Kuliner Khas Lampung

1

b53b5-seruit-ikan

Kekayaan kuliner di Indonesia memang tidak terbantahkan lagi. Setiap daerah tentu memiliki kuliner menggoyang lidah yang lezat dan sehat. Kali ini kuliner lezat itu akan berasal dari Lampung. Sebagai salah satu provinsi dengan penduduk Melayu yang cukup besar di Indonesia maka kuliner Lampung tidak dapat terpisahkan dari campuran rempah-rempah yang kental dan sangat beraroma.

Seruit

b53b5-seruit-ikan Seruit (https://malahayati.ac.id)

Seruit sendiri merupakan makanan yang terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan sambar tempoyak terasi khas Lampung, atau ada yang memberi mangga. Jenis ikan yang digunakan hanya saja yang digunakan adalah ikan-ikan dari sungai besar, seperti ikan balide, ikan baung, ikan layis dan berbagai ikan lainya. Untuk menyantap seruit biasnya di tambah dengan lalapan akan lebih nikmat.

Tempoyak

56061-tempoyak2b32 Tempoyak Lampung (https://www.wisatatiga.com)

Tempoyak sudah dikenal di berbagai wilayah baik di Indonesia maupun di negeri tentangga seperti Malaysia.

Untuk pembuatanya, menyiapkan daging durian yang tidak banyak mengandung air. Durian yang dipilih diusahakan dari durian yang memiliki kualitas super dan benar-benar sudah matang agar kualitas rasa dari Tempoyak lebih nikmat. Setelah itu, memisahkan daging durian dengan bijinya dan diberikan sedikit garam. Kemudian tambahkan cabe rawit secukupnya, hal ini untuk mempercepat fermentasi dan simpanlah di tempat yang tertutup rapat dan mempunyai suhu udara yang dingin, jika perlu masukan kedalam kulkas.

Setelah 2 hingga 5 hari, untuk mengolahnya ditambah dengan ikan seperti Teri, Mujair, ikan mas dan ikan lainya. Jika dibuat sambal, kamu harus mencampurkan bawang putih dan merah, cabe halus atau yang telah dipotong-potong kecil, tambahkan sedikit gula untuk pengganti sedikit gula. Kemudian goreng sekitar 3 menit, setelah dirasa cukup, sambal Tempoyak siap dihidangkan dengan makanan lainnya.

Gulai Taboh

f7a56-gulai_taboh_lampung

Makanan ini mempunyai cita rasa yang cukup unik dan terbuat dari kacang-kacangan serta umbi-umbian. Santan yang diolah dengan campuran kacang hijau dan tanah, dan jenis kacang lainnya, kentang dan rebung. Selain itu, terdapat bahan yang akan membuatmu berasa berbeda dilidah karena terdapat juga campuran seperti daun sirih atau bahkan terasi. Perpaduan rasa manis pada ubi-ubian seperti labu dengan paduan rasa khas terasi akan menambah rasa yang beragam pada lidah kita.

Gabing

b39f9-jdncsd Gabing (https://www.wisatatiga.com)

Gabing merupakan masakan berkuah, berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Batang kelapa muda diiris hingga menyerupai lempengan kecil memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Kemudian direbus hingga lunak dan dimasukan bumbu rempah sampai tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat.

Gulai Pindang

da328-jbjhb

Pindang merupakan masakan berkuah berwarna kuning, biasanya sajikan pada mangkuk. Uniknya, Pindang khas Lampung ini mempunyai cita rasa seperti asam gurih, tidak jauh berbeda dengan Tom Yam dari Thailand. Aroma pindang tercium lebih kuat dikarenakan terdapat daun kemangi yang menjadi campuran pada kuah.

One thought on “Kuliner Khas Lampung

  1. Permisi gan, kalo ke Lampung jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh produk Lampung terbesar toko Aneka Sari Rasa nih gan, yang menjual produk-produk lampung hasil produksi sendiri seperti keripik pisang, sambal, lempok, dll. Dan dibandrol harga yang sesuai dengan kenikmatan yang agan-agan dapatkan. Aneka Sari Rasa beralamat di JL.Ikan Kakap no.26 & 28, Bandar Lampung, Depan Klenteng Teluk Betung. Telp.(0721)-5630988, fax.(0721)-5630988, WA:082388688868, IG:@anekasarirasa, email:anekasarirasa@yahoo.com, fb:aneka sari rasa, twitter:@anekasarirasa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Pelengkap dalam Berkain

Fri Jul 1 , 2016
Sebelum memakai kain agar hasilnya lebih sempurna. Ada baiknya mepersiapkan perlengkapan dibawah ini. 1. Tali atau Ikat Pinggang atau Stagen Stagen, berfungsi sebagai ikat pinggang (http://pakaianadatjawazadha.blogspot.co.id) Diperlukan untuk memperkuat posisi kain dan juga menyambung ikatan. 2. Peniti, Jarum dan Buckle Membantu posisi kain Ikat pinggang dengan Buckle  (http://pakaianadatjawazadha.blogspot.co.id) 3. Korset […]