Padepokan Alam dan Budaya Pesanggrahan Arjuno Prigen Pasuruan Jawa Timur

b8a08-kaliandra_pendopoparikesit Pendopo Parikesit (https://www.khatulistiwa.info)

Padepokan Alam dan Budaya Pesanggrahan Arjuno atau Pusat Pendidikan Alam dan Budaya (PPAB) Kaliandra atau Kaliandra Eco Resort and Farm terletak di Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur.

ff43c-visitb

Kaliandra mempunyai luas area 40 hektar di ketinggian 850 m di atas permukaan laut di lereng Gunung Arjuna. Kaliandra Terletak di dekat Taman Safari Prigen, kompleks Pusat Pendidikan Alam dan Budaya (PPAB) Kaliandra menawarkan konsep berlibur altematif, PPAB sekarang bernama Kaliandra Eco Resort and Farm.

205e3-agri

Kaliandra Sejati adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM, NGO) yang didirikan pada tahun 1997 berada di Jawa Timur, bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk meningkatkan standar hidup mereka. Ini membawa keluar berbagai program pengembangan masyarakat dan mendukung konservasi sumber daya alam dan budaya.

Menuju Kaliandra

Dari Malang/Surabaya: naik bis reguler jurusan Surabaya-Malang atau sebaliknya, turun di Pasar Palang, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyewa ojek yang tersedia di pinggir jalan, selama 15 menit.

Dari Pasuruan: naik bis regular ke Malang, turun di Purwosari (sekitar 1 jam perjalanan), naik minibis jurusan Surabaya menuju Pasar Palang, Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek selama 15 menit.

Kegiatan

Datang ke Padepokan, kita bisa datang ke Padepokan ini atas nama perorangan ataupun kelompok, Kaliandra menyediakan beberapa paket program menarik untuk kita, dikemas dengan metode belajar partisipatif, melalui praktek, permainan, kunjungan lapang, seni, lokakarya, diantaranya antara lain:

f3d79-sendratari

  1. Berkunjung dan Belajar tentang hutan, naik gunung Arjuno, berpetualang, kemah dsb
  2. Belajar Budaya Jawa (seni tembang dan karawitan, pewayangan, tari, arsitektur, dsb)
  3. Mengunjungi benda-benda cagar budaya seperti pertapaan Indrokilo, Candi Sepilar dsb.
  4. Belajar pertanian termasuk budidaya tanaman hias dan tanaman obat, destilasi minyak serei.
  5. Melukis dan membuat kerajinan
  6. PPAB juga membuka kesempatan kepada institusi pendidikan untuk melakukan penelitian, kerja lapang maupun kegiatan pengabdian masyarakat serta voluntary.

Fasilitas Layanan Program

Lembaga ini berkonsentrasi pada masalah Pendidikan Lingkungan Hidup dan Kebudayaan Jawa, hal ini akan nampak pada ciri khas masing-masing bangunan yang terdapat di Kaliandra, mulai dari pintu gerbang, kantor, tempat pertemuan, maupun tempat untuk penginapan, semua khas bangunan Rumah Jawa (joglo).

Ruang Pertemuan

Ruang pertemuan dalam adat jawa sering disebut Pendopo, Terdapat 2 (dua) buah bangungan Pendopo di kaliandra, yang pertama adalah Pendopo Mahameru yang akan langsung menyambut siapapun yang mengunjungi Kaliandra, sedangkan Pendopo Parikesit mempunyai ukuran lebih besar, berada di lokasi komplek Hastinapura dan mempunyai fasilitas yang lebih lengkap, seringkali digunakan untuk kegiatan pertunjukan kesenian dan acara yang melibatkan tamu lebih banyak.

Akomodasi 

Yayasan Kaliandra memiliki fasilitas penginapan bagi tamu atau pengunjung yang sedang menjalankan program, terdapat 5 bungalow yang terletak dalam kompleks Hastinapura, bangunan bungalow terdiri dari 2 (dua) lantai dengan kamar mandi terbuka, untuk alasan kesehatan namun sangat menjaga kenyamanan pribadi.

Pilihan lainnya adalah 2 (dua) buah Griya Tamu berarsitektur Jawa Asli yang menghadap Pendopo Mahameru, selain itu dalam komplek yang sama, terdapat dua buah asrama yang bisa menampung sekitar 92 orang sekaligus.

Griya Dahar

Kaliandra mempunyai dua tempat makan (griya dahar) yang terletak pada komplek Hastinapura bernama Griya Dahar Sembadra, dan satunya berada di area Mahameru. Masing-masing lokasi mempunyai keistimewaan masing-masing. Griya Dahar Sembadra mempunyai pemandangan bebas dari puncak gunung Arjuna, sedangkan rumah makan Mahameru dikelilingi oleh berbagai tanaman hias yang merupakan khas dari Yayasan Kaliandra Sejati.

Informasi lebih lanjut hubungi

6c077-map Peta lokasi Padepokan Alam dan Budaya Pesanggrahan Arjuno

Padepokan Alam dan Budaya Pesanggrahan Arjuno (Kaliandra Resort & Farm) 
Dusun Gamoh Desa Dayurejo Kecamatan Prigen, Jawa Timur
Phone. 62-343-417357 | Fax. 62-343-417358
Marketing Surabaya: Telp.: +62 31 5682912 |  Fax.: +62 31 5622578
HP.: +62822 335 55129, +62856 361 0035
E-mail : info@kaliandrasejati.org | sekretariat@kaliandrasejati.org
Website : https://www.kaliandrasejati.org | https://www.kaliandrasejatifoundation.org

One thought on “Padepokan Alam dan Budaya Pesanggrahan Arjuno Prigen Pasuruan Jawa Timur

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.