Desa Wisata Bahari Sungai Kakap Kubu Raya Kalimantan Barat

99a9a-69155884 Sungai Kakap di senja hari

Desa Wisata Bahari Sungai Kakap, terletak di desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Desa Sungai Kakap berjarak sekitar 26 km dari kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Desa Sungai Kakap merupakan Desa yang diperkirakan sudah ada pada abad ke-17 dari dahulunya Desa Sungai Kakap merupakan desa pertanian dan perikanan.

Batas wilayah desa Sungai Kakap sebelah timur berbataskan dengan Desa Pal IX, Sebelah barat Desa Tanjung Saleh, Sebelah utara dengan Desa Sungai Itik dan selatan dengan Desa Sungai Belidak. Luas Wilayah 2.800 KM2, dengan sebagian besar wilayahnya 20 % yang belum diolah, 35 % diigunakan untuk pemukiman dan 45 % untuk perkebunan Pertanian.

Desa Sungai Kakap terbagi menjadi 5 Dusun, yaitu : Dusun Nirwana, Merpati, Merak, Garuda dan Cendrawasih. Dusun Cendrawasih merupakan Dusun yg paling terluas karena memiliki luas wilayah 24 % dari luas Desa yang terdiri dari 3 RW dan 15 RT dengan jumlah penduduk 2.427 jiwa. Dusun Nirwana terbesar dengan jumlah penduduk terpadat (4.255 jiwa) yang terdiri atas 5 RW dan 18 RT dengan luas 16 % dari luas desa. Dusun Merpati luasnya meliputi 20 % luas Desa dengan jumlah penduduk 1.621 jiwa terdiri atas 2 RW dan 8 RT. Dusun Merak memiliki luas wilayah 22 % dengan berpenduduk 1.865 jiwa terdiri atas 2 RW dan 8 RT. Dusun Garuda memliki luas 18 %wilayah dengan jumlah penduduk 1.485 jiwa terdiri dari 2 RW dan 5 RT.

Potensi Seni Budaya

Ritual Adat Robo – Robo

4887a-robo-robo Ritual Adat Robo-Robo (https://pesonakalimantanbarat.16mb.com)

Acara ini adalah acara adat budaya yang diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh masyarakat tanpa membedakan agama, suku bangsa dan ras. Nama Robo’-robo’ diambil dari nama hari yaitu Rabu. Ritual Robo’-robo ini diselenggarkan pada setiap hari rabu terakhir pada setiap bulan safar dalam kalender tahun hijriah.Mengingat pada hari dan bulan sama dimana Para Nabi mendapatkan ujian yang besar terhadap pengikutnya,Contoh : Nabi yunus yang ditelan oleh ikan besar, Bencan banjir Nabi Nuh, Nabi Musa membawa pengikutnya menyeberangi lautan beserta pengikutnya.

Juga merupakan ungkapan rasa Syukur masyarakat pesisir Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil laut yang melimpah dan media untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar terhindar dari marabahaya dan bala’ bencana.

Potensi Wisata Alam

Sepanjang pantai pesisr muara sungai Kakap adalah Hutan Mangrove yang masih asri dan terjaga dengan baik terdapat berbagai jenis Flora dan Fauna disepanjang kawasan tersebut seperti Bakau, Nipah, Api-Api, beberapa hewan langka seperti Bekantan, Monyet, Lutung, Buaya, Rusa, berbagai jenis burung dan hewan-hewan lainya. Dikelilingi oleh banyak anak sungai dan selat yang merupakan titik ( spot ) lokasi pemancingan udang galah yang banyak dikunjungi pada saat liburan.

Potensi Kuliner

27392-87509875 Resto Teratasi Indah Kakap

Desa Sungi Kakap terkenal dengan wisata kulinernya, banyak terdapat restoran sea food yang menawarkan kelezatan makan olahan dari hasil laut, dengan suasana khas muara sungai yang menghadap kelaut. Beberapa restoran yang terkenal adalah seperti Restoran Terapung, Restoran Pantai Indah Kakap,  Restoran Pondok Seafood dan lain-lain.

Informasi lebih lanjut hubungi

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) PESONA BAHARI
Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.
atau Jln.Raya Sungai Kakap, Kode Pos 78381
Mobile: +62 813 4574 5553 (Bp. Ilham)
Website: https://sui-kakap.blogspot.co.id

One thought on “Desa Wisata Bahari Sungai Kakap Kubu Raya Kalimantan Barat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.