Desa Wisata Bahari Tumbak Posumaen Minahasa Tenggara Sulawesi Utara

7feeb-pulau-baling-baling-di-tumbak-minahasa-tenggara Pemandangan dari atas pulau baling-baling (https://www.seputarsulut.com)

Desa Wisata Bahari Tumbak terletak di Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Propinsi Sulawesi Utara. Untuk mencapai Desa Wisata Bahari Tumbak, dari Kota Manado dibutuhkan perjalanan sekitar 3 jam sedangkan dari Kota Amurang perjalanan dapat ditempuh dengan jarak sekitar 2 jam, apabila anda naik kendaraan pribadi.

Mendengar kata Tumbak, mungkin masih asing bagi anda yang berasal dari luar Sulawesi Utara. Jangankan yang dari luar Sulawesi Utara, masyarakat Sulawesi Utara sendiri masih kurang begitu kenal dengan desa yang menyimpan potensi wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui.

e5a95-pulau2bponteng Pulau Ponteng Minahasa Sulawesi Utara (https://tumbakdesa.blogspot.co.id)

Desa ini dikaruniai keindahan alam yang sangat menakjubkan. Keindahan bawah laut di Desa Wisata Bahari Tumbak tidak kalah mengagumkan dengan keindahan taman laut Bunaken yang sudah terkenal seantero dunia. Namun keindahan alam diatas laut berupa pulau-pulau kecil berpasir putih menjadi nilai lebih yang tidak dimiliki oleh Bunaken. Untuk lebih menikmati keindahan alam di Tumbak ada baiknya anda berada di desa ini minimal 2 hari.

Untuk lebih menikmati keindahan pantai di Tumbak, disarankan anda menginap di cottage yang berada di tengah laut yang berdekatan dengan hutan mangrove seluas setengah hektar. Jarak antara perkampungan dengan cottage yang berdiri kokoh ditengah laut tidaklah membutuhkan waktu yang lama. Untuk mencapai satu-satunya cottage yang ada di Tumbak, anda hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit menggunakan perahu.

80d69-img_3939edit Water Cottage dibelakangnya hutan Mangrove (https://ezhalicious.blogspot.co.id)

Wisatawan memang tidak akan menyesal mendatanginya desa ini dengan berbagai keindahan alam, seperti kesegaran hutan mangrove seluas 200 hektar. Ditambah tujuh pulau kecil tak berpenghuni disekitar Desa Wisata Bahari Tumbak, yaitu pulau Ponteng, Baling-baling, Pakolor, Bangkoan, Kukusan, Belakang Kuda serta pulau Putih. Dari kejauhan, pulau-pulau tadi terlihat seperti potongan kue lapis yang didominasi warna hijau. Jaraknya tidak jauh, sekira 15-30 menit naik perahu.

Kegiatan

29e7c-selfie-di-savana-pulau-bentenan_foto-themmy-doaly Wisatawan ber-selfie di savana Pulau Bentenan, Desa Tumbak, Minahasa Tenggara, Sulut (https://www.mongabay.co.id)

Pulau yang menjadi destinasi unggulan di Desa Wisata Bahari Tumbak, yaitu pulau Bentenan, Baling-Baling dan Ponteng.

Di pulau Bentenan wisatawan disuguhkan dengan pemandangan hutan mangrove, termasuk padang savana yang menarik untuk berfoto selfie. Berfoto di padang savana memberikan kesan berbeda. Hamparan rumput hijau serta hembusan angin yang membelai rambut, membuat suasana pulau Bentenan terasa sejuk.

9081c-golden-coral-di-perairan-tumbak_sumber-foto-pulautumbak-com_ Golden coral, salah satu jenis terumbu karang yang ada di perairan Desa Wisata Bahari Tumbak (https://www.mongabay.co.id)

Beranjak ke pulau Baling-baling, wisatawan kembali dipersilahkan melangsungkan hajatan potret-memotret. Lokasinya tak lagi di padang Savana. Pengunjung harus mendaki bukit di pulau ini. Tiba di atas puncak, terdapat lokasi foto ciamik dengan pemandangan laut di belakangnya. Pulau Ponteng juga dijadikan lokasi wisata, karena punya spot diving dan snorkling, kedua-duanya masuk world class. Tingkat kerapatan karangnya lebih dari di taman laut lainnya di Sulawesi Utara.

Selain pulau Ponteng ada beberapa titik snorkling anda bisa melihat pulau-pulau kecil yang berdiri dengan indahnya yang dikelilingi pasir putih seperti pulau baling-baling, pulau kukusan, pulau belakang kuda (karena bentuk pulau menyerupai bagian belakang kuda), pulau putih dan pulau pakolor.

834e2-lion2bfish Lion Fish (https://tofo.me)

Saat melihat keindahan bawah laut dengan snorkling maupun diving mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang begitu indah dengan ratusan spesies ikan dengan beragam jenis seperti common lionfish, banggai, nudibranch, cardinalfish, clownfish, napoleon, angelfish, surgeonfish, unicornfish, morish idol, damselfish, groupers, parrotfishes, zebra lionfish, lizardfishes dan masih banyak lagi. Selain itu anda juga bisa melihat beragam bintang laut yang begitu indah dengan berbagai macam warnanya.

Selain snorkling dan diving, anda juga bisa menikmati keindahan Tumbak dengan mengelilingi hutan mangrove menggunakan sampan, treking pulau-pulau cantik yang berpasir putih seperti tumbak/bentenan, pulau baling-baling dan pulau ponteng, atau pun hanya untuk sekedar memancing.

Informasi lebih selanjutnya hubungi

Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara 
Jl Manguni 15,  Rerewokan,
Tondano, Tomohon 95615, Sulawesi Utara
Telp.: (62) 431 352 533

One thought on “Desa Wisata Bahari Tumbak Posumaen Minahasa Tenggara Sulawesi Utara

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.