Merencanakan Liburan Tahun Depan, Butuh Persiapan Apa?

Memasuki bulan Desember, saatnya merencanakan liburan untuk tahun 2016. Butuh beberapa persiapan agar liburan Anda nantinya berjalan lancar. Tak ada salahnya merancang itinerary dari sekarang!

Sedikitnya ada 6 tips penting untuk merencanakan liburan tahun depan. Dihimpun detikTravel, Kamis (3/11/2015), berikut daftarnya:

1. Cek hari libur dan jadwal cuti

Pertama, Anda harus tahu jadwal libur nasional sepanjang tahun 2016. Pastikan juga Anda punya hari libur dan jatah cuti yang bisa digunakan untuk liburan. Jangan lupa cek hari libur kejepit, sehingga Anda bisa menggunakan jatah cuti dengan jumlah yang minim.

2. Cari destinasi

Jika sudah menemukan tanggal-tanggal yang pas, saatnya mencari destinasi. Carilah destinasi tujuan sesuai musim dan tanggal Anda berangkat. Jangan lupa cek hari libur nasional di tanggal tersebut. Jangan sampai Anda menyesali liburan ke Bali karena berangkat saat Nyepi.

(https://amwtour.blogspot.co.id)

3. Menabung

Mumpung belum masuk 2016, saatnya mulai menabung. Jadi di awal tahun, Anda sudah punya bujet untuk traveling meski tak seberapa. Inilah saat yang tepat untuk menggalakkan aturan menabung dengan jumlah tertentu setiap bulan. Percayalah, sangat berguna di masa depan!

4. Cek promo pesawat

Banyak maskapai, baik bujet maupun full service, yang menawarkan promo tiket dengan masa berlaku sampai tahun depan. Biasanya tiket tersedia dengan harga yang sangat murah. Jika sudah fix menentukan tanggal dan destinasi, tak ada salahnya memesan tiket dari sekarang!

5. Merancang itinerary kasar

Usai menentukan tanggal dan destinasi, cobalah rancang itinerary kasar. Mulailah browsing penginapan, transportasi, dan hal-hal lainnya. Jika traveling ke luar negeri, coba cek apakah butuh visa. Anda bisa menyiapkan segala keperluan visa jauh-jauh hari.

6. Membeli perlengkapan yang dibutuhkan

Jika sudah menentukan tanggal dan destinasi, buat daftar perlengkapan apa saja yang Anda butuhkan. Misal, Anda akan menyambangi Eropa di bulan Desember 2016. Dengan begitu Anda bisa mencicil barang-barang yang dibutuhkan, misal baju hangat, sarung tangan, dan lain-lain.

Sumber: Travel Detik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.