50 Inspirasi Model Kebaya (2 dari 2)

1

Kebaya adalah sebuah blus berlengan panjang yang dipakai sebelah luar kain atau sarung yang menutupi sebagian dari badan. Panjang kebaya ini berkisar sekitar pinggul sebelah atas sampai dengan lutut. Kebaya pendek dibuat dari bahan katun yang berbunga atau polos, sutra, brocade, lame, bahan-bahan sintetis, brokat, lurik, dan organdi atau katun polos yang halus yang seluruh pinggirnya dihiasi dengan renda.

Kebaya merupakan busana asli Indonesia, siluet dari kebaya yang merupakan pengembangan baju panjang yang berasal dari China-asia. Memang ada kemiripan antara baju panjang dengan kimono di Cina dan blus orang-orang Islam di Asia Selatan dan Timur Tengah.

Salah satu jenis kebaya yang lumayan klasik adalah kebaya dengan bef atau kutubaru. Kutubaru adalah secarik kain yang menghubungkan lipatan kebaya di bagian dada. Kita mengenal sebagian besar ibu negara kita sebagai pengguna kebaya berkutubaru. Mulai dari Alm. Ibu Tien Soeharto, Ibu Ani Yudhoyono, juga Megawati Sukarnoputri.

26. Manis Minimalis

Bila ingin menonjolkan kesan manis dan minimalis coba terapkan kebaya tanpa kancing dan berwarna cerah seperti rancangan Marga Alam ini. Padukan saja kebya itu dengan bawahan ramai motif.

27. Kaya Tekstur

Ingin tampilan tradisional Anda terlihat unik namun tak berlebihan? Beri saja potongan tanpa lengan dan aplikasi ruffle pada kebaya serupa rancangan Obin ini. Padukan dengan bawahan berwarna kontras sehingga tampak semakin segar.

28. Kutu Baru Ramai Corak

Kebaya model kutu baru sedang cukup digemari saat ini. Banyak juga yang memilih kain motif floral sehingga terlihat lebih feminin. Meski sudah bercorak, tak ada salahnya untuk mengenakan bawahan yang juga ramai pola sehingga menarik perhatian seperti karya maestro kebaya Adjie Notonegoro berikut.

29. Glamour Namun Minimalis

Kebaya dari Adjie Notonegoro selanjutnya memiliki desain dan warna yang minimalis. Kebaya lengan pendek tersebut ditampilkan unik karena dihadirkan dengan potongan hem meruncing dan tanpa kancing. Adapun tambahan ikat pinggang silver yang menambah sentuhan glamour.

30. Pernikahan Emas

Pasangan pengantin sering sama-sama memilih emas sebagai warna busana pernikahan mereka agar serasi dan glamour. Jika mempelai pria memakai jas, Anda juga bisa mengenakan kebaya berpotongan modern serupa off shoulder seupa karya Anne Avantie ini.

31. Bawahan Polka dot

Menyambut 25 tahun berkarya, Anne Avantie menampilkan kebaya tak biasa. Selain kebaya pernikahan pasangan, adapun deretan kebaya yang dipadukan dengan kain polka dot. Anda pun dapat tampil unik dengan kebaya dan rok A-line polka dot.

32. Selendang & Bawahan Serasi

Kebaya tentu tetap pantas dikenakan para wanita yang berusia tidak muda. Mereka bisa mencari kebaya yang tidak terlalu transparan sehingga terlihat anggun. Aplikasikan pula bros cantik yang akan menambah sisi feminin seperti rancangan almarhum Ramli berikut.

33. Kebaya Encim

Kebaya Encim khas Betawi juga cantik dikenakan untuk menghadiri acara adat atau pernikahan. Memilih yang warnanya marun seperti karya Ghea Panggabean berikut akan membuat Anda terlihat elegan.

34. Kebaya Panjang

Kebaya panjang keluaran Zainal Songket ini pantas dikenakan untuk wanita muslimah atau yang ingin terlihat lebih elegan. Meski berpalet serba cokelat, busana itu dilengkapi dengan detail batu berwarna hijau yang kontras sehingga tak terlalu pucat.

35. Aplikasi Bunga

Floral tidak hanya bisa hadir dalam kebaya sebagai motif namun juga detail 3D. Seperti kebaya rancangan Dandy Hidayat ini yang dihiasi tempelan bunga di bagian kerah serta lengannya.

36. Kebaya Resepsi Pernikahan

Satu lagi kebaya yang bisa dijadikan inspirasi busana pernikahan, terutama resepsi. Busana Ferry Sunarto ini pantas dijadikan referensi karena terlihat megah dengan aksen draperi.

37. Kebaya Renda

Elok Regenapi berusaha mengkolaborasikan kebaya dengan gaun pernikahan ala Barat. Ia pun menghadirkan sebuah gaun dengan bagian atas serupa kebaya renda dan tidak disertakan dengan bawahan batik namun material renda serupa.

38. Karya Risty Tagor

Artis yang merambah dunia fashion Risty Tagor menawarkan referensi busana kebaya untuk wanita berhijab. Ia menambahkan kebaya putih pada gaun dominasi warna hitam.

39. Kebaya Berkerah

Kebaya tidak selalu harus ditampilkan dengan potongan dada V-neck. Anda pun dapat membuat kerah tinggi dan terbuka seperti rancangan Joko Sasongko ini. Detail itu menjadikan busana megah bak gaun Eropa.

40. Pengantin Betawi

Almarhum Ramli menawarkan referensi kebaya pernikahan untuk para pengantin Betawi. Yakni kebaya dengan aplikasi manik di bagian hem berkerah cheongsam.

41. Detail Bordir

Bagi Anda yang tidak ingin mengenakan kain tradisional sebagai bawahan bisa mengambil inspirasi dari Marga Alam. Ia menerapkan kain emas yang dihadirkan dengan bordir berwarna dan bermotif serupa pada kebaya.

42. Kebaya Polka dot

Ternyata bukan Anne Avantie saja yang pernah mengeluarkan kebaya motif polka dot. Misan Kobaya juga sempat menampilkan busana serupa. Yang berbeda, Misan menawarkannya dengan aksen jubah dan tanpa lengan.

43. Potongan Pundak Tegas

Model kebaya yang tidak biasa dihadirkan Deden Siswanto. Perancang tersebut menonjolkan potongan pundak yang tegas pada kebaya beludru berhiaskan aplikasi bunga. Sementara kain transparan dihadirkan sebagai bawahan.

44. Tanpa Kancing

Anda pun dapat bereksperimen dengan kebaya. Misalnya dengan menghadirkannya bagian leher tertutup dan tanpa kancing seperti rancangan Adjie Notonegoro ini. Sematkan detail bunga untuk membuat romantis penampilan.

45. Kebaya Bali

Para wanita di Bali juga mengenakan kebaya. Namun atasan tersebut diberi aplikasi ikat pinggang atau obi. Ketika mengenakan kebaya ala Bali pastikan pula bila bawahannya merupakan kain tenun asal Pulau Dewata itu agar serasi.

46. Lapis Transparan

Siluet kebaya diplikasikan secara berbeda oleh Dessy Natalia. Ia menjadikannya serupa dress kemudian menambahkan lapisan material transparan.

47. Kebaya Ala Gaun Pengantin

Ferry Sunarto ingin memadukan kebaya dengan gaun pernikahan internasional. Hasilnya sebuah busana anggun yang pantas dikenakan di hari bahagia untuk terlihat anggun, megah, namun memiliki sentuhan tradisional.

48. Kebaya Berkilauan

Poppy Karim kembali menerapkan manik-manik berkilauan pada kebaya beludru. Detail tersebut menjadikan kebaya berwarna gelap tersebut lebih ‘bersinar’.

49. Blouse Kebaya

Kebaya memang jarang diaplikasikan di keseharian. Blouse dengan siluet kebaya seperti milik Arie Goje ini pun bisa dijadikan inspirasinya jika ingin menampilkan sentuhan tradisional saat bepergian.

50. Berselendang

Kebaya berikut ditampilkan berpotongan peplum sehingga terlihat modern dan trendy. Kebaya merah karya Adjie Notonegoro ini juga memiliki aksen selendang yang ditempelkan di bagian pundak. Hal tersebut semakin membuat anggun penampilan.

Kembali ke halaman satu

Sumber: Walipop.detik

One thought on “50 Inspirasi Model Kebaya (2 dari 2)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Busana Muslim Si.Se.Sa Hadirkan Koleksi Tema Syar'i For Urban

Thu Mar 3 , 2016
Desain busana muslim kini semakin banyak pilihan. Sebut saja perancang mode busana muslim Merry Pramono menghadirkan keleksi terbaru second line rady to wear Si.Se.Sa. pada peragaan tunggal dengan tema Syar’i for Urban di Grand Ballroom Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan. [Foto: Mohammad Abduh/Wolipop] [Foto: Mohammad Abduh/Wolipop] Rancangan busana muslim ini berbeda […]