Desa Wisata Budaya Julah Buleleng Bali

65a57-desa2btradisional2bjulah252c2bbuleleng2b-2bbali Desa Wisata Budaya Julah (https://yehwangi.blogspot.com)

Desa Wisata Budaya Julah di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali, terletak 35 kilometer sebelah timur kota Singaraja, yang menghubungkan Desa Bondalem dan Pacung. Telah berkembang menjadi salah satu desa wisata budaya unggulan di daerah itu karena memiliki warisan bangunan dan tradisi kuno zaman dulu.

39144-kawasan2bpesisir2bdesa2bjulah252c2btejakula252c2bbuleleng2b-2bbali2 Kawasan Pesisir Desa Julah (https://yehwangi.blogspot.com)

Desa Wisata Budaya Julah merupakan salah satu desa kuno di tanah Bali, diantara kesekian banyak desa yang terbilang kuno di tanah Bali, Julah salah satunya. Desa Bali Mula juga sebagai sebutan untuk desa wisata budaya Julah, terdapat banyak peninggalan megalitik di desa Julah, peninggalan tari sakral juga ada, eneka bangunan tua dan pingit serta tata adat dan pemerintahan yang unik.

Warga desa Julah terus berusaha semaksimal mungkin dan segala daya untuk melestarikan keadaan desanya misalnya dengan menata lingkungan dan menata bentuk bangunan agar sesuai dengan aslinya. Sesuai dengan prasasti di pura Balai Agung desa wisata budaya Julah. Desa di pesisir Buleleng bagian timur itu telah ada pada tahun saka 844 atau tanggal 4 Januari 923 masehi saat zaman pemerintahan Sang Ratu Sri Ugrasena di tanah Bali.

0f679-rumah-kuno-julah Rumah kuno di Desa Wisata Budaya Julah (https://paketbalimurah.wordpress.com)

Kini di tengah derasnya arus budaya modern desa Julah memang telah berubah, namun perubahan yang terjadi tidak sampai menyentuh pada sendi-sendi adat dan budaya yang memang sejak lama dipertahankan oleh warga. Terbukti, hampir semua jenis kesenian sakral seperti tari baris gede masih terpelihara dengan baik. Sejumlah pura pingit di desa ini juga tetap terjaga, baik secara bentuk maupun kesuciannya. Saat pantai di desa lain kecamatan Tejakula diserbu vila dan hotel, pantai desa Julah yang panjangnya sekitar 1 Km tetap terbebas dari bangunan sarana pariwisata. Warga tidak ingin terdapat hotel di pantai, karena dikhawatirkan akan mencemari pingitnya pura-pura tua di desa Julah.

Situs

c0806-situs2bbatu2bgambir Situs batu Gambir (https://wisatabali2010.wordpress.com)

Di Desa Wisata Budaya Julah terdapat sebuah situs yaitu Situs Batu Gambir Upit. Dalam temuan di situs ini terdapat beberapa buah artefak dan ekofak, baik yang merupakan temuan lepas ataupun temuan asosiasi. Temuan lainnya berupa fragmen gerabah merupakan temuan yang paling banyak dihasilkan dengan tipe-tipe semisal tipe piring, paus, kendi, dan tutup.

Beberapa warisan kebudayaan yang tetap terjaga sampai saat ini seperti pura desa yang berumur ribuan tahun, rumah orang Julah yang masih menerapkan konsep bangunan orang Bali asli (Bali Aga) dan beberapa peninggalan prasasti yang masih terjaga hingga kini.

Keberadaan Pura Desa Julah tidak pernah berubah sejak dulu pertama kali dibangun oleh nenek moyang desa itu, bangunannya kokoh berdiri hingga sekarang karena dibangun dengan batu-batuan khusus. Begitu pula dalam hal bangunan rumah, hampir sebagian besar penduduk asli Desa Julah tidak merombak bentuk bangunan rumah karena aturan adat yang tidak membiarkan hal itu terjadi.

3fcd8-situs-batu-gambir4 Temuan piring, paus, kendi dan tutup (https://wisatabali2010.wordpress.com)

Ia menambahkan, beberapa prasasti yang terdapat di Desa Julah sering dikunjungi oleh kalangan wisatawan, terutama yang tertarik dengan sejarah Bali zaman dulu.

Bukan hanya bangunan dan prasastinya, Julah juga terkenal dengan hasil kerajinan kain tenun khas Bali dengan konsep dan corak kain yang hanya ada di daerah itu.

Wisatawan juga dapat berkunjung ke beberapa sentra pembuatan kain tenun yang dikelola masyarakat lokal di desa yang berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Singaraja ini, untuk menyaksikan proses pembuatan salah satu hasil kerajinan yang terpelihara hingga sekarang, Para wisatawan menyenangi desa yang terletak di wilayah kecamatan Tejakula ini karena dapat merasakan suasana Bali tempo dulu dari keberadaan beberapa bangunan tua yang bercirikan Bali seutuhnya.

9570f-tenun-asli-julah Penduduk Desa Wisata Budaya Julah sedang menenun (https://paketbalimurah.wordpress.com)

Ia menambahkan, kebanyakan diantara wisatawan terpukau dengan keberadaan bangunan yang menyimpan begitu banyak sejarah mengenai keadaan Pulau Bali beratus-ratus tahun yang lalu itu.

Para wisatawan utamanya yang berasal dari Belanda sangat senang diajak berkeliling mengitari kawasan desa, mereka sangat antusias ketika kami meceritakan tentang sejarah desa ini.

Informasi lebih lanjut hubungi

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Buleleng 
Jln Ngurah Rai No.2
Telp.: (62) 362 25141
Fax.:  (62) 362 32050
Email:  disbudpar@bulelengkab.go.id, disbudparbuleleng@yahoo.com
Website: https://disbudpar.bulelengkab.go.id

3 thoughts on “Desa Wisata Budaya Julah Buleleng Bali

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.