Wisata Belanja di Jember Jawa Timur

Jember yang terletak di provinsi Jawa Timur merupakan salah satu destinasi wisata populer karena keberadaan pantai-pantai yang indah seperti Tanjung Papuma dan Watu Ulo. Selain terkenal dengan pantai-pantainya, Jember juga mendapat perhatian dunia karena gelaran Jember Fashion Festival yang spektakuler setiap tahunnya.

Pasar Tanjung

Pasar Tanjung dengan Menara Air (https://kekunaan.blogspot.co.id)

Pasar Tanjung adalah salah satu pasar rakyat yang terdapat di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pasar ini didirikan pada tahun 1973. Pasar ini merupakan pasar rakyat terbesar di Jember dengan luas sebesar 25.105 m2, yang tepatnya betempat di antara jalan-jalan berikut; sebelah selatan Jl. Trunojoyo, sebelah utara Jl. Untung Suropati, sebelah timur Jl. Dr. Wahidin, sebelah barat Jl. Samanhudi Jember.

Seperti pasar pasar tradisional pada umumnya, menjual berbagai kebutuhan bahan pokok, seperti seperti beras, sayuran, ikan , daging, susu, buah buahan dan lain sebagainya, juga ada yang menjual baju, celana, sepatu dan tas.

Menara Air

Menara Air di Pasar Tanjung Jember, foto sekitar tahun 1950 (https://achmadrizal.staff.telkomuniversity.ac.id)

Di belakang pasar Tanjung terdapat Cagar Budaya berupa Menara air, pada awalnya dikenal dengan Watertoren te Djember. Menara air ini dibangun oleh Provencial Water Leiding Bedrijf, Perusahaan Daerah Air Minum yang didirikan oleh Pemerintah Belanda (Provencial Oost Java) yang berkedudukan di Surabaya, pada tahun 1932.

Menara Air di Pasar Tanjung Jember (https://www.panoramio.com)

Kemudian pada tahun 1939 oleh Provencial Oost Java, perusahaan tersebut dijual kepada Regentschap te Djember, dan sejak tahun 1940 perusahaan tersebut berganti nama menjadi Regentschap Water Leiding Bedrijf te Djember yang menjadi cikal bakal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jember.

Kini, menara air ini bukan sekadar menyediakan air bersih kepada masyarakat melalui sistem perpipaan, melainkan juga menjadi salah satu maskot atau ikon yang ada di Kota Jember. Menara air peninggalan Belanda ini menjadi heritage yang masih meninggalkan jejak berupa bangunan menjulang tinggi yang kokoh dan khas.

Batik Rolla

Produk Batik Jember dari Batik Rolla Jember (https://plasa.kemenperin.go.id)

Batik Rolla berlokasi di Jalan Mawar No. 75, Patrang, Jember, merupakan tempat produksi Batik Jember yang memiliki banyak jenis atau motif yang bisa dijadikan pilihan. Hampir 2000 motif telah ada dan siap dijadikan pilihan. Mulai dari motif daun tembakau, kopi, cokelat, buah naga, kombinasi, dll. Dengan harga yang terjangkau. Mulai dari 70 ribu hingga 3 jutaan. Batik ini sering dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jember. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Showroom Batik Rolla (https://wiwinrizakurnia.blogspot.co.id)

Batik Rolla
Jl. Mawar 75, Jember
Telp. 0331-487026
Email irianechm@ymail.com
Website: www.batik-jember.com
Contact person : 081234921803

Batik Sumberjambe

Batik Jember produk Sumberjambe (https://www.jemberjic.com)

Batik Sumberjambe berlokasi di Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember yang terletak 45 km dari pusat kota Jember. Batik Sumberjambe terlihat hampir sama dengan batik di daerah lainnya namun motif daun tembakau dari ukuran kecil hingga ukuran besar selalu menjadi salah satu motif andalan bagi perajin batik. Motif daun tembakau ini sudah menjadi ciri khas Kabupaten Jember, yang dikenal sebagai kota tembakau.

Pabrik Cerutu Boss Image Nusantara (BIN)

Boss Image Nusantara (BIN) yang terletak di Jalan Brawijaya No. 5, Jubung, Jember, Jawa Timur. Selama ini Kabupaten Jember, Jawa Timur, lebih dikenal bukan sebagai produsen cerutu, melainkan produsen tembakau na oogst berkualitas ekspor untuk bahan baku cerutu. PT Boss Image Nusantara (BIN) mencoba menerobos persepsi itu. PT BIN mulai beroperasi 17 Maret 2013, dan memproduksi sejumlah cerutu bermerek Boss Image, antara lain BIN Corona 10S, BIN Half Corona 10S, BIN El Nino 20S, BIN La Nina 20S, BIN Corona 5S, BIN Half Corona 5S, BIN El Nino 5S, BIN La Nina 5S, dan BIN Moon Light 20S.

Cerutu produksi BIN dapat menembus pasar ekspor diantaranya adalah ke Turki dan penjajakan ke beberapa negara lainnya seperti Polandia, Jepang dan Moldova. Meski dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, per hari hanya 1000 batang saat sepi pesanan dan 6000 batang per hari saat ramai. Harga yang ditawarkan berfariasi mulai 30 ribuan hingga 700 ribu per pack.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka)

Kantor Puslitkoka Jember (https://iccri.net)

Puslitkoka berlokasi di Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Jember berjarak + 20 km arah Barat Daya dari Kota Jember. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) didirikan pada 1 Januari 1911 dengan nama waktu itu Besoekisch Proefstation. Setelah mengalami beberapa kali perubahan baik nama maupun pengelola, saat ini secara fungsional Puslitkoka berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian Republik Indonesia, sedangkan secara struktural dikelola oleh Lembaga Riset Perkebunan Indonesia – Asosiasi Penelitian Perkebunan Indonesia (LRPI – APPI).

Ditempat ini pengunjung dapat menyaksikan proses pemecahan buah kakao hingga menjadi barang jadi berupa olahan makanan cokelat. Pusat penelitian ini cukup mumpuni sebagai pusat studi banding, penelitian dan pengembangan produk kopi dan cokelat. Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh berupa makanan cokelat hasil olahan dalam berbagai bentuk dan varian rasa.

Kerajinan Manik-Manik

Pengrajin Manik-Manik Jember  (https://www.jemberjic.com)

Pengrajin Manik-Manik berlokasi di Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, tersohor sebagai pusat produksi kerajinan manik-manik dan tasbih berbahan kayu. Tak hanya dua produk andalan itu, di sana, ada ribuan warga yang mahir membuat aneka aksesori dari kayu, seperti gelang dan kalung. Aksesoris ini dibuat dari kayu, fiber, buah pocok, dan tulang-tulang hewan. Industri manik-manik ini sudah menjadi pemasok utama di Pulau Bali, Jogjakarta, Surabaya, Medan, dan Jakarta.

Manik-Manik Jember  (https://www.jemberjic.com)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Banjarmasin Kalimantan Selatan

Fri Jan 22 , 2016
Ini di Thailand?, bukan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan Banjarmasin merupakan ibukota Propinsi Kalimantan Selatan, dikenal dengan Kota Seribu Sungai, hal ini menjadikan sungai merupakan salah satu bagian terpenting bagi kehidupan masyarakat Banjarmasin. Kota ini juga identik dengan pasar tradisionalnya, yakni pasar terapung. Pasar ini sangat unik dan tidak dapat ditemukan […]