Masjid Sa’adah Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat

Masjid Sa’adah terletak di Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Sejarah

Masjid Sa’adah mulai dibangun pada tanggal 1 Januari 1910 dan mulai dipakai sebagai tempat ibadah pada tanggal 1 Januari 1917. Masjid ini dibangun oleh Dt. Intan, seorang tokoh yang cukup kaya di Nagari Gurun pada waktu itu. Tukang Masjid Saa’dah dan Masjid Rao-Rao sama orangnya, sehingga arsitektur Masjid Sa’adah dan Rao-Rao pun hampir mirip.

Diskripsi Bangunan

Tampak samping Masjid Sa’adah

Bangunan utama masjid berdenah bujursangkar. Bahan bangunan masjid seluruhnya terbuat dari beton. Atap masjid berbentuk atap tumpang bersusun lima yang melambangkan 5 suku di Nagari Gurun, yaitu Bendang, Koto Anti, Piliang, Koto, dan Patapa.

Tampak muka Masjid Sa’adah

Tiang dan Lantai

Tiang Utama Masjid Sa’adah

Pada bagian dalam masjid terdapat 4 tiang, yang menurut penjaga masjid, tidak memakai besi sebagai penyangga, tetapi menggunakan bambu sebagai penyangganya. Pintu masuk pada masjid ini sebanyak 2 buah dengan jendela berjumlah 6 buah.

Mihrab Masjid Sa’adah

Lantai pada bangunan utama masjid masih berupa lantai semen biasa, sedangkan lantai bagian luar/teras sudah diganti dengan lantai keramik berwarna putih. Pada bagian samping kiri masjid terdapat bangunan yang berfungsi sebagai tempat mengambil air wudhu. Bagian menara masjid memakai gonjong yang berjumlah 4 buah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.