Beda Gaya Busana Batik untuk Siang dan Malam

Batik untuk siang hari (https://batikidku.blogspot.co.id)

Busana batik telah berhasil menembus batas generasi sehingga marak terlihat dikenakan oleh anak-anak muda dan orang tua.

Para generasi muda lebih menyukai batik dengan gaya rancang busana yang modern, sedangkan orang tua memilih konsep busana batik yang lebih formal.

Tren pasar yang demikian disambut para perancang dengan merilis sejumlah karya busana batik untuk acara non-formal (siang) dan formal (malam).

Sebenarnya, adakah trik dan aturan dalam memilih busana batik untuk acara siang dan malam?

“Dari segi motif, sebenarnya tak ada, lebih ke warna dan Model busananya itu sendiri. Jadi, kalau siang, pakailah batik dengan warna terang. Bisa lebih santai digunakan dengan celana jeans,” ujar Amanda Hartanto, pemilik label busana batik Amanda Hartanto Batik, yang memiliki akun Instagram, @amandahartantobatik.

Batik untuk malam hari (https://www.behance.net)

Sementara itu, untuk acara malam yang terkesan lebih formal, Amanda menyarankan pilihan batik dengan warna sogan, seperti coklat, hitam, dan putih dengan motif yang megah, seperti motif burung.

Lalu, batik itu dapat pula ditambahkan dengan sentuhan payet untuk menambah kesan busana yang lebih glamor.

Amanda sendiri mengatakan bahwa besarnya motif batik tak memengaruhi pilihan akan batik kasual atau formal.

Pasalnya, tiap motif batik, menurut desainer lulusan ITB ini, memiliki makna yang sangat dalam dan cerita indah di dalamnya.

“Batik adalah salah satu budaya yang paling indah di Indonesia,” katanya.

Sumber: Female.kompas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.