Kuliner Khas Nusa Tenggara Barat (NTB)

8bf0e-1z1uyvc

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sesuai dengan namanya provinsi ini, merupakan sebuah Kepulauan Nusa Tenggara sebelah barat, meliputi Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, dengan Ibu kota provinsi ini adalah Kota Mataram yang berada di Pulau Lombok.

Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk Nusa Tenggara Barat beragama Islam (96%).

Sahabat GWI Indonesia Banget, di Nusa Tenggara Barat ini salah satu tempat yang sangat cocok untuk berwisata Syariah di Indonesia bagian Timur, semua makanannya ditanggung Halal. Apalagi banyak investor dari Timur Tengah menanamkan modalnya untuk membangun Hotel, Motel dan lain sebagainya di sini.

Plecing Kangkung

fa80b-plecing-kangkung6 Plecing Kangkung (https://lombok.panduanwisata.id)

Makanan ini terdiri dari kangkung yang direbus plus sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi dan tomat. Yang membuat enak adalah kangkung khas Lombok yang berbeda dengan yang biasa tumbuh di pulau Jawa.

Kangkung khas Lombok ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah. Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok menjadi alternatif oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat.

Didalam plecing kangkung biasanya ditambahkan tauge dan kacang goreng untuk menetralisir rasa pedas. Plecing kangkung bisa Anda temui di hampir semua rumah makan.

Nasi Balap Puyung

62079-nasibalap Nasi Balap Puyung (https://junantoherdiawan.com)

Menu basi balap puyung tidak terlalu istimewa namun rasa pedasnya benar-benar membuat Anda ingin lagi dan lagi. Nasi ini berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goring.

Bebalung

31919-bebalung Bebalung (https://masakan-khas-daerah.blogspot.co.id)

Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit plus jahe. Bebalung bisanya disajikan ke dalam mangkok dengan taburan bawang merah goreng.

Beberuk Terong

5b357-beberuk2bterung Lalapan Beberuk Terong (https://www.youngnesia.com)

Beberuk terong adalah makanan sejenis lalapan yang menjadi teman santapan ayam taliwang. Makanan ini sangat mudah diolah. Hanya berbekal terong ungu yang dipotong dadu dan tomat. Bumbu halusnya terdiri dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir, garam dan minyak goreng. Siram bumbu diatas terong plus perasan jeruk limau diatasnya. Rasanya manis, pedas, asam dan segar.

Sayur Ares

1c62a-sayur2bares Sayur Ares (https://cookpad.com)

Ares merupakan sayuran khas Lombok yang bahan utamanya berasal dari pelapah atau gedebok pisang yang masih muda. Rasa hidangan yang diolah dengan santan ini cukup unik, manis dan gurih.

Cara pembuatan Ares adalah dengan mengupas batang pisang hingga menyisakan sedikit bagian dalamnya. Pastikan pohon pisang yang dipakai adalah batang yang belum memiliki bunga.

19469-kdebong Batang pisang atau Debog Pisang (https://lombokday.blogspot.co.id)

Bagian inilah yang diiris tipis diberi garam, diremas-remas dan dicuci hingga bersih sebelum akhirnya diolah. Bumbu yang digunakan mirip menu kare yakni ketumbar, jintan, lengkuas, bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri dan kunyit. Bumbu tersebut dimasak dengan pelepah pisang yang sudah dipotong-potong plus garam dan gula secukupnya. Sayur Ares juga bisa ditambahkan dengan daging. Oya, jangan gunakan penyedap rasa, karena akan merusak cita rasa sayur Ares.

Ayam Taliwang

8bf0e-1z1uyvc Ayam Taliwang (https://lombok.panduanwisata.id)

Ayam Taliwang ini merupakan makanan khas Nusa Tenggara Barat yang terbuat dari berbahan dasar daging ayam. Bahan dasar Daging ayam yang di masak dengan dibakar dengan bumbu rempah-rempah cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam. biasanya makanan ini di sajikan dengan plecing kangkung.

Memasak Ayam Taliwang sebaiknya menggunakan ayam kampung bukan ayam ras. Umur ayam yang digunakan untuk menu utama juga tidak boleh terlalu tua. Ayam yang baru beranjak dewasa atau yang baru dipisah dengan induknya pada usia tiga atau empat bulan adalah yang paling cocok untuk dimasak. Masalah umur ini berhubungan dengan rasa. Ayam Taliwang yang masih muda akan terasa lebih manis tanpa bumbu bergula atau tanpa proses menjadi empuk.

Sate Bulayak

70864-sate-bulayak-khas-nusa-tenggara-barat Sate Bulayak (https://makananindonesia-top.blogspot.co.id)

Sate ini terbuat dari bahan dasar daging sapi yang di bumbui dengan bumbu khas Lombok, biasanya dalam penyajian makanan ini di sajikan dengan lontong (bulayak). yang di atasnya di beri bumbu sate yang terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk dengan direbus bersama santan juga beberapa bumbu lainnya, sehingga makanan khas ini rasanya mirip bumbu kari.

Poteng Jaje Tujak

d45ed-potengjajetujak1 Poteng Jaje Tujak (https://food.detik.com)

Hidangan ini terdiri dari 2 makanan yakni Poteng atau tapai dan Jaje tujak atau tetel (ketan kukus).

Merupakan tape ketan yang dimakan bersamaan dengan ketan kukus. makanan ini dibuat dari ketan bercampur parutan kelapa, dan dikukus dengan campuran sedikit garam. Sedangkan poteng sendiri merupakan tapai ketan yang dalam proses pembuatannya dicampur perasan daun sager.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Rasa Wayang dalam Lakon Rusia "Inspektur Jendral"

Thu Nov 12 , 2015
Pementasan “Inspektur Jendral” Teater Koma di Gedung Kesenian Jakarta, Kamis (5/11/2015). (Image Dynamics) Teater Koma memasukkan nafas Indonesia ke dalam lakon Rusia klasik “Inspektur Jendral” karya Nikolai Gogol. Sutradara Nano Riantiarno menyadur naskah “Revizor”, yang pernah membuat Kekaisaran Rusia geger karena dianggap sebagai kritik vulgar terhadap pemerintahan yang korup, dengan […]