Wisata Belanja di Kalimantan Timur

Kalimantan timur merupakan propinsi terluas di Kalimantan, luasnya kurang lebih satu setengah pulau Jawa dan Madura. Propinsi ini berbatasan langsung dengan Malaysia, yaitu negara bagian Sabah dan Serawak.Karena sangat luasnya hingga jarang penduduknya, dengan ibukotanya Samarinda.

Sungai Mahakam melintasi Propinsi Kalimantan Timur, dengan panjang sekitar 920 kilometer, melintasi Kutai Barat, Kutai Kartanegara dan Samarinda. Di sungai ini hidup mamalia ikan tawar yang terancam punah yaitu Pesut Mahakam.

Samarinda

Pasar Seni Citra Niaga

Pasar Seni Budaya Citra Niaga (https://www.exotickaltim.com)

Pasar seni budaya Citra Niaga sangat mudah dijangkau karena terletak tepat di jantung kota Samarinda tepatnya di Jalan Niaga Utara, Samarinda, Kalimantan Timur, dengan luas lahan 2,7 hektar.

Berbagai souvenir khas Kalimantan (https://www.kutaikartanegara.com)

Berbagai oleh-oleh khas kalimantan dijajakan di sini, di antaranya sarung samarinda, manik-manik bermotif dayak, perisai, suvenir, pakaian bertemakan kalimantan dan pakaian adat, alat musik daerah, aksesori sampai barang-barang antik khas dayak banyak dijual di sini, mulai dari pedagang kaki lima, sampai toko-toko modern berbaur dengan rapi dalam satu kompleks perniagaan yang nyaman dan asri.

Disamping menjual oleh-oleh khas Kaltim, di sini juga banyak berdiri warung yang menyajikan masakan dan minuman khas kalimantan, jadi jangan khawatir, jika Anda sudah lelah berbelanja oleh-oleh di sini, bisa langsung istirahat sambil menikmati menu masakan khas kalimantan yang berjejer rapi di sepanjang pinggiran kompleks pasar seni modern Citra Niaga.

Kampung Baqa

Gang Pertenunan, Kampung Baqa (https://therymaumau.blogspot.co.id)

Kampung Baqa terletak di Kelurahan Baqa, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kelurahan ini merupakan daerah tertua di Samarinda dan merupakan cikal bakal berdirinya kota Samarinda.

ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) – https://junahmad.blogdetik.com

Setelah tiba di tempat tersebut akan disambut dengan suara-suara khas alat tenun tradisional yang bersahut-sahutan karena mayoritas warga sekitar mengisi waktu luang dengan melakukan aktifitas menenun dan dapat melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan kain tenun dengan berbagai motif khas sebelum dijadikan sarung yang telah menjadi ciri khas kota Samarinda.

Setiap penenun dapat membuat satu sarung tenun Samarinda dalam waktu seminggu dengan ukuran panjang 4 meter dan lebar sekitar 50 sentimeter, tetapi dengan motif yang sederhana dan kecil, yang dijual denganharga Rp. 150.000,- hingga Rp. 500.000,- per buah. Semakin banyak dan besar motifnya, maka semakin mahal harganya.

Kampung Masjid

Kampung Masjid (https://www.azwisata.com)

Kampung Masjid terletak di Kelurahan Masjid, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda, propinsi Kalimantan Timur. Kampung Masjid dan Kampung Baqa masih dalam satu kecamatan, adalah 2 kelurahan yang menghasilkan kerajinan kain sarung tenun ikat di Samarinda.

Kegiatan penduduknya membuat kerajinan tenun khas samarinda. Kerajinan tenun ini juga telah lama berdiri puluhan tahun yang turun temurun dari generasi ke generasi dan kerajinan tersebut dikampung masjid al- baqa terutama gang petenunan dan gang karya muharram.

Kerajinan tenun dikampung ini unik berada dirumah panggung tua yang bangunan dan atapnya terbuat kayu ulin pilihan kemudian alat petenunannya terbuat kayu pilihan yang dinamakan gedokan serta benang yang digunakan menenun terbuat dari benang sutera cina. Uniknya pewarnaan tenun sarung samarinda menggunakan warna alami yakni berasal dari kulit kayu ulin berkualitas dan bawang sehingga menghasilkan warna maupun motif yang unik menarik khas samarinda.

Kerajinan tenun sarung samarinda lambat laun terus maju pesat tidak hanya membuat tenun sarung saja, melainkan juga membuat tas jinjing, dompet, baju semi jas, rok dan kemeja dengan model yang beragam. Pengrajin tenun samarinda cukup kreatif terutama dalam pemasarannya mereka juga ikut pameran-pameran kerajinan yang diadakan pemerintah setempat sehingga produk kerajinan tenun ini dikenal dalam kawasan nusantara tetapi mancanegara.

Balikpapan

Pasar Inpres Kebun Sayur

Pasar Inpres Kebun Sayur (https://bocahpetualang.com)

Pasar inpres kebun sayur berada di bagian barat Kota Balikpapan. Pasar ini sejak puluhan tahun terkenal sebagai tempat belanja wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Balikpapan. Lapak yang terkonsentrasi dalam satu lokasi, membuat pasar inpres kebun sayur jarang sepi pengunjung. Meskipun tanpa pendingin ruangan, pasar inpres kebun sayur menjadi tempat tujuan wisata belanja dari semua strata.

Kerajinan tangan khas Kalimantan (https://www.klikbalikpapan.co)

Di pasar ini berbagai kerajinan tangan khas Kalimantan bisa didapatkan. Termasuk beragam jenis batu yang sedang tren sekarang ini. Untuk menjangkau pasar ini dari pusat kota, wisatawan dapat menggunakan Angkutan Kota dengan Nomor 5 berwarna kuning atau Nomor 6 berwarna biru.

Camilan khas Balikpapan Nusantara

Camilan khas Balikpapan di Kawasan Nusantara (https://www.klikbalikpapan.co)

Terletak di tengah Kota Balikpapan, warga Balikpapan menyebutnya kawasan Nusantara. Dulu berdiri gedung Bioskop Nusantara di kawasan ini. Secara administrasi kawasan ini masuk dalam Jalan Jenderal Ahmad Yani. Di kawasan ini lebih dominan menjajakan bahan makanan atau camilan khas Balikpapan. Kawasan ini tidak terkonsentrasi penuh seperti di pasar inpres kebun sayur. Sejumlah warung atau rumah toko (ruko) yang menjual makanan khas Balikpapan berjarak dengan warung lainnya. Untuk menjangkau kawasan ini, wisatawan dapat menggunakan jasa angkutan kota berwarna kuning dan abu-abu atau bernomor 3.

Camilan Khas Balikpapan Stal Kuda

Camilan khas Balikpapan di Kawasan Stal Kuda (https://www.klikbalikpapan.co)

Stal kuda juga sebutan untuk kawasan di Jalan Marsma Iswahyudi Kota Balikpapan. Kawasan makanan ringan stal kuda berada depan Balikpapan Super Block (BSB) sampai depan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Balikpapan. Karakteritik makanan ringan khas Balikpapan di stal kuda kurang lebih sama dengan kawasan nusantara. Di sini berderet rumah toko atau warung yang menyediakan makanan dan camilan khas Balikpapan dan Kalimantan Timur seperti amplang dan aneka kue lainnya. Dalam kawasan ini juga terdapat UKM Center, toko yang hanya menjual aneka produk oleh-oleh khas Balikpapan. Angkutan kota yang melewati kawasan ini hanya ada satu dengan nomor 8 berwarna hijau tua. Angkutan kota ini juga hanya bisa dijangkau dari terminal Balikpapan Permai.

Beruang Madu

Produk Beruang Madu (https://www.klikbalikpapan.co)

Beruang Madu adalah tempat wisata belanja yang berada dalam satu rumah toko di Jl. Ruhui Rahayu Kota Balikpapan. Nama Beruang Madu diambil dari nama satwa langka dan dilindungi di Kota Balikpapan. Toko beruang madu lebih banyak menjual produk khas Balikpapan dari bahan tekstil, seperti baju kaos dan batik khas Balikpapan. Selain itu, sejumlah kerajinan tangan khas Kalimantan seperti patung dan lainnya bisa didapatkan di toko ini. Desain kaos dan batik di toko Beruang Madu sebagian besar adalah produk asli Kota Balikpapan. Untuk menjangkau toko beruang madu, wisatawan dapat menggunakan angkutan kota bernomor 2 warna hijau muda. Angkutan kota ini dapat diakses dari terminal Balikpapan Permai.

Rumah Kreatif Balikpapan

Lampu hias dari limbah (https://beritadaerah.co.id)

Rumah Kreatif Balikpapan (RKB) terletak di Jl. Wiluyo Puspoyudho No.1 Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota. Di daerah belakang Kantor Walikota Balikpapan. RKB yang merupakan binaan Chevron Indonesia dan SKK Migas Kalimantan Sulawesi itu menjual aneka produk kerajinan tangan dari pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan industri rumah tangga di Kota Balikpapan. Selain itu, RKB membantu memasarkan produk dari warga berkebutuhan khusus di Balikpapan. Kerajinan tangan yang khas dari RKB diantaranya tas, baju dan kain batik. Angkutan kota yang bisa melalui RKB bernomor 6 dan 3.

Follow me!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.