Air Terjun Nyarai Lubuk Alung Padang Pariaman Sumatera Barat

d7d02-air2bterjun2bnyarai

Air Terjun ini terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Untuk mencapai lokasi menempuh waktu 2 hingga 3 jam untuk mengunjungi air terjun tersebut. Itupun bila dilakukan perjalanan mulai dari mulut hutan. Untuk mengunjungi kawasan tersebut, seseorang harus melewati lingkungan persawahan milik warga. Pemandangan lubuk yang indah akan mengiringi perjalanan.

ac1c3-dsc_0161 Petunjuk ke Air Terjun Nyarai (https://ladoputu.blogspot.com)

Selama perjalanan kita akan melewati beberapa lubuak yang indah, ada Lubuak Lalang, ada Lubuak Ngugun, kolam dari batu yang terbentuk alami, selanjutnya Lubuak Batu Tuduang, di lubuak ini potensi ikannya banyak, dan Sikayan tabiang.

3b02f-img00989-20140202-1202 Salah satu tanjakan (https://faizulhamdi.wordpress.com)

Rute yang dilalui tidak berbahaya, jika tidak di guyur hujan jalan yang di lalui sangat mengasyikkan. Diperlukan 2 sampai 3 kali istirahat, istirahat pertama di dalam hutannya, istirahat kedua di penyebarangan.

edec4-sungai252b1252b2528psikologijalan-jalan-blogspot-com2529 Menyeberang sungai (https://mainkata-kata.blogspot.com)

Air Terjun Nyarai, dengan ketinggian air terjun ini kira-kira 7-8 meter, jika musim panas guyuran airnya tidak terlalu deras. Hal yang menarik dari air terjun ini adalah kolam besar, dengan air bewarna kehijauan, kolam ini tepat berada di depan air terjun terdapat ikan.

d7d02-air2bterjun2bnyarai Air terjun Nyarai (https://lubuk-aluang.blogspot.com)

Aliran air dari air terjun ke kolam, di bendung oleh dua batu seperti pintu, seperti bendungan yang mengatur debit air yang masuk ke kolam. Jadi disini kita bisa berenang sepuasnya, menangkap ikan dan bermain ayunan dari akar pohon. Waktu tidak akan terasa selama di air terjun, yang dirasakan adalah rasa senang dan ucap syukur kepada Maha Kuasa atas ciptaanNya.

Mencapai Lokasi

Tidak terlalu sulit untuk menemukan posko objek wisata ini. kalau kita dari Padang, silahkan berhenti setelah pasar (Pajak) Lubuk Alung, sebelum sampai mesjid ada simpang 3 dan belok ke kanan. Jarak Dari simpang ke posko kurang lebih 4 – 5 kilo meter dengan waktu tempuh 15 – 20 menit dengan menggunakan Sepeda motor.

dd7b6-lokasi2bair2bterjun2bnyarai Peta menuju lokasi (https://pustaka.pandani.web.id)

Dalam perjalanan nanti kita akan menjumpai bendungan, setelah bendungan belok kanan dan ikuti terus jalan yang ada sampai masuk ke korong Salibutan. Kondisi jalan tidak terlalu baik dan naik turun tidak akan jadi rintangan, tetap berhati-hati ya.

Harga Tiket

Memasuki posko, kita akan diarahkan ke meja registrasi disana kita harus membayar uang masuk, parkir kendaraan beserta biaya Guide sebesar Rp 20.000,- (*) per-orangnya, cukup murah.

Tips

Perjalanan dari posko (pendaftaran) ke air terjun memakan waktu kurang lebih 2 – 3 jam, pulang pergi kurang lebih 5 – 6 jam. Baiknya sebelum memulai tracking, Anda sudah latihan atau pemanasan kecil-kecilan dan memperkirakan cuaca serta mempersiapkan bekal untuk makan siang.

Kalau hari mulai gerimis dan air mulai keruh, dihimbau agar keluar dari air, takut ada air besar datang dari atas.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban Kuantan Singingi Riau

Wed Aug 5 , 2015
Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban (https://yuditaluak.blogspot.com) Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Propinsi Riau. Air Terjun ini diberi nama Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban karena jatuhnya air melalui tebing yang bertingkat tujuh dan mengalir ke aliran Sungai […]