Sop Kesrut, Kuliner Khas Suku Osing yang Mulai Langka

01e2e-0824296kesrut2780x390

Selain menjadi kota wisata, Banyuwangi juga memiliki banyak kuliner khas. Salah satunya adalah sop kesrut. Mungkin bagi warga banyuwangi, makanan ini masih asing didengar, karena Sop kesrut sendiri merupakan makanan kuno yang mulai terlupakan. Makanan khas suku osing ini salah satu hidangan yang langka ditemukan, hanya di beberapa daerah saja yang masih membuatnya.

Asal usul dinamakan sop kesrut, karena setiap menyantapnya, hidung akan terasa meler dan kesrut kesrut merasakan pedasnya makanan khas suku osing ini. Makanan khas suku osing kebanyakan mengandung cita rasa yang pedas. Seperti sego tempong yang sudah terkenal.

63564-0822568kesrut1780x390

Isi dari sop kesrut cukup sederhana. Hanya ada kuah kaldu kental dan belungan ayam kampung. Untuk menambah rasa segar pada kuahnya, sop kesrut ditambahi daun bawang. Bumbu dapur dari sop ini adalah daun bawang, cabe, tomat, blimbing wuluh, serta terasi. Meskipun terbilang sederhana. Sop kesrut selalu bisa memuaskan penikmatnya.

Ciri khas dari sop kesrut terletak pada rasa kaldunya yang gurih, sedikit asam dan pedas. Agar bisa membuat perut kenyang, sop ini disajikan dengan nasi berlauk ayam kampung goreng, atau pelasan ikan. Meski sudah terasa pedas. sop ini terkadang dinikmati dengan sambal tempong yang sangat pedas.

Untuk bisa menikmati sop yang satu ini tidaklah murah, harga satu porsinya bisa mencapai Rp 15 – 20.000, meskipun tergolong mahal, dijamin setelah makan sop ini hidung anda akan meler menahan sengatan pedasnya.

Sumber: Asliindonesia

0 thoughts on “Sop Kesrut, Kuliner Khas Suku Osing yang Mulai Langka

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.