dalam keadaan darurat. Roti juga banyak variannya sehingga kamu dapat memilih roti apa saja yang kamu bawa sebagai bekal selama perjalanan. Roti tawar, roti isi, roti sisir dan lain-lainnya, sangat cocok untuk mengatasi perut saat keroncongan dengan cepat.

Sereal

Sereal juga mengandung karbohidrat yang cukup untuk kebutuhan energi selama mendaki. Selain karbohidrat kandungan lain sereal adalah protein, serat, lemak dan vitamin. Kamu hanya perlu menambahkan air panas maka sereal siap disantap. Sereal juga tidak banyak makan tempat untuk dibawa-bawa dan relative sangat ringan dalam penyimpanan.

Biskuit

Biskuit adalah salah satu logistik yang sangat praktis dan ringan untuk dibawa. Jika darurat sambil istirahat biskuit dapat dinikmati bersama rombongan untuk berbagi. Kini makin banyak varian biskuit yang beredar dipasaran mulai dari wafer, crackers, biskuit dengan varian rasa dan lain-lainnya.

Bubur Instan

Makanan ini juga sangat praktis, dengan diseduh air hangat dan menunggu beberapa saat maka bubur instan segera dapat dinikmati. Dengan varian rasa yang bermacam-macam tentu akan makin menggugah selera makan.

Mie instan

Ini adalah salah satu favorit para pendaki saat digunung. Selain mudah, mie instan sudah sangat familier di lidah dan di perut orang Indonesia. Hanya butuh waktu beberapa saat untuk memasaknya maka santapan rakyat Indonesia ini asyik dinikmati bersama maupun sendiri-sendiri.

Buah Segar

Bawalah buah-buahan yang praktis dimasukan ke dalam ransel seperti apel atau pir. Kurangi buah seperti pisang yang kulitnya dapat menambah beban sampah kita saat mendaki. Duduk di tebing indah sambil makan keju dan biskuit dengan irisan apel adalah cara sempurna untuk menghabiskan sore.

Buah Kering (Dried Fruit)

Dried fruit (buah kering) seperti kismis, kurma, aprikot, kiwi, dan lain-lain.

Makanan Kaleng

Makanan kaleng yang gampang dibuka tanpa menggunakan alat, seperti tuna kalengan.

Air Putih (Air Mineral)

c4fb5-gb12_minuman Mencegah dihidrasi (https://cadventura.com)

Selain perbekalan makanan, juga harus membawa minuman yang cukup untuk pendakian, agar tidak mengalami dehidrasi kita perlu mengkonsumsi air mineral dan minuman isotonic. Ini untuk mengganti ion tubuh yang hilang selama pendakian.

Minuman jahe bubuk instan

Kasiat Jahe sebagai obat sakit kepala, obat batuk, masuk angin, untuk mengobati gangguan pada saluran pencernaan, stimulansia, diuretik, rematik, menghilangkan rasa sakit, obat anti-mual dan mabuk perjalanan, karminatif (mengeluarkan gas dari perut) dan sebagai obat luar untuk mengobati gatal digigit serangga, keseleo, bengkak, serta memar.

Permen

Permen adalah makanan ringan manis yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Permen mengandung energi sebesar 8 kilokalori, karbohidrat 1,9 gram, kalsium 0,1 miligram.

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.